Benarkah minyak zaitun dapat mencegah kanker payudara? Nyatanya, wanita yang makan asupan mengandung ekstrak minyak zaitun, contohnya dengan menu diet Mediterania, memiliki risiko lebih rendah terkena kanker payudara. Sebuah studi menyatakan, wanita yang menambahkan minyak zaitun pada makanan mereka memiliki risiko 62 persen lebih rendah dari kanker payudara selama lima tahun ke depan atau lebih, menurut para peneliti di University of Navarra di Pamplona.

Penelitian lain menunjukkan, bahwa menerapkan pola makan bangsa Mediterania juga dapat mengurangi kemungkinan terkena penyakit jantung, diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi dan bahkan penyakit Alzheimer. Hal ini dikarenakan menu dan bahan-bahan yang dipakai berbasis sayuran, buah, kacang, kentang, biji-bijian, roti, bumbu, rempah-rempah, ikan, hasil laut, dan yang paling penting mereka selalu menggunakan ektrak minyak zaitun dalam olahan makanan sehari-hari.

Bagaimana minyak zaitun dapat mencegah kanker payudara?

Mengapa minyak zaitun begitu istimewa? Ekstrak zaitun berarti buah zaitun yang diperas secara alami (tanpa campuran zat minyak lainnya) serta tanpa dipanaskan atau ditambah bahan kimia yang dapat mengubah sifat kimianya.

Dikutip dari dailymail.co.uk, penelitian yang dilakukan jurnal Molecular and Cellular Oncology ini menjelaskan, pada minyak zaitun terkandung zat sehat yang disebut dengan oleocanthal. Oleocanthal jika dikonsumsi akan bekerja dengan cara memecah inti sel yang disebut dengan lisosom dan kemudian oleocanthal akan mengeluarkan protein baik  yang dapat mematikan sel kanker yang dihasilkan oleh lemak jenuh dari makanan yang tidak sehat.

Pada uji coba, ilmuwan menyuntikkan minyak zaitun ke dalam sel kanker dan sel kanker bisa mati dalam waktu 30 menit sampai 1 jam.  Lisosom merupakan pusat daur ulang sel pada tubuh manusia. Ketika mengonsumsi minyak zaitun, maka Anda akan menghancurkan pertahanan sel kanker, seperti yang dijelaskan penelitian oleh Rutgers University di Amerika Serikat. Baiknya lagi, zat leocanthal tidak membahayakan sel-sel sehat lainnya, sehingga kesehatan anggota tubuh lainnya tidak terganggu.

Manfaat lainnya dari minyak zaitun

Studi terbaru menunjukkan bahwa minyak zaitun memberikan perlindungan terhadap sel kanker tubuh manusia. Penelitian telah melihat ke dalam kandungan metabolisme lemak tubuh, khususnya peran minyak zaitun.  Minyak zaitun mencegah kanker dengan beberapa kandungan di dalamnya, seperti antioksidan, flavonoid, polifenol dan squalene yang memiliki pengaruh positif pada kesehatan . Squalene diyakini memiliki efek menguntungkan pada kulit dengan mengurangi melanoma (zat kanker pada sel pigmen kulit)

Hal lain yang menguntungkan selain mencegah kanker yaitu, lemak tak jenuh dalam minyak zaitun yang dapat menurunkan produksi prostaglandin yang berasal dari asam arakidonat. Zat ini berperan menghasilkan dan mengembangkan sel tumor. Minyak zaitun yang kaya akan manfaat juga dikaitkan dengan penurunan risiko kanker usus. Efek perlindungan minyak zaitun dapat mencegah kanker juga tidak terlepas dari jumlah buah dan sayuran yang dimakan dalam asupan sehari-hari.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca