Selain bermanfaat bagi kesehatan kulit dan rambut, ternyata minyak zaitun bisa meredakan sembelit. Sembelit atau susah buang air besar biasanya akan diatasi dengan meminum obat pencahar yang dijual di pasaran. Tapi, tahukah Anda bahwa dengan rutin mengonsumsi minyak zaitun juga bisa meredakan sembelit Anda? Simak penjelasannya berikut ini.

Benarkah minyak zaitun bisa meredakan sembelit?

Sebuah studi yang dilakukan oleh ilmuwan dari Spanyol pada tahun 2006 menemukan, dari 314 orang penderita sembelit berusia 55 tahun ke atas, 97% orang diberi asupan minyak zaitun, dan 2,7% nya hanya diberi obat pencahar biasa. Hasilnya bagaimana? Peserta penelitian yang mengonsumsi minyak zaitun secara rutin, mengalami buang air besar yang lancar daripada mereka yang hanya mengandalkan obat pencahar.

Bagaimana minyak zaitun bisa melancarkan buang air besar?

  • Minyak zaitun berperan sebagai pencahar yang melumasi usus untuk mempermudah makanan yang dicerna bergerak melalui usus besar.
  • Lemak tak jenuh pada minyak zaitun akan memperkuat lapisan lendir usus besar yang melemah, serta meningkatkan kecepatan usus untuk segera memproses makanan, mencegah terjadinya sembelit.
  • Minyak zaitun yang kaya akan vitamin E dan K, antioksidan, omega 3, dan asam lemak, merangsang kontraksi usus besar untuk membuat kotoran tinja lebih mudah dikeluarkan. Selain itu, kandungan yang bermanfaat pada minyak zaitun juga dapat meningkatkan kesehatan saluran pencernaan.
  • Kandungan lemak di dalam minyak zaitun, berfungsi mendorong kantung empedu untuk melepaskan enzim pencernaan agar cepat mencerna makanan yang masuk.
  • Minyak zaitun menghambat efek stres oksidatif yang mempengaruhi produksi empedu dalam hati.
  • Minyak zaitun juga stabil berada dalam lingkungan asam (dalam pencernaan) yang disebabkan oleh bakteri helicobacter pylori. Bakteri ini dapat memicu kanker dan bisul pada lapisan dinding perut dan sembelit ini menjadi salah satu gejalanya.

Bagaimana cara menggunakan minyak zaitun untuk meredakan sembelit?

1. Telan langsung minyak zaitun mentah

Konsumsi 1 sendok makan minyak zaitun setiap pagi, ketika perut Anda masih kosong. Lakukan juga di malam hari sebelum tidur. Ikuti metode ini setiap hari selama beberapa minggu sampai mulai terasa lancar buang air besar.

2. Kombinasikan minyak zaitun dengan minuman sehari-sehari

Kalau Anda tidak suka atau sulit menelan satu sendok makan minyak zaitun secara langsung, boleh kombinasikan dengan minuman sehat lainnya seperti beberapa contoh di bawah ini:

  • Susu dan minyak zaitun. Kombinasi susu hangat dan minyak zaitun dapat membantu melunakkan feses tinja yang keras. Minyak zaitun dan susu juga berfungsi memberikan kelembaban pada usus sehingga tidak sakit saat proses mengejan.
  • Kopi dan minyak zaitun. Tambahkan dua sendok gula minyak zaitun dalam secangkir kopi hangat Anda di pagi hari. Kopi dan kandungan zaitun akan berperan sebagai pencahar alami untuk sembelit. Dengan ini, kopi juga menjadi salah satu bahan alami untuk proses membersihkan usus besar.
  • Buah dan sayuran yang dijus.  Anda bisa membuat smoothies dari buah dan sayur yang kaya serat, jangan lupa tambahkan 2 sendok makan minyak zaitun di tiap gelasnya. Serat dari sayur dan buah akan merangsang intensitas buar air besar menjadi lebih teratur dan lancar.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca