9 Makanan yang Ampuh Mengusir Perut Kembung

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan

Perut kembung adalah masalah yang sangat umum. Meskipun biasanya perut kembung akan hilang sendiri, kadang hal ini bisa terasa sangat tidak nyaman dan mengganggu. Apalagi kalau perut mulai begah dan Anda serasa ingin buang gas terus-menerus. Perut pun akan tampak membesar seperti buncit. Anda pun pasti ingin segera mengusir perut kembung. Untuk meredakan masalah pada pencernaan Anda, perhatikan makanan yang Anda konsumsi. Beberapa makanan bisa memperparah rasa begah, tapi makanan tertentu justru ampuh dalam mengusir perut kembung. Jadi, perhatikan jenis-jenis makanan berikut ini.

Mengapa perut bisa kembung?

Ketika Anda mulai merasa begah, biasanya ini karena tubuh Anda terisi terlalu banyak gas, air, atau zat-zat yang tidak bisa dicerna oleh tubuh. Akibatnya, perut Anda akan terasa penuh dan membesar. Pada beberapa kasus, orang-orang mengeluhkan rasa sesak karena pakaian atau celana jadi terasa lebih sempit. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan perut kembung. Misalnya makan terlalu banyak, makan terlalu cepat, minum minuman berkarbonasi, minum dari sedotan, makan permen karet, atau perubahan hormon yang terjadi pada saat perempuan menstruasi.

Makanan apa yang harus dihindari saat kembung?

Jenis-jenis makanan tertentu bisa memicu perut kembung. Maka, berhati-hatilah jika perut Anda mulai terasa begah. Hindari makanan-makanan berikut ini jika Anda tidak ingin semakin mengacaukan sistem pencernaan tubuh.

Makanan asin

Makanan asin mengandung sodium yang tinggi dari garam. Kelebihan kadar sodium bisa menyebabkan retensi cairan atau keadaan di mana air tidak bisa dikeluarkan dari tubuh. Akibatnya, air akan tertampung terlalu banyak dan menyebabkan perut terasa penuh.

Produk dari susu

Untuk orang-orang yang mengalami kesulitan mencerna laktosa, mengonsumsi berbagai produk susu bisa meningkatkan risiko perut kembung. Laktosa sendiri adalah sejenis gula yang terdapat pada produk-produk susu. Agar laktosa bisa dicerna dengan baik, tubuh memerlukan enzim tertentu. Kekurangan enzim ini mampu menyebabkan pembentukan gas di dalam saluran pencernaan.

Kubis

Kubis mengandung raffinose, zat gula yang baru akan dicerna oleh proses fermentasi bakteri. Proses tersebut menghasilkan gas berlebih yang kemudian akan membuat Anda merasa kembung. Jadi, perhatikan porsi Anda ketika mengonsumsi kubis.  

Makanan dengan pemanis buatan

Beberapa jenis pemanis tambahan memiliki kandungan zat-zat yang tidak dapat dicerna dengan baik oleh tubuh. Zat-zat tersebut akan menumpuk dalam perut dan akhirnya membuat perut Anda terasa kembung. Sebaiknya batasi dan ingat-ingat takaran gula yang sudah Anda konsumsi setiap harinya.

Makanan yang bisa mengusir perut kembung

Untungnya, ada berbagai bahan alami yang mudah ditemukan untuk melawan efek perut kembung bagi tubuh. Makanan-makanan ini mengandung khasiat rahasia yang ampuh mengusir perut kembung. Cobalah berbagai makanan di bawah ini untuk mengatasi masalah pencernaan Anda.

1. Timun

Timun kaya akan kandungan quercetin, salah satu zat aktif bersifat antioksidan yang mampu membantu mengempiskan perut yang begah dan membengkak. Selain itu, Anda juga bisa menemukan silika, asam kafeat, dan vitamin C yang berfungsi untuk mencegah retensi cairan dalam tubuh. Anda bisa langsung mengonsumsi timun mentah atau mencampurkan irisan timun dalam air minum Anda.

2. Seledri

Selain timun, sayuran hijau lain yang bisa membantu meredakan perut kembung adalah seledri. Seledri bisa mengendalikan gas berlebih dalam saluran pencernaan Anda. Karena kemampuannya untuk membersihkan tubuh dari berbagai racun dan zat berbahaya, sayuran ini pun ampuh untuk mencegah penumpukan makanan atau cairan.

3. Pisang

Makanan yang kaya akan kalium bisa membantu melawan efek samping kelebihan makanan yang asin. Kalium akan menetralkan kadar sodium dalam tubuh dan mencegah retensi cairan. Pisang adalah salah satu buah yang kaya akan kalium. Pisang juga mengandung serat larut yang akan melancarkan saluran pencernaan Anda sehingga makanan-makanan yang tertumpuk di perut akan lebih cepat terurai.  

4. Semangka

Buah lain yang menawarkan banyak kandungan kalium adalah semangka. Semangka juga bersifat diuretik sehingga ginjal akan semakin terpacu untuk membuang air seni. Hal ini tentu akan semakin cepat mengempiskan perut Anda yang begah karena kelebihan gas atau cairan. Karena buah ini mengandung 92% air, semangka kaya akan elektrolit dan enzim yang dibutuhkan guna mencerna berbagai zat seperti pemanis tambahan.

5. Pepaya

Pepaya menawarkan segudang manfaat untuk pencernaan yang lebih sehat. Kandungan enzim papain dalam buah ini akan membantu mengurai protein dalam saluran pencernaan Anda. Selain itu, pepaya juga kaya akan serat dan zat-zat anti-peradangan yang akan mempercepat proses melegakan perut yang begah.

6. Kunyit

Khasiat kunyit untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan sudah dipercaya sejak lama. Tak terkecuali perut kembung. Kunyit mampu menenangkan sistem pencernaan Anda dengan mengusir gas yang terjebak dalam tubuh. Untuk menghilangkan perut kembung, Anda bisa minum sari kunyit (jamu) atau mencampurkannya dalam makanan Anda.

7. Jahe

Tumbuhan akar-akaran yang satu ini adalah sahabat baik untuk sistem pencernaan Anda. Jahe memiliki kandungan protease bernama zingibain yang ampuh untuk melawan gas berlebih dalam perut. Sebaiknya Anda mengonsumsi jahe segar, bukan produk yang sudah melalui proses pengemasan dan mengandung pengawet atau pemanis tambahan. Seduh jahe dalam air panas atau teh dan perut kembung Anda akan segera membaik.

8. Bawang putih

Untuk meredakan kembung, bawang putih yang selalu tersedia di dapur Anda bisa menjadi solusinya. Bawang putih mampu merangsang sistem pencernaan dan membuang kelebihan cairan dalam tubuh. Kandungan allicin yang ditemukan pada bawang putih juga akan bekerja dengan baik bersama protein alami yang bisa mengurai berbagai zat dalam tubuh.

9. Yogurt

Pilih yogurt yang kaya akan probiotik. Berbeda dengan susu, berbagai proses yang telah dilalui yogurt membuatnya lebih mudah dicerna oleh tubuh. Kandungan probiotik dalam yogurt akan merangsang pertumbuhan bakteri baik yang bisa meredakan perut kembung. Untuk khasiat mengusir kembung yang lebih cepat, Anda bisa mengonsumsi yogurt dengan buah-buahan seperti pisang atau pepaya.

BACA JUGA:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca