Ingin Organ Pernapasan Lebih Sehat? Yuk, Biasakan Konsumsi 3 Makanan Ini

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 10/09/2019 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Sistem pernapasan manusia sangat berperan penting untuk memasok oksigen ke dalam tubuh. Jika salah satu organ dari sistem pernapasan memburuk, tentu akan berpengaruh besar terhadap kesehatan Anda secara keseluruhan. Oleh karena itu, memiliki gaya hidup sehat cukup penting untuk menjaga kesehatan organ pernapasan, termasuk mengonsumsi makanan yang dipercaya dapat meningkatkan fungsi sistem pernapasan. 

Makanan yang baik untuk menjaga fungsi pernapasan

Menurut sebuah artikel yang diterbitkan pada tahun 2015 tentang nutrisi untuk kesehatan sistem pernapasan, pola makan tertentu dapat meningkatkan risiko penyakit pernapasan. Misalnya, terlalu sering mengonsumsi produk susu dan makanan tinggi lemak rentan terhadap penyakit asma. 

Supaya terhindar dari risiko tersebut, ada beberapa jenis makanan yang bisa membantu mengoptimalkan kesehatan organ pernapasan Anda. Mulai dari buah-buahan hingga ikan yang mudah Anda temui di kehidupan sehari-hari. 

1. Buah dan sayur

porsi makan buah dan sayur sehari

Makanan yang kaya akan antioksidan dan vitamin dipercaya dapat meredakan peradangan pada sistem pernapasan Anda. Contohnya, buah jeruk atau sayuran berdaun hijau yang mengandung vitamin C. Kandungan vitamin C yang tinggi ternyata membantu mencegah paru-paru rusak akibat terkena asap rokok. 

Selain itu, buah dan sayur mengandung antioksidan yang dapat menetralisir radikal bebas dan memperbaiki jaringan paru-paru. 

Kebaikan buah dan sayur juga ditunjukkan melalui sebuah penelitian yang dilakukan selama 3 tahun kepada 120 pasien PPOK atau penyakit paru obstruktif kronis. Di dalam penelitian tersebut diperlihatkan bahwa konsumsi buah dan sayur secara rutin membuat para pasien tersebut mengalami perbaikan gejala.

Maka itu, biasakan untuk memasukkan buah dan sayur di menu makanan harian Anda untuk sistem pernapasan yang lebih sehat. Ini dia beberapa jenis sayur dan buah yang mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi. 

  • Stroberi
  • Anggur
  • Mangga
  • Tomat
  • Kentang
  • Brokoli

2. Ikan dan asam lemak omega-3

memasak salmon panggang

Tahukah Anda bahwa ikan termasuk salah satu makanan yang dapat mengurangi risiko penyakit paru=-paru kronis?

Ikan yang berasal dari laut, seperti salmon, berisi asam lemak omega-3 yang membantu membersihkan salah satu bakteri yang dapat menyebabkan peradangan paru. 

Seperti yang dijelaskan seorang profesor dari Fakultas Kedokteran University of Rochester, asam lemak omega-3 yang diujicobakan kepada tikus dapat membantu meningkatkan fungsi paru. 

Akan tetapi, masih dibutuhkan penelitian yang lebih lanjut untuk benar-benar mengerti bagaimana senyawa ini dapat berguna di dalam tubuh manusia, khususnya organ pernapasan. 

3. Yoghurt

manfaat yoghurt

Selain buah dan sayur, ternyata makanan yang baik untuk sistem pernapasan lainnya adalah yoghurt. Akan tetapi, bukankah banyak yang bilang bahwa produk susu, seperti yoghurt justru dapat meningkatkan produksi lendir pada tubuh? 

Faktanya, pada tahun 2013 terdapat sebuah penelitian yang menunjukkan manfaat yoghurt terhadap sistem pernapasan manusia. Penelitian yang diikuti oleh 46 perenang wanita ini memperlihatkan bahwa terdapat pengurangan risiko gejala infeksi pernapasan yang sering diderita oleh perenang.

Makanan yang sudah disebutkan di atas memang baik untuk kesehatan sistem pernapasan Anda. Tidak hanya makanan saja, Anda pun wajib menjalani gaya hidup yang sehat, seperti menjauhi asap rokok dan memakai masker untuk mengurangi paparan polusi.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Ragam Makanan Bergizi Tinggi Kalium untuk Tubuh

Kalium termasuk mineral penting untuk mendukung fungsi tubuh. Oleh karena tidak dihasilkan dari tubuh, makan makanan sumber kalium adalah kuncinya.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 24/01/2019 . Waktu baca 4 menit

Suka Menghirup Bensin Agar Mabuk? Ini Macam-Macam Bahayanya!

Bensin kerap dijadikan alternatif yang lebih murah untuk mabuk selain dengan alkohol. Padahal ada bahaya yang menanti Anda akibat menghirup bensin.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Hidup Sehat, Fakta Unik 21/01/2019 . Waktu baca 3 menit

4 Makanan Sehat yang Bisa Membantu Mengurangi Efek Kecanduan Rokok

Sebulan pertama berhenti merokok memang banyak godaan dan bikin stres. Nah, coba alihkan perhatian Anda dengan makan makanan untuk berhenti merokok ini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Berhenti Merokok, Hidup Sehat 26/12/2018 . Waktu baca 6 menit

4 Masalah Paru-paru yang Paling Rentan Mengintai Perokok Aktif

Setiap kali Anda merokok, lebih dari 4.000 jenis racun masuk ke paru. Selain kanker paru-paru, perokok aktif juga rentan kena berbagai masalah ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Berhenti Merokok, Hidup Sehat 18/10/2018 . Waktu baca 10 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Angka harapan hidup pasien kanker paru

Berapa Lama Harapan Hidup Pasien Kanker Paru?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Dipublikasikan tanggal: 13/02/2020 . Waktu baca 4 menit
cara membersihkan paru-paru perokok pasif

7 Cara Efektif Membersihkan Paru-Paru Perokok Pasif

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 13/02/2020 . Waktu baca 6 menit
makanan mengandung omega 3

8 Sumber Makanan Terbaik yang Kaya Asam Lemak Omega 3

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 09/12/2019 . Waktu baca 5 menit
cara membersihkan paru paru

6 Kunci Menjaga Paru-Paru Bersih dari Debu dan Zat Polusi

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 12/04/2019 . Waktu baca 5 menit