home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

6 Kunci Menjaga Paru-Paru Bersih dari Debu dan Zat Polusi

6 Kunci Menjaga Paru-Paru Bersih dari Debu dan Zat Polusi

Polusi, asap kendaraan, hingga asap rokok dapat membahayakan kesehatan paru-paru Anda. Udara yang tercemar tersebut bisa merusak sistem pernapasan dan menimbulkan berbagai masalah mulai dari asma hingga kanker paru. Nah, supaya tidak terkena masalah kesehatan tertentu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga dan membersihkan paru-paru. Tak perlu ribet, berikut cara alami yang bisa menjaga kesehatan baru berbagai bahaya polusi yang mengintai.

Cara membersihkan paru-paru dari polusi

humidifier

Menjaga kesehatan paru merupakan salah satu hal yang paling penting dalam mengoptimalkan kesehatan tubuh. Walaupun paru-paru memiliki mekanisme mandiri untuk membersihkan diri, tidak ada salahnya mencoba cara berikut ini agar terhindar dari risiko penyakit pernapasan yang berbahaya.

1. Memakai air purifier

Air purifier merupakan alat yang dirancang untuk membersihkan udara yang mengalir di ruangan. Cobalah untuk memakai air purifier untuk meningkatkan kualitas udara di rumah Anda. Cara ini menjadi langkah awal yang baik untuk membersihkan paru-paru kita.

2. Membersihkan ventilasi

Setelah memakai air purifier di rumah, cara selanjutnya untuk menjaga kebersihan paru-paru adalah dengan membersihkan ventilasi di rumah. Mulailah dengan ventilasi yang terdapat di kamar mandi, kamar tidur hingga dapur. Sebisa mungkin gunakanlah cairan pembersih antibakteri sehingga ruangan di rumah bebas dari debu dan kuman penyakit.

Pasalnya, kotoran yang menumpuk di ventilasi dapat dengan mudah masuk dan terhirup jika tidak dibersihkan secara rutin. Upayakan untuk membersihkan ventilasi setiap 6 bulan sekali agar kualitas udara di rumah lebih terjamin.

Pentingnya Punya Ventilasi Udara yang Baik di Dalam Rumah, Plus Caranya

3. Mengonsumsi makanan sehat

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mencukupi kebutuhan nutrisi yang baik untuk kesehatan paru melalui konsumsi makanan sehat. Apa yang Anda makan sangat memengaruhi kesehatan paru Anda. Oleh karena itu, mulailah diet sehat dengan cara:

  • Mulai hari dengan minum segelas air lemon. Jika tubuh kita terhidrasi dengan baik, proses membersihkan paru pun menjadi lebih lancar.
  • Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin C, seperti anggur, kiwi, jeruk, tomat, dan brokoli.
  • Tidak lupa, masukkan juga makanan dengan kandungan antioksidan yang tinggi misalnya bawang putih, apel, teh hijau ataupun jahe.

4. Lakukan aktivitas di luar ruangan

efektif bakar lemak waktu jogging yang baik

Jika kita mendapat asupan udara yang segar di pagi hari, jaringan di dalam paru-paru kita pun dapat berkembang dan bekerja lebih baik. Maka dari itu, lakukanlah olahraga ringa di luar ruangan pada waktu pagi sebagai cara membersihkan paru.

Menurut artikel dalam European Respiratory Journal: Breath, berolahraga secara rutin dapat meningkatkan fungsi paru-paru sekaligus meminimalisir ancaman penyakit akibat iritasi paru dari polusi.

Cobalah untuk memeriksa tingkat polusi di lingkungan sekitar Anda sebelum berolahraga. Hindari berolahraga di luar ketika tingkat polusi sedang tinggi-tingginya. Kombinasikan juga dengan latihan pernapasan untuk paru selama beberapa menit seperti teknik pernapasan dalam.

Selain itu, menjauhi asap rokok atau sampah yang sedang dibakar juga sebaiknya dilakukan jika Anda sering berolahraga di luar.

5. Mengontrol batuk

Batuk adalah salah satu cara yang paling alami untuk membersihkan paru. Akan tetapi, jika Anda bisa mengendalikan batuk sendiri, dahak berlebih dan partikel kotor di paru-paru bisa terangkat dan dikeluarkan secara efektif tanpa harus kehabisan energi karena batuk yang menerus.

Berikut adalah tahap-tahap untuk membersihkan paru dari dahak dengan menerapkan cara batuk efektif:

  • Duduk dengan posisi tegap dan menapakkan kaki di lantai.
  • Lipat lengan di atas perut
  • Ambil napas secara perlahan melalui hidung
  • Buang napas perlahan-lahan sembari mencondongkan tubuh ke depan
  • Usahakan untuk batuk 2-3 kali ketika membuang napas dengan mulut sedikit terbuka.
  • Ambil napas kembali.
  • Istirahat dan ulangi seperlunya saja.

6. Hindari kebiasaan merokok

Berbagai zat beracun di dalam rokok dapat membahayakan kesehatan paru-paru. Merokok menyebabkan berbagai penyakit pernapasan seperti bronkitis kronis atau PPOK sekaligus memperparah infeksi di saluran pernapasan.

Oleh karena itu, jika Anda adalah perokok aktif, pertimbangkanlah untuk mulai mengurangi hingga berhenti dari kebiasaan merokok sebagai cara membersihkan paru-paru.

Lebih parahnya, merokok tidak hanya berdampak buruk bagi kesehatan Anda, tapi juga bisa berimbas pada orang lain yang berada di dekat Anda. Dengan meninggalkan kebiasaan merokok, organ-organ lain di dalam tubuh selain paru-paru pun bisa ikut lebih sehat.

Cara menjaga kebersihan paru-paru seperti di atas sebenarnya mudah dilakukan, tapi akan sulit jika Anda tidak berkomitmen kuat untuk menerapkannya.

Apabila Anda sudah terpapar oleh polusi udara yang cukup tinggi sehingga mengalami berbagai masalah pernapasan seperti sesak napas, jangan ragu untuk segera berkonsultasi ke dokter.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

WHO. (2020). Air pollution. Retrieved 2 July 2020, from https://www.who.int/health-topics/air-pollution#tab=tab_1

American Lung Association. (2020). Tips to Keep Your Lungs Healthy. Retrieved 2 July 2020, from https://www.lung.org/lung-health-diseases/wellness/protecting-your-lungs

Cleveland Clinic. (2015). Can Air Purifiers Improve Your Lung and Heart Health?. Retrieved 2 July 2020, from https://health.clevelandclinic.org/can-air-purifiers-improve-lung-heart-health/

Hessien, M., El-Gendy, S., Donia, T., & Sikkena, M. (2012). Growth Inhibition of Human Non-Small Lung Cancer Cells H460 By Green Tea and Ginger Polyphenols. Anti-Cancer Agents In Medicinal Chemistry, 12(4), 383-390. https://doi.org/10.2174/187152012800228698

Kawagoshi, A., et al. (2018). The effects of a warmed steam inhalation on patients with chronic obstructive pulmonary disease: A cross-sectional, controlled study. https://doi.org/10.4172/2161-105X.1000471

CDC. (2020). Air Quality – Particle Pollution. Retrieved 2 July 2020, from https://www.cdc.gov/air/particulate_matter.html

CDC. (2020). Tobacco-Related Mortality. (2017). Retrieved 2 July 2020, from https://www.cdc.gov/tobacco/data_statistics/fact_sheets/health_effects/tobacco_related_mortality/index.htm

Foto Penulis
Ditulis oleh Nabila Azmi Diperbarui 15/02/2021
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus