Tak Ingin Rambut Cepat Beruban? Yuk, Konsumsi 3 Makanan Super Ini

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 22/08/2018 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Rambut hitam berkilau jadi idaman banyak orang. Namun, terus memiliki rambut hitam jadi tantangan besar bagi orang yang usianya lebih dari 30 tahun. Ya, seiring dengan bertambahnya usia, rambut pun akan berubah menjadi keabuan dan akhirnya memutih. Bahkan, kondisi ini bisa terjadi lebih cepat dari yang Anda duga. Bagaimana cara mencegah uban? Yuk, simak daftar jenis makanan super berikut untuk bantu Anda menjaga rambut tetap hitam berkilau.

Berbagai jenis makanan yang mampu mencegah uban

Kebanyakan rambut beruban memang dianggap sebagai tanda penuaan. Namun bisa juga muncul lebih cepat akibat faktor keturunan, memiliki penyakit autoimun yang merusak sel pewarna rambut, atau juga karena tubuh kekurangan vitamin tertentu. Seperti kulit, rambut juga memiliki zat pewarna yang disebut melanin.

Nah, untuk mengembalikan melanin yang hilang atau rusak, Anda dapat mengonsumsi berbagai jenis makanan seperti berikut.

1. Makanan yang kaya vitamin B12

kekurangan vitamin B12

Vitamin B12 membantu menjaga kerja sistem saraf agar tetap normal, berperan dalam pembentukan informasi genetik (RNA dan DNA), dan memproduksi sel darah merah bersama dengan asam folat atau vitamin B9. Saat tubuh kekurangan vitamin ini dalam jumlah besar, maka anemia pernisiosa bisa terjadi.

Setiap harinya, remaja dan orang dewasa membutuhkan sekitar 2, 4 mikrogram vitamin B12. Sementara untuk ibu hamil akan membutuhkan 0,2 mikrogram tambahan per bulan.

Seiring bertambahnya umur, kemampuan tubuh untuk menyerap vitamin B12 dari makanan akan menurun, sehingga risiko kekurangan vitamin ini jadi makin besar. Apalagi jika sudah berusia 50 tahun.

Selain membentuk sel darah, makanan yang mengandung vitamin B12 juga berpotensi untuk menjaga kesehatan rambut, yaitu mencegah uban. Anda dapat dengan mudah memproleh vitamin ini dari telur, organ dalam ayam dan sapi (hati atau ginjal), atau kerang.

2. Makanan tinggi vitamin B9

vitamin b9 asam folat

Vitamin B9 membantu vitamin B12 untuk memproduksi DNA dan RNA yang dibutuhkan untuk membentuk sel darah merah. Selain itu, vitamin ini juga penting untuk produksi metionin, yaitu asam lemak yang penting untuk menjaga warna rambut.

Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan ubanan dini. Jadi, Anda dapat mencegah uban dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B9, seperti bayam, buncis, berbagai jenis kacang, asparagus, nasi putih, sereal, dan pasta.

3. Makanan tinggi tembaga dan zat besi

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada jurnal Biological Trace Element Research tahun 2012 menunjukkan bahwa orang yang mengalami ubanan dini, memiliki jumlah zat besi dan tembaga (Copper) yang rendah dalam tubuhnya.

Tembaga (Copper) diperlukan oleh tubuh untuk membantu kinerja berbagai enzim di dalam tubuh. Sementara zat besi berperan penting dalam pembentukan sel darah merah. Jika Anda kekurangan dua mineral penting ini, risiko rambut beruban akan lebih besar anda alami.

Anda bisa mendapatkan tembaga pada hati ayam atau sapi, tiram, kerang, kacang mete, kacang hazelnut, almond, dan lentil. Sementara zat besi paling banyak terdapat pada daging sapi, bayam, dan lentil.

Yang perlu Anda perhatikan untuk mencegah uban pada rambut

Selain mengonsumsi makanan yang direkomendasikan, Anda juga bisa mendapatkan manfaatnya dari suplemen dengan kandungan yang sama. Namun, konsultasikan lebih dulu kepada dokter sebelum Anda menggunakannya.

Anda perlu membatasi makanan yang berpengawet dan mengandung pemanis tambahan. Makanan tersebut bisa menyebabkan penuaan dini sehingga rambut jadi cepat beruban. Kemudian, sebaiknya Anda juga berhenti merokok dan jauhi asapnya.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Bagaimana Cara Mencegah Ingrown Hair agar Tidak Semakin Parah?

Kamu memiliki kondisi rambut tumbuh ke dalam, atau ingrown hair? Berikut cara mencegah ingrown hair agar tidak semakin parah dan melebar.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Hidup Sehat, Tips Sehat 05/02/2020 . Waktu baca 4 menit

Maksimalkan Keindahan Rambut dengan Mengenali Jenis-jenisnya

Jenis rambut tidak sebatas lurus dan keriting saja. Ternyata ada banyak tipe rambut yang bisa dikenali dan disesuaikan dengan perawatan rambut Anda.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Perawatan Rambut & Rambut Rontok, Hidup Sehat 29/11/2019 . Waktu baca 6 menit

Tahukah Anda Kenapa Rambut yang Digunting Tidak Terasa Sakit?

Rambut merupakan salah satu bagian tubuh yang unik. Contohnya, tidak akan terasa sakit saat rambut digunting. Namun, tahukah kenapa hal ini bisa terjadi?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Hidup Sehat, Fakta Unik 17/10/2019 . Waktu baca 4 menit

Apakah Anda Mempunyai Rambut yang Sehat? Temukan Jawabannya di Sini!

Ciri-ciri rambut sehat umumnya dimiliki oleh orang yang juga menjaga kesehatan tubuhnya, sehingga rambutnya terlihat lebih baik dibandingkan orang lain.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Perawatan Rambut & Rambut Rontok, Hidup Sehat, Kecantikan 06/10/2019 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

bahan alami untuk mengusir kulit kepala gatal

Bahan-bahan Alami untuk Mengusir Kulit Kepala Gatal

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 09/06/2020 . Waktu baca 5 menit
merawat rambut keriting

10 Cara Merawat Rambut Keriting agar Mudah Diatur

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 05/05/2020 . Waktu baca 4 menit
merawat rambut bagi wanita berhijab

9 Trik Mudah Merawat Rambut Bagi Wanita Berhijab

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 30/04/2020 . Waktu baca 6 menit
dewasa pakai sampo bayi

Apa Orang Dewasa Boleh Pakai Sampo Bayi?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 22/02/2020 . Waktu baca 3 menit