Hangover dari Pesta Semalam? Ini Dia Menu Penyelamat Anda

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan

Setelah semalam suntuk berpesta dan menenggak minuman beralkohol sepuasnya, di pagi hari barulah Anda akan merasakan efeknya. Anda harus berjuang mengusir hangover yang menyebabkan pusing, mual, hingga sakit kepala. Efek yang juga dikenal sebagai mabuk alkohol ini bisa bertahan seharian penuh, tergantung pada seberapa banyak alkohol yang Anda konsumsi semalam.

Umumnya, Anda akan pulih sendiri dari hangover setelah cukup beristirahat. Namun, jika Anda harus kembali beraktivitas di pagi hari, tentu hangover akan sangat mengganggu kelancaran kegiatan Anda. Agar hangover lebih cepat mereda dan tubuh serta pikiran terasa lebih baik, cobalah untuk mengonsumsi makanan dan minuman berikut ini.

Makanan yang ampuh mengusir hangover

Untuk mengusir hangover, Anda memerlukan asupan vitamin, mineral, dan air yang lebih banyak. Berikut adalah berbagai pilihan yang bisa Anda konsumsi sebagai sarapan, makan siang, atau camilan selama efek hangover masih terasa.

1. Sup ayam

Hidangan yang satu ini memang identik dengan makanan untuk orang yang sedang sakit, misalnya flu atau masuk angin. Namun, sup ayam ternyata juga baik bagi Anda yang habis mabuk semalaman. Sup ayam bisa membantu mengembalikan kadar air dan sodium yang hilang karena minuman beralkohol. Selain itu, daging ayam kaya akan sistein, zat yang bisa membantu meluluhkan racun alkohol yang menyebabkan Anda pusing dan sakit kepala.

2. Jus buah

Minum alkohol terlalu banyak dalam satu malam menyebabkan kadar gula darah Anda menurun tiba-tiba. Inilah yang membuat Anda merasa lemas dan pusing saat hangover di pagi hari. Untuk mengembalikan kadar gula darah secara alami, pilih jus dengan buah-buahan manis yang mengandung fruktosa. Jus buah segar juga bisa membantu proses pembuangan racun dan toksin dari dalam tubuh akibat alkohol semalam.

3. Pisang

Jika perut terasa mual, Anda bisa mengonsumsi pisang sebagai pengganti sarapan berat atau camilan di siang hari. Pisang bisa mengatasi mual dan muntah-muntah. Teksturnya juga lembut sehingga lebih mudah dicerna oleh lambung. Di samping itu, pisang kaya akan potasium dan elektrolit yang baik untuk Anda karena mabuk alkohol akan membuat Anda kehilangan banyak cairan.

4. Telur

Selalu siapkan telur dalam kulkas Anda, terutama kalau Anda sudah berencana untuk berpesta semalaman. Ketika hangover, telur bisa menjadi penyelamat Anda. Selain karena mudah dicerna, telur mengandung banyak asam amino penting seperti taurin dan sistein. Taurin dan sistein mampu merangsang kerja hati untuk membuang sisa-sisa racun alkohol dari tubuh yang menyebabkan pusing dan sakit kepala.

5. Yogurt

Selain pisang, yogurt adalah salah satu sumber potasium terbesar yang bisa Anda pilih untuk mengusir hangover. Yogurt yang mengandung probiotik juga bagus untuk membantu sistem pencernaan Anda sehingga nutrisi lebih cepat diserap tubuh. Anda bisa mencampurnya dengan buah-buahan segar, kacang-kacangan, madu, atau biji-bijian. Kombinasi ini akan semakin cepat untuk mengusir efek mabuk semalam.

6. Roti madu

Hangover membuat Anda sulit sekali meninggalkan tempat tidur di pagi hari. Maka, Anda membutuhkan sarapan yang sederhana dan cepat diolah tapi ampuh melawan hangover. Pilih roti gandum dan oleskan madu secukupnya. Roti madu memiliki kandungan fruktosa, sodium, potasium, dan vitamin B yang sangat dibutuhkan tubuh untuk meluluhkan racun dari alkohol dan mengembalikan energi yang habis karena pesta semalam.

Minuman yang ampuh mengusir hangover

Selain makanan yang kaya nutrisi, tubuh Anda juga membutuhkan banyak air. Alkohol memiliki efek diuretik yang bisa membuat Anda kehilangan banyak cairan melalui buang air kecil atau keringat. Akibatnya, Anda bisa mengalami dehidrasi dan kepala akan jadi semakin pusing. Maka setelah bangun pagi, pastikan Anda minum banyak air putih. Selain air putih, minuman-minuman berikut bisa membantu meringankan hangover.

1. Air kelapa

Air kelapa bisa mengembalikan kadar air dan mengembalikan metabolisme tubuh karena mengandung lima jenis elektrolit yang ada dalam darah. Air kelapa juga memiliki kandungan karbohidrat yang mudah dicerna sehingga energi Anda bisa terisi kembali. Selain itu, dibandingkan dengan minuman energi yang mengandung banyak gula, zat tambahan, dan kalori, air kelapa jauh lebih aman dan alami untuk menyembuhkan hangover.

2. Air dengan potongan jeruk

Bagi beberapa orang, minum jus jeruk atau air jeruk peras setelah mabuk semalaman justru akan membuat perut terasa semakin tak nyaman. Agar asupan cairan dan vitamin Anda tetap terpenuhi tanpa harus sakit perut, campurkan irisan jeruk, limau, atau lemon dengan air putih. Air yang dicampur dengan buah-buahan ini juga terasa lebih segar dari air putih biasa sehingga Anda pun lebih terjaga sepanjang hari.

3. Teh jahe

Untuk mengatasi mual dan lemas akibat hangover, seduh teh jahe di pagi hari. Jahe memiliki khasiat meredakan mual dan ampuh untuk merangsang sirkulasi darah dalam tubuh. Anda akan merasa lebih segar setelah semalaman berjuang melawan mabuk alkohol. Anda bisa minum teh jahe sebagai pengganti kopi. Kafein yang ada dalam secangkir kopi Anda mungkin bisa membantu meredakan sakit kepala, tetapi kafein bisa menambah rasa mual di perut dan menyebabkan dehidrasi.  

BACA JUGA:

Share now :

Direview tanggal: Oktober 22, 2016 | Terakhir Diedit: September 23, 2019

Sumber
Yang juga perlu Anda baca