backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

Minum Alkohol Bikin Bau Mulut? Ini 5 Cara Mengatasinya

Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H. · General Practitioner · Medicine Sans Frontières (MSF)


Ditulis oleh Ocha Tri Rosanti · Tanggal diperbarui 04/07/2022

Minum Alkohol Bikin Bau Mulut? Ini 5 Cara Mengatasinya

Hampir setiap orang pernah mengalami bau mulut yang tidak menyenangkan. Selain akibat masalah gigi dan mulut, bau mulut juga bisa terjadi pada orang yang sering minum alkohol.

Bagi Anda yang sedang atau pernah mengonsumsi alkohol, ini alasan kenapa alkohol bisa menimbulkan bau mulut hingga cara mengatasinya.

Kenapa orang yang minum alkohol bisa bau mulut?

penyebab bau mulut orang minum alkohol

Umumnya bau mulut karena alkohol dapat dihilangkan, tetapi sedikit sulit. Ini bergantung pada seberapa banyak Anda mengonsumsinya setiap hari.

Terdapat beberapa alasan yang menyebabkan bau mulut pada orang yang mengonsumsi alkohol. Berikut beberapa di antaranya.

1. Alkohol menyebabkan asam lambung naik

Alkohol dapat menyebabkan refluks asam lambung. Ini merupakan kondisi ketika asam lambung naik ke kerongkongan.

Asam memiliki bau tidak sedap. Bau inilah yang dicium oleh orang sekitar Anda.

2. Alkohol berubah menjadi senyawa kimia berbau

Saat Anda mengonsumsi alkohol, tubuh Anda akan menganggapnya sebagai racun atau zat asing. Tubuh kemudian mengubahnya menjadi bahan kimia yang cukup berbahaya.

Sekitar 90% alkohol diubah menjadi asam asetat lewat metabolisme, sedangkan sebagian lagi dikeluarkan lewat keringat dan sistem pernapasan.

Asam dalam napas Anda memiliki bau khas yang kurang sedap. Inilah kenapa orang yang minum alkohol cenderung bau mulut.

3. Produksi air liur berkurang

Selama Anda mengonsumsi alkohol, bakteri baik dalam mulut seperti Lactobacillales akan berkurang. Bakteri ini akan digantikan dengan bakteri jahat seperti Streptococcus, Leptotrichia, Neisseria, atau Actinomyces.

Bakteri jahat tersebut dihasilkan karena menurunnya produksi air liur dalam mulut. Ini pun akan membatasi kemampuan mulut Anda untuk membersihkan diri.

Jika sudah demikian, penyakit gusi dan gigi berlubang yang dapat menimbulkan bau mulut lebih mudah terjadi.

Cara menghilangkan bau mulut karena alkohol

bau mulut gigi berlubang

Bau mulut memang cukup mengganggu dan membuat Anda malu saat ingin berinteraksi dengan yang lain. Maka dari itu, bau tidak sedap ini harus segera dihilangkan.

Terapkan cara di bawah ini untuk menghilangkan bau mulut pada orang yang minum alkohol.

1. Mengonsumsi sesuatu yang berbau

Anggapan kalau permen karet peppermint atau obat kumur dapat menutup bau napas karena alkohol memang benar, tetapi ini untuk sementara waktu saja dan tidak bertahan lama.

Ini karena bau alkohol tidak hanya berasal dari mulut, tapi juga paru-paru. Jadi, bau segar yang dihasilkan dari peppermint tidak mampu menyamarkan bau mulut untuk waktu yang lebih lama.

Sebagai solusinya, Anda harus mengonsumsi sesuatu yang baunya juga kuat seperti alkohol, misalnya bawang putih atau ikan.

2. Menyikat gigi

Obat semprot untuk mulut saja tidak akan cukup menghilangkan bau alkohol dan membuat napas kembali segar dalam waktu yang lama.

Menyikat gigi, lidah, dan langit-langit mulut secara menyeluruh jauh lebih tepat untuk mengatasi bau mulut karena alkohol.

Anda dapat menggunakan pasta gigi dengan kandungan mentol yang diketahui lebih efektif dalam mengatasi bau mulut. Usahakan juga untuk menyikat gigi lebih lama dari biasanya.

3. Minum air putih

air putih

Mengonsumsi alkohol membuat mulut terasa kering. Oleh karena itu, diperlukan sesuatu yang dapat mengembalikan kelembapan mulut, misalnya air putih.

Air putih dapat menghidrasi mulut dengan merangsang produksi air liur. Jika mulut cukup lembap, berbagai bakteri pemicu bau mulut pun dapat dibasmi sehingga mulut menjadi segar kembali.

4. Menyeduh secangkir teh hijau

Secangkir teh hijau dapat membantu menghilangkan bau mulut pada orang yang minum alkohol.

Anda dapat menyeduh secangkir teh ini setiap pagi untuk mendapatkan manfaatnya. Jika dikonsumsi secara rutin dan dibarengi kebiasaan baik untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, tentu akan lebih baik.

Salah satu studi lama dalam Journal of Nutritional Science and Vitaminology bahkan menunjukkan bahwa teh hijau mampu menghilangkan bau mulut dengan lebih efektif daripada permen karet, mint, atau produk dengan kandungan minyak peterseli.

5. Mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi

Anda memang tidak dapat mempercepat laju pengeluaran alkohol dari tubuh, tetapi Anda dapat membantu tubuh untuk mengeluarkannya dengan cara menjaga kesehatan setiap hari.

Pastikan untuk selalu mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. Hindari merokok dan mengonsumsi tembakau untuk mengurangi bau mulut yang lebih parah.

Jika bau mulut masih berlanjut, segeralah mengonsultasikannya dengan dokter gigi Anda. Pasalnya, pada beberapa kasus, bau mulut juga bisa berasal dari infeksi, penyakit tertentu, obat-obatan, atau penyebab lain.

Bagi orang yang mengonsumsi alkohol dan sering mengalami bau mulut, rutin mengunjungi dokter gigi setiap 6 bulan juga sangat dianjurkan agar Anda bisa memantau kondisi gigi secara rutin.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.

General Practitioner · Medicine Sans Frontières (MSF)


Ditulis oleh Ocha Tri Rosanti · Tanggal diperbarui 04/07/2022

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan