home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

8 Cara Mengatasi Hangover Setelah Minum Alkohol

8 Cara Mengatasi Hangover Setelah Minum Alkohol

Hangover atau rasa tidak nyaman setelah minum alkohol, dapat mengganggu aktivitas. Hangover membuat Anda merasa tidak enak badan karena alkohol adalah racun. Penting mengetahui cara mengatasi hangover yang tepat, agar kondisi ini tidak berlarut-larut sehingga mengganggu kesehatan.

Penyebab hangover setelah konsumsi minuman beralkohol

Para ahli masih belum mengetahui pasti apa penyebab hangover. Beberapa berpendapat bahwa alkohol mengganggu ritme biologis tubuh; yang lainnya berpendapat bahwa ‘sakau’ alkohol adalah penyebab utamanya.

Penelitian menunjukkan bahwa zat sisa hasil sulingan alkohol bisa membuat Anda merasa mual. Semakin manis rasa minuman alkohol Anda, semakin tinggi kadar residunya, Liquor malt dan red wine, khususnya, mengandung residu beracun tinggi.

Sakit kepala saat bangun pagi setelah bergelas-gelas bir semalam mungkin disebabkan oleh dehidrasi dan cara tubuh Anda menyesuaikan diri terhadap penurunan tingkat alkohol dalam darah setelah Anda berhenti minum.

Banyak yang merekomendasikan cara cepat menghilangkan hangover dengan minum alkohol yang lebih ringan. Meningkatkan kadar alkohol saat hangover sebenarnya sama saja dengan menunda efeknya terjadi. Dengan menambah kadar alkohol, artinya Anda tidak memberikan kesempatan bagi tubuh Anda untuk pulih dengan sendirinya. Hangover akan tetap timbul, bahkan bisa lebih parah, keesokan harinya.

Cara mengatasi hangover setelah minum alkohol

Sebanarnya, untuk gejala hangover bisa benar-benar hilang, dibutuhkan setidaknya 8-24 jam sampai Anda kembali pulih.

Sementara itu, cobalah beberapa tips sederhana di bawah ini untuk meringankan sakit kepala, pusing, mual, dan keluhan lainnya akibat hangover:

1. Minum air untuk gantikan cairan tubuh

Alkohol adalah cairan diuretik yang membuat Anda kehilangan banyak cairan tubuh, alias dehidrasi.

Untuk menghindari hangover berat esok paginya, minum satu gelas air di sela minuman beralkohol Anda. Semakin ringan rasa mabuk Anda, semakin ringan pula efek hangover yang akan Anda rasakan. Asupan cairan, selain alkohol, akan memperlambat kerja tubuh menyerap alkohol, dan menurunkan konsentrasi alkohol dalam darah.

Gejala hangover sebagian besar timbul akibat dehidrasi, jadi mengganti cairan tubuh adalah alternatif yang baik untuk meringankan gejala Anda. Minum banyak air, 2-3 liter sepanjang hari.

Air kelapa merupakan alternatif cairan yang baik untuk mengatasi hangover. Air kelapa kaya akan elektrolit untuk mengembalikan keseimbangan cairan dalam tubuh. Jus sayuran hijau juga baik untuk Anda karena mengandung mineral dan elektrolit yang tinggi.

2. Hindari junk food

Makanan berminyak dan berlemak tinggi tidak bisa membantu meringankan gejala hangover, meskipun banyak mitos beredar mengatakan demikian. Junk food hanya akan memaksa jantung Anda untuk bekerja lebih keras lagi, dan ini tentu tidak baik untuk tubuh Anda.

Pilihlah sarapan berkalori tinggi, mengandung protein dan lemak tinggi, namun tetap mudah dicerna, seperti telur ceplok, alpukat, bayam, roti panggang, atau semangkuk sereal. Elektrolit yang terkandung dalam makanan bisa membantu mengembalikan keseimbangan cairan dalam tubuh dan memenuhi asupan kalori yang dibutuhkan tubuh Anda.

Atau, pilih semangkuk salad. Sayur-sayuran seperti brokoli, kembang kol, kale, sawi, brussel sprout, dan wortel mengandung enzim yang mendukung detoksifikasi hati.

3. Minum air lemon

Tambahkan sejumput garam dan sedikit jus lemon ke dalam air Anda sebagai agen alkali untuk mengembalikan cairan dalam tubuh. Selain itu, campuran air lemon dan cuka apel (1 sdm cuka apel dan ½ sdt kunyit) juga baik untuk memperlancar proses detoksifikasi alkohol dalam hati.

4. Kunyah jahe

Jahe telah digunakan turun temurun sebagai obat herbal alternatif yang kaya akan properti antiseptik dan antibakteri.

Rempah-rempah ini mengandung sederet bahan aktif seperti Gingerol, zingerone, 1-dehydrogingerodine, 6-gingesulfonic acid, shogaol, karbohidrat, palmetic acid, oleic acid, linoleic acid, caprylic acid, caproc acid, lauric acid, myristic acid, pentadecanoic acid, stearic acid, linilenic acid, lesitin, gingerglycolipids (A,B,C) yang bermanfaat sebagai obat penangkal sakit perut, mual, muntah, dan diare.

The National Institue oh Health USA mengungkapkan penelitian awal bahwa mengkonsumsi kombinasi jahe, serabut putih buah jeruk (tangerin pith), dan gula merah sebelum minum alkohol bisa menurunkan risiko mual dan muntah keesokan paginya.

5. Olahraga sebagai cara mengatasi hangover

Olahraga merangsang sistem limpatik Anda untuk mengeluarkan racun dalam tubuh dan memperlancar peredaran darah. Aktivitas ini juga melepaskan endorfin, hormon good mood yang bisa membantu Anda menghadapi mabuk setelah minum-minum dengan lebih baik. Lakukan yoga atau renang untuk melepaskan gejala hangover Anda.

6. Cukupi kebutuhan tidur

Rasa tidak nyaman yang Anda alami selama hangover bukan disebabkan oleh kurang tidur. Kurang tidur justru akan memperparah gejalanya. Untuk mengembalikan energi yang terbuang akibat hangover, coba menebusnya dengan tidur siang.

7. Hindari kopi

Banyak orang yang mengalami hangover dan memilih kopi untuk membuat mereka tetap terjaga selama beraktivitas sepanjang hari. Menumpuk sisa alkohol dalam tubuh dengan asupan kafein dari kopi justru akan memerparah sakit kepala yang Anda rasakan.

Kafein menyempitkan pembuluh darah, tapi mendorong aliran darah lebih kencang. Kombinasi dua hal ini akan memperburuk gejala hangover Anda. Jika Anda adalah tipe peminum kopi berat, usahakan untuk minum segelas air putih setelah kopi pertama Anda pada pagi hari.

8. Konsumsi obat-obatan

Konsumsi obat-obatan penghilang rasa nyeri, seperti aspirin atau ibuprofen, atau obat maag mungkin bisa dijadikan cara mengatasi hangover. Satu hal yang tidak boleh Anda konsumsi selama hangover: obat-obatan mengandung acetaminophen dan tylenol. Kedua obat-obatan ini bisa menyebabkan masalah serius pada hati saat tercampur dengan alkohol.

Sebaiknya pilih suplemen vitamin B kompleks untuk membantu Anda meredakan gejala hangover. Vitamin B bertanggung jawab terhadap sejumlah proses metabolisme tubuh, salah satunya proses detoksifikasi hati.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Ajeng Quamila Diperbarui 26/06/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto