Apakah Wadah Plastik untuk Makanan Anda Aman Bagi Kesehatan? Cari Tahu Lewat Kode Ini

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 10/07/2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Anda harus berhati-hati dalam memilih wadah plastik yang akan Anda beli atau gunakan, sebab tidak semua wadah plastik baik untuk dijadikan tempat menyimpan makanan. Beberapa di antaranya, bahkan dapat membuat makanan atau minuman Anda terkontaminasi dengan zat kimia yang terkandung di dalamnya. Lalu bagaimana mengetahui wadah yang tepat dan sehat untuk menyimpan makanan atau minuman?

Berbagai kode pada wadah plastik untuk makanan dan minuman

Bila Anda membeli wadah plastik untuk makanan atau minuman, pastikan bahwa wadah tersebut termasuk ke dalam kategori food grade. Wadah yang berlabel food grade diartikan sebagai wadah yang aman untuk dijadikan tempat menyimpan makanan atau minuman. Setiap wadah plastik memiliki kodenya tersendiri dan kode ini yang dapat membantu Anda dalam menentukan apakah wadah tersebut baik atau berisiko bagi kesehatan.

Kode terdiri dari angka 1-7 dan biasanya terdapat di bagian bawah wadah plastik. Berikut adalah kode-kode pada wadah makanan:

Kode 1

Jenis plastik yang membentuk wadah ini disebut dengan politietilen tereflalat (PET). Wadah dengan kode 1 memiliki sifat seperti, jernih, kuat, kedap gas dan air, namun tak tahan panas bila suhu mencapai 80 derajat celcius. Anda bisa menemukan kode ini pada botol kemasan, kaleng minuman, botol kecap atau sambal.

Kode 2

Terbuat dari jenis plastik high density polyethylene (HDPE) dan biasanya dipakai untuk botol susu cair atau jus, dan tutup plastik pada kemasan makanan. Wadah jenis ini akan melunak pada suhu 75 derajat celcius.

Kode 3

Wadah ini terdiri dari plastik jenis polivinil klorida (PVC) yang bersigat kuat, keras, serta tak tahan jika dipanaskan pada suhu 80 derajat celcius. Penggunaan wadah jenis ini biasanya untuk minyak sayur, kecap, kemasan minuman, dan beberapa pembungkus makanan.

Kode 4

Wadah kode 4 ini terdiri dari low density polyethylene yang biasanya dipakai untuk wadah yogurt serta kantong makanan segar.

kode wadah plastik untuk makanan

Kode 5

Wadah kode 5 terbuat dari jenis polipropilen yang keras tapi fleksibel. Selain itu tahan terhadap suhu panas makanan, minyak panas, dan dapat bertahan jika dipanaskan hingga suhu 140 derajat celcius. Biasanya botol bayi terbuat dari plastik jenis ini dan tergolong aman.

Kode 6

Sterofoam merupakan salah satu contoh wadah makanan yang memiliki kode 6. Wadah ini terbentuk dari polystyrene dan tak tahan dengan suhu yang panas. Selain sterofoam, wadah makanan siap saji, gelas-gelas yang bersifat sekali buang juga biasanya memiliki kode tersebut.

Kode 7

Wadah dengan kode 7 terbuat dari berbagai jenis plastik lain yang belum disebutkan atau campuran dari beberapa jenis tersebut.

Lalu, wadah plastik mana yang paling baik untuk digunakan?

Sebaiknya Anda hindari penggunaan wadah yang berlabel 3, 6, dan 7. Sementara wadah yang memiliki kode 1, 2, 4, dan 5 adalah wadah yang aman untuk digunakan dalam menyimpan makanan dan minuman.

Selain itu, dalam penggunaan wadah plastik, Anda harus memerhatikan beberapa hal agar makanan Anda selalu sehat dan terjaga, seperti:

  • Hindari menggunakan wadah yang memiliki kode 7 atau berlabel PC (plastik polikarbonat).
  • Sebisa mungkin hindari produk apapun yang terbuat dari plastik yang memiliki kode 3.
  • Jangan menggunakan wadah plastik – dengan label dan kode apapun – sebagai tempat memanaskan makanan di dalam microwave. Hal ini untuk menghindari kontaminasi zat kimia yang mungkin saja akan terjadi ketika wadah dipanaskan.
  • Meskipun suatu produk wadah plastik mengklaim bahwa produknya dapat digunakan sebagai wadah ketika  memanaskan makanan, jangan percaya hal itu sepenuhnya. Sebab tetap saja kontaminasi dapat terjadi, apalagi bila makanan Anda mengandung banyak lemak.
  • Penggunaan wadah plastik berkode 1 hanya boleh digunakan satu kali saja, sebab pemakaian lebih dari satu kali dapat meningkatkan risiko kontaminasi.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

8 Tips Lari di Luar Ruangan saat Masa New Normal

Gemar berlari sebagai olahraga utama? Cek ragam tips meminimalisasi risiko terserang penyakit saat lari di luar ruang di masa new normal, yuk!

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Konten Bersponsor
Hidup Sehat, Tips Sehat 29/07/2020 . Waktu baca 5 menit

8 Hal yang Perlu Dipersiapkan Saat Keluar Rumah di Masa New Normal

Ada beragam persiapan yang perlu dibawa saat beraktivitas di luar ruangan pada masa New Normal. Cari tahu daftar perlengkapan yang perlu disediakan.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Konten Bersponsor
persiapan saat new normal
Hidup Sehat, Tips Sehat 29/07/2020 . Waktu baca 6 menit

9 Cara Lindungi Diri Jalankan Hobi di Luar Ruang saat Adaptasi Kebiasaan Baru

PSBB memang mulai longgar, tetapi tetap ikuti tips lindungi diri di adaptasi kebiasaan baru agar terhindar dari COVID-19, Sobat Sehat!

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Konten Bersponsor
lindungi diri di adaptasi kebiasaan baru
Hidup Sehat, Tips Sehat 29/07/2020 . Waktu baca 5 menit

Berbagai Cara Agar Pria Tahan Lama Saat Berhubungan Seks

Pria kadang suka "keluar" duluan. Adakah cara agar seks menjadi lebih lama? Yuk simak berbagai cara tahan lama pria saat berhubungan seks di bawah ini.

Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Seks & Asmara 28/07/2020 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

mengatasi rambut kering

5 Ramuan Alami Terbaik untuk Mengatasi Rambut Kering

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 04/08/2020 . Waktu baca 4 menit
Konten Bersponsor
menghadapi kecemasan di new normal

Tips Menghadapi Kecemasan Kembali Beraktivitas di Era New Normal

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 03/08/2020 . Waktu baca 5 menit
nutrisi untuk mencegah covid

Penuhi Nutrisi Ini untuk Mencegah Penularan Coronavirus saat New Normal

Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 30/07/2020 . Waktu baca 9 menit
lemak paha sulit dihilangkan

Lemak Paha Anda Sulit Dihilangkan? Ini Penyebabnya

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 30/07/2020 . Waktu baca 4 menit