6 Cara Mengurangi Ketergantungan Kopi

Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 21 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Mengurangi kopi merupakan hal yang susah susah gampang, tidak semua orang berhasil melakukannya. Bukan berarti Anda tidak bisa melakukannya sama sekali. Anda masih bisa mengurangi secara perlahan. Yuk, simak penjelasan bagaimana cara mengurangi kopi.

Apa dampaknya kalau kita kecanduan kopi?

Kopi memang sudah menjadi semi kebutuhan pokok bagi sebagian besar orang. Tidak ada yang salah dengan kopi, kecuali jika Anda punya ketergantungan besar pada kopi yang akan menimbulkan efek tidak sehat pada tubuh.  Kecanduan kopi bukanlah hal yang bagus walaupun dalam kandungan kopi banyak zat yang bermanfaat.

Kopi pada dasarnya berperan melawan penyakit dengan kandungan antioksidan di dalamnya. Tapi hal itu akan didapatkan jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. Takaran konsumsi kopi yang wajar akan menimbulkan dampak baik pada tubuh, antara lain dapat  meningkatkan fokus dan produktivitas lebih.

Namun, mengonsumi kafein yang berlebih akan berakibat mengurangi konsentrasi Anda dengan menyebabkan kegelisahan dan kecemasan, dan menyebabkan kualitas tidur yang buruk. Konsumsi tinggi kafein dari kopi juga dapat memunculkan respon stres tubuh. Bahkan kebiasaan kopi Anda mungkin akan mempengaruhi kualitas tidur Anda, sehingga Anda mungkin ingin beralih ke alternatif minuman yang lain. Cobalah beberapa cara mengurangi kopi berikut ini.

Bagaimana cara mengurangi kopi?

1. Kurangi secara bertahap

Tidak ada cara mengurangi kopi dengan cara instan. Buatlah target di mana Anda mengurangi kopi pelan-pelan, misalnya sehari hanya minum 1 gelas kopi. Minggu berikutnya, seminggu hanya minum 4 cangkir kopi. Dengan dilakukan secara bertahap, Anda akan menemukan kebiasaan baru yang dapat mengganti kecanduan kopi. Sumber kafein juga bisa Anda dapat dengan memakan cokelat atau minum teh.

2. Cari minuman lain yang lebih sehat

Walaupun Anda mengonsumsi kopi tanpa kafein alias decaf, nyatanya masih ada kandungan kafein 2 sampai 25 mg per cangkir kopinya. Coba temukan pengganti minuman yang baik pada saat yang sama. Anda mungkin bisa mencoba minuman hangat lain yang bebas kafein, seperti teh herbal atau bahkan air lemon hangat yang baik bagi kesehatan tubuh.

3. Ganti dengan air putih

Minum air putih jauh lebih bermanfaat berkali lipat daripada minum kopi. Air putih juga bisa digunakan sebagai bentuk cara detoksifikasi tubuh. Gerakan meminum air juga sama dengan gerakan reflek memegang cangkir kopi.

4. Tidur dapat memenuhi kebutuhan energi Anda

Menurut National Sleep Foundation, kebanyakan orang tidak mendapatkan tidur yang cukup dan banyak yang mengatasinya dengan dengan minum jumlah berlebihan kafein, mengingat salah satu efek stimulan kopi adalah menghasilkan energi pada tubuh. Anda perlu mencari energi dengan cara lain, yang pertama dan terpenting adalah dengan tidur dan istirahat cukup. Beberapa cara lainnya adalah dengan tidur siang dan berolahraga secara teratur

5. Ganti dengan minuman yang mengandung susu

Dengan meminum minuman panas bisa juga menjadi terapi tubuh di pagi hari. Ubah kebiasaan minum kopi Anda dengan minuman panas lainnya seperti cokelat hangat,  teh herbal hangat, atau bahkan susu almond.

6. Buat sibuk diri Anda dengan kegiatan yang menyehatkan

Lakukan yoga, meditasi, atau pijat dengan tujuan membuat relaksasi pada tubuh Anda. Kegiatan tersebut akan membantu Anda  mengganti tingkatan konsentrasi dan energi yang Anda dapat dari kafein.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Pekerjaan Rumah Tangga Ini Dilarang Bagi Ibu Hamil

Meski sedang hamil, ibu tetap direpotkan untuk melakukan pekerjaan rumah. Namun, apakah semua pekerjaan rumah tangga saat hamil aman untuk dilakukan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 21 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit

6 Cara Praktis Membuat Kopi Anda Lebih Sehat dan Nikmat

Kenikmatan kopi sudah tidak diragukan. Namun, tahukan Anda ada beberapa cara membuat kopi yang dapat menjadikan manfaatnya lebih baik untuk kesehatan.

Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Tips Sehat 21 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit

Kenapa Ada Orang yang Mengalami Alergi Bawang Putih dan Bisakah Diobati?

Selain alergi susu dan kacang, ada juga alergi bawang putih. Apa penyebabnya dan adakah cara mengatasinya? Simak penjelasan berikut ini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Alergi, Alergi Makanan 20 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit

4 Penyakit Akibat Makan Daging Ayam Belum Matang (Plus Ciri-cirinya)

Anda suka nekat makan daging ayam belum matang? Awas, akibatnya bisa fatal. Ini dia berbagai bahaya dan ciri-ciri daging ayam yang belum dimasak sempurna.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 20 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

KDRT konflik rumah tangga

Alasan Psikologis Mengapa Korban KDRT Susah Lepas dari Jeratan Pasangan

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 22 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
tips menghindari perceraian

7 Rahasia Menghindari Perceraian dalam Rumah Tangga

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 22 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit
gejala leptospirosis

Cara Mengatasi Gejala Leptospirosis, Penyakit Khas di Musim Hujan

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 22 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
masalah seks pada pria

5 Masalah Seks yang Paling Mengganggu Pria (Plus Cara Mengatasinya)

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 21 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit