Tidak Ingin Batu Empedu Kembali Kambuh? Ikuti 4 Tips Ini

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 08/05/2019 . 4 menit baca
Bagikan sekarang

Penyakit batu empedu menimbulkan gejala yang tidak menyenangkan. Mulai dari sakit di bagian perut kanan atas yang menyebar ke bahu, hingga mual dan muntah. Orang yang pernah memiliki penyakit ini, harus segera diobati supaya tidak menjadi komplikasi yang lebih serius. Setelah batu empedu diobati, pasien perlu menjaga gaya hidupnya tetap sehat supaya penyakit ini tidak lagi kambuh. Lantas, bagaimana caranya mencegah batu empedu agar tidak kambuh? Berikut tipsnya.

Tips mencegah batu empedu agar tidak kambuh

Sama seperti penyakit lainnya, penerapan gaya hidup sehat adalah cara untuk mencegah batu empedu. Apalagi jika orang tersebut sudah pernah memiliki penyakit ini sebelumnya.

Jika tidak, penyakit tersebut akan bisa terkena penyakit ini lagi dan lagi. Risiko terjadinya komplikasi, seperti kolesistitis akut (radang kandung empedu), pankreatitis (radang pankreas), atau kolangitis. Nah, untuk mencegah batu empedu kambuh, Anda dapat mengikuti beberapa tips berikut ini.

1. Perhatikan pilihan makanan dikonsumsi

Batu empedu menandakan adanya pengkristalan zat pada kantong empedu. Umumnya, kristalan tersebut terbentuk dari penumpukan kolesterol. Sisanya terbentuk dari garam, kalsium, atau bilirubin (hasil pemecahan sel darah merah).

Kolesterol, garam, dan kalsium terdapat di banyak makanan dan minuman. Untuk itulah, asupan makanan yang mengandung zat tersebut harus dibatasi. Ini menjadi kunci untuk mencegah batu empedu datang lagi. Deretan makanan yang tinggi kolesterol dan lemak jenuh yang harus dihindari, antara lain:

  • Daging berlemak dan jeroannya
  • Mentega dan keju
  • Makanan apa pun yang digoreng

Sebagai gantinya, tingkatkan asupan makanan yang tinggi serat, seperti buah dan sayur, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Jangan lupa, cara mengolah makanannya pun tidak boleh asal, yaitu tidak boleh terlalu banyak menggunakan minyak. Gunakan juga minyak yang lebih sehat, seperti minyak zaitun.

2. Porsi makanan harus diperhatikan

Orang yang memiliki berat badan berlebih, berisiko dengan batu empedu. Bagi pasien batu empedu yang memiliki berat badan berlebih, diet adalah kunci untuk mencegah batu empedu tidak kambuh lagi.

Cobalah untuk mengurangi porsi makanan yang mengandung karbohidrat. Namun, jangan dilakukan besar-besaran secara mendadak. Ini akan membuat tubuh Anda lemas, dan nafsu makan meningkat di waktu makan setelahnya. Lakukan pengurangan porsi sedikit-sedikit secara perlahan.

Kemudian, ganti camilan jadi lebih sehat, misalnya yogurt dan buah. Beberapa jenis buah, seperti pisang dan apel dapat membantu perut Anda kenyang lebih lama.

3. Terapkan kebiasaan makan yang baik

Menjaga berat badan tetap ideal, bukan hanya sebatas memperhatikan pilihan makanan dan porsinya. Anda juga perlu menerapkan kebiasaan makan yang baik dan benar untuk mencegah batu empedu kambuh kembali.

Misalnya, tidak makan di malam hari, makan dengan perlahan, dan tidak melewatkan jam makan.

4. Rajin olahraga

Diet akan lebih maksimal jika diimbangi dengan meningkatnya aktivitas fisik, seperti olahraga. Sebuah studi melaporkan bahwa rutin olahraga dapat menurunkan risiko seseoarng terkena gangguan kantong empedu. Khususnya, pada jenis olahraga yang bisa memberikan pengaruh besar pada berat badan.

Beberapa jenis olahraga yang paling direkomendasikan untuk mencegah batu empedu kambuh kembali antara lain bersepeda, berenang, jogging, dan jalan cepat. Lakukan ini secara rutin, setidaknya 60 menit per latihan sebanyak 5 kali seminggu.

5. Rutin cek kesehatan ke dokter

Selain penerapan gaya hidup sehat, rutin cek kesehatan pada dokter juga membantu pasien mencegah batu empedu datang kembali. Buat jadwal dengan dokter untuk memastikan kondisi dan kesehatan empedu Anda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Jenis Makanan yang Aman dan Sehat untuk Pengidap Batu Empedu

Orang dengan batu empedu, perlu memperhatikan asupan makanan agar tetap sehat. Apa saja makanan untuk penderita batu empedu yang aman dikonsumsi?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Hidup Sehat, Tips Sehat 25/08/2018 . 4 menit baca

Bolehkah Orang dengan Penyakit Batu Empedu Berolahraga?

Olahraga dapat melindungi kantong empedu dari berbagai penyakit. Namun, bila sudah memiliki batu empedu, amankah tetap berolahraga? Cari jawabannya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Hidup Sehat, Tips Sehat 18/08/2018 . 4 menit baca

5 Penyebab Pusar Terasa Sakit, yang Wajar Sampai Harus Periksa ke Dokter

Pusar yang terasa nyeri tidak boleh diabaikan. Pusar sakit bisa menandakan penyakit tertentu, yang perlu pengobatan dokter. Salah satunya adalah usus buntu.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Hidup Sehat, Fakta Unik 09/04/2018 . 4 menit baca

Gejala Batu Empedu Mirip Dengan Sakit Maag, Bagaimana Membedakannya?

Nyeri ulu hati setelah makan bisa jadi gejala maag biasa dan gejala batu empedu. Pastikan Anda bisa membedakan keduanya agar obatnya tepat.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Gladys Riany
Hidup Sehat, Fakta Unik 19/01/2018 . 3 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

obat penghancur batu empedu

Pilihan Obat untuk Menghancurkan Batu Empedu

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 19/05/2020 . 6 menit baca
obat herbal batu empedu

8 Obat Herbal untuk Mengatasi Batu Empedu Secara Alami

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 25/09/2019 . 7 menit baca
gejala batu empedu

6 Gejala Batu Empedu yang Harus Anda Waspadai Sejak Awal

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 18/08/2019 . 6 menit baca
penyebab batu empedu

Berbagai Penyebab dan Faktor Risiko Terbentuknya Batu Empedu

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 15/08/2019 . 10 menit baca