Begini Cara Memilih Multivitamin yang Aman dan Sesuai untuk Anda

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Pernahkah Anda berpikir bahwa Anda harus mengonsumsi multivitamin untuk menunjang kesehatan? Jika iya, sebelum Anda memutuskan hendak mengonsumsi suplemen multivitamin, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui dalam memilih multivitamin yang tepat. Apalagi, saat ini banyak sekali jenis suplemen multivitamin yang ada di pasaran. Lalu bagaimana mengetahui bahwa suplemen tersebut baik dan cocok untuk Anda?

Siapa saja yang butuh suplemen multivitamin?

Saat ini, banyak orang tidak mengetahui dirinya mengalami kekurangan zat gizi. Walaupun tidak mengalami kekurangan yang parah, hal ini akan menyebabkan fungsi tubuh terganggu. Bahkan lambat laun akan menimbulkan berbagai penyakit. Apalagi, bagi beberapa kelompok usia yang memang rentan mengalami kekurangan zat gizi seperti ibu yang sedang hamil atau menyusui, orang yang sedang menjalani diet ketat, beberapa jenis penyakit yang menyebabkan gangguan penyerapan zat gizi. 

Apa bedanya suplemen vitamin dengan suplemen multivitamin?

Jika selama ini Anda hanya mengonsumsi suplemen yang mengandung satu jenis vitamin atau mineral saja, maka yang Anda konsumsi selama ini adalah suplemen vitamin. Berbeda dengan suplemen vitamin, suplemen multivitamin hadir dengan kandungan vitamin dan mineral yang lebih banyak. Setidaknya sebuah suplemen dapat disebut dengan multivitamin bila mempunyai kandungan lebih dari 3 jenis vitamin atau mineral.

Kemudian, mana yang lebih baik untuk saya konsumsi, suplemen vitamin atau multivitamin? Dalam hal ini suplemen multivitamin mempunyai lebih banyak keunggulan ketimbang suplemen vitamin.

Telah disebutkan jika multivitamin mempunyai lebih banyak kandungan vitamin dan mineral dari pada suplemen vitamin biasa. Sehingga jika Anda mengonsumsi multivitamin, beberapa kebutuhan vitamin dan mineral Anda akan terpenuhi dengan satu jenis suplemen saja.

Tidak hanya lebih murah dan efisien, suplemen multivitamin bisa menjadi solusi bagi orang yang mengalami kekurangan beberapa zat gizi atau mencegah kekurangan tersebut terjadi. Sementara suplemen vitamin lebih cocok untuk diberikan pada orang yang mengalami kekurangan zat gizi kronis tertentu, misalnya orang yang menderita anemia yang harus diberikan suplemen zat besi.  

Suplemen multivitamin seperti apa yang sebaiknya kita pilih?

Tidak semua suplemen multivitamin mengandung seluruh vitamin dan mineral yang Anda perlukan. Bahkan beberapa di antaranya mungkin rendah atau tidak mengandung beberapa zat gizi tertentu. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk melihat kandungan vitamin di dalamnya. Suplemen multivitamin yang baik setidaknya mengandung vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin B kompleks (vitamin B3, B5, B6, B7, B9 dan B12), vitamin D, vitamin E, selenium, dan iodium.  

Maka itu, pilih suplemen multivitamin yang menawarkan kombinasi vitamin dan mineral yang tepat. Ya, saat ini sudah ada suplemen dengan kandungan 12 vitamin dan 13 mineral yang telah disesuaikan dengan kebutuhan Anda sehari-hari. Kombinasi 12 vitamin dan 13 mineral mampu memberikan manfaat penting. Mulai dari menjaga daya tahan tubuh, memelihara daya ingat, mempercepat penyembuhan dari sakit, meregenerasi sel tubuh yang rusak, hingga mendorong fungsi penglihatan.  

Bagaimana dengan dosisnya? Perhatikan dosis dari suplemen yang akan Anda konsumsi, Anda sebaiknya memilih suplemen multivitamin yang menyediakan 100% kebutuhan vitamin dan mineral Anda (dapat disesuaikan dengan usia dan jenis kelamin).

Namun, hati-hati memilih multivitamin yang jumlah vitamin dan mineralnya melebihi kebutuhan harian, sebab semua zat gizi tersebut juga Anda dapatkan dari makanan. Kondisi tersebut bisa menyebabkan Anda mengonsumsi suatu zat gizi dalam dosis besar dan risiko keracunan dapat terjadi.

Oleh karena itu, sebagian besar multivitamin hanya diminum sekali dalam sehari, tetapi Anda tetap harus tetap melihat aturan pakai dari suplemen multivitamin yang Anda konsumsi untuk menghindari keracunan. 

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Mei 15, 2017 | Terakhir Diedit: Juni 11, 2019

Sumber
Yang juga perlu Anda baca