Begini Cara Memilih Multivitamin yang Aman dan Sesuai untuk Anda

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 2 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Sebelum Anda memutuskan hendak mengonsumsi suplemen multivitamin, ada hal-hal yang harus Anda ketahui dalam memilih multivitamin yang tepat. Apalagi, saat ini banyak sekali jenis suplemen multivitamin yang ada di pasaran.

Siapa saja yang butuh suplemen multivitamin?

efek minum multivitamin setiap hari

Saat ini, banyak orang tidak mengetahui dirinya mengalami kekurangan zat gizi. Walaupun tidak mengalami kekurangan yang parah, hal ini akan menyebabkan fungsi tubuh terganggu. Bahkan lambat laun akan menimbulkan berbagai penyakit.

Apalagi, bagi beberapa kelompok usia yang memang rentan mengalami kekurangan zat gizi seperti ibu yang sedang hamil atau menyusui, orang yang sedang menjalani diet ketat, beberapa jenis penyakit yang menyebabkan gangguan penyerapan zat gizi. 

Apa bedanya suplemen vitamin dengan suplemen multivitamin?

Jika selama ini Anda hanya mengonsumsi suplemen yang mengandung satu jenis vitamin atau mineral saja, maka yang Anda konsumsi selama ini adalah suplemen vitamin.

Berbeda dengan suplemen vitamin, suplemen multivitamin hadir dengan kandungan vitamin dan mineral lebih banyak. Setidaknya, suplemen dapat disebut multivitamin bila mempunyai kandungan lebih dari 3 jenis vitamin atau mineral.

Kemudian, mana yang lebih baik untuk saya konsumsi, suplemen vitamin atau multivitamin? Dalam hal ini suplemen multivitamin mempunyai lebih banyak keunggulan ketimbang suplemen vitamin.

Telah disebutkan jika multivitamin mempunyai lebih banyak kandungan vitamin dan mineral dari pada suplemen vitamin biasa. Sehingga jika Anda mengonsumsi multivitamin, beberapa kebutuhan vitamin dan mineral Anda akan terpenuhi dengan satu jenis suplemen saja.

Tidak hanya lebih murah dan efisien, suplemen multivitamin bisa menjadi solusi bagi orang yang mengalami kekurangan beberapa zat gizi atau mencegah kekurangan tersebut terjadi.

Sementara itu, suplemen vitamin lebih cocok untuk diberikan pada orang yang mengalami kekurangan zat gizi kronis tertentu. Misalnya, orang yang menderita anemia yang harus diberikan suplemen zat besi.

4 Aturan Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Minum Suplemen Zat Besi

Suplemen multivitamin seperti apa yang sebaiknya dipilih?

Tidak semua suplemen multivitamin mengandung seluruh vitamin dan mineral yang Anda perlukan. Bahkan beberapa di antaranya mungkin rendah atau tidak mengandung beberapa zat gizi tertentu.

Penting bagi Anda untuk tahu kandungan isi. Suplemen multivitamin yang baik setidaknya mengandung vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin B kompleks (vitamin B3, B5, B6, B7, B9 dan B12), vitamin D, vitamin E, selenium, dan iodium.

Maka itu, pilih suplemen multivitamin yang menawarkan kombinasi vitamin dan mineral yang tepat. Ya, saat ini sudah ada suplemen dengan kandungan 12 vitamin dan 13 mineral yang telah disesuaikan dengan kebutuhan Anda sehari-hari.

Kombinasi 12 vitamin dan 13 mineral mampu memberikan manfaat penting. Mulai dari menjaga daya tahan tubuh, memelihara daya ingat, mempercepat penyembuhan dari sakit, meregenerasi sel tubuh yang rusak, hingga mendorong fungsi penglihatan.  

Bagaimana dengan dosisnya? Perhatikan dosis dari suplemen yang akan Anda konsumsi, Anda sebaiknya memilih suplemen multivitamin yang menyediakan 100% kebutuhan vitamin dan mineral Anda (dapat disesuaikan dengan usia dan jenis kelamin).

Namun, hati-hati dengan multivitamin yang jumlah vitamin dan mineral melebihi kebutuhan harian, sebab nutrisi tersebut juga Anda dapatkan dari makanan. Kondisi ini bisa membuat Anda mengonsumsinya dalam dosis besar sehingga risiko keracunan dapat terjadi.

Oleh karena itu, sebagian besar multivitamin hanya diminum sekali dalam sehari, tetapi Anda tetap harus tetap melihat aturan pakai dari suplemen multivitamin yang Anda konsumsi untuk menghindari keracunan. 

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

3 Hal Penting yang Wajib Diperhatikan Jika Suka Minum Teh Saat Hamil

Selama kehamilan, Anda harus menjaga asupan makanan dan minuman, termasuk minum teh. Simak panduan aman minum teh saat hamil berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Prenatal, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 4 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

Mengapa Sebagian Orang Mudah Dihipnotis, Sementara yang Lain Tidak?

Anda mungkin waspada ketika berjalan sendirian, takut dihipnotis oleh orang tak dikenal. Tahukah Anda tidak semua orang mudah dihipnotis?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Penyakit Saraf Lainnya 4 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

7 Manfaat Kesehatan yang Bisa Anda Dapat dari Buah Mangga

Kandungan mangga yang manis dan asam menyegarkan menjadikan buah musiman ini bintangnya rujak. Apa saja manfaat mangga untuk kesehatan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Fakta Gizi, Nutrisi 4 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit

9 Bahaya yang Bisa Terjadi Jika Nekat Bikin Tato di Mata

Tertarik ingin mata Anda berwarna tidak hanya warna putih saja? Tato mata bisa jadi jawabannya. Sebelum lakukan, cari tahu dulu bahayanya di sini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Kesehatan Mata, Penyakit Mata 3 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

berhenti minum pil kb

7 Hal yang Bisa Terjadi Pada Tubuh Jika Anda Berhenti Minum Pil KB

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit
ciri tipes yang parah

Waspadai 3 Ciri Tipes yang Sudah Parah Agar Tidak Berakibat Fatal

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 3 menit
mencium bau

Kenapa Beberapa Orang Cenderung Susah Mencium Bau?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit
gaya pengasuhan

Kenali Tanda dan Cara Mengatasi Anak Hiperaktif

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit