Pilihan 5 Bahan Alami yang Mujarab Atasi Kaki Bengkak Dengan Cepat

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Mengalami kaki bengkak tentu membuat Anda jadi tak nyaman. Jangankan untuk berjalan, sekadar menggerakkan kaki saja mungkin membuat Anda kesakitan. Sebelum periksa ke dokter, ada baiknya Anda coba mengatasi kaki bengkak dengan berbagai bahan alami berikut ini.

Deretan bahan alami yang ampuh mengatasi kaki bengkak

Pembengkakan di kaki, atau dalam istilah medis disebut dengan edema, terjadi karena tubuh menyimpan cairan berlebih di kaki bagian bawah atau pergelangan kaki. Kondisi ini umumnya tidak berbahaya dan dapat hilang dengan sendirinya.

Itulah mengapa, mengatasi kaki bengkak tidak memerlukan perawatan khusus karena sebetulnya bisa dilakukan dengan mudah di rumah. Berbagai bahan alami yang dapat membantu mengatasi kaki bengkak adalah:

1. Air putih

minum air putih sebelum tidur

Memang, kaki bengkak dapat terjadi karena penumpukan cairan di bagian kaki. Akan tetapi, kalau Anda justru menahan diri untuk minum air karena takut kaki bengkaknya semakin parah, Anda justru berisiko dehidrasi.

Kekurangan cairan tubuh dapat menghambat aliran oksigen menuju kaki dan memperparah peradangan. Itulah mengapa, Anda justru harus banyak minum untuk mengurangi nyeri akibat kaki bengkak.

Penuhi kebutuhan cairan Anda dengan minum air putih minimal delapan gelas per hari. Hal ini dapat membantu mengeluarkan zat racun, kelebihan garam, dan cairan yang menyebabkan kaki bengkak.

2. Garam Epsom

mandi air garam epsom untuk ibu hamil

Garam Epsom adalah salah satu bahan alami yang bisa Anda andalkan untuk mengatasi kaki bengkak. Pasalnya, jenis garam yang satu ini dapat mendorong zat racun dalam tubuh sekaligus melancarkan aliran darah di kaki.

Campurkan setengah gelas atau sekitar 115 gram garam Epsom ke dalam air hangat, lalu rendam bagian kaki yang bengkak selama 15 sampai 20 menit.

Kandungan magnesium sulfatnya akan meresap ke dalam pori-pori kulit dan perlahan mengurangi peradangan. Lakukan sebanyak 2 sampai 3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Makanan sumber kalium

kalium

Dikutip dari Healthline, kekurangan kalium dapat memicu tekanan darah tinggi dan penumpukan cairan dalam tubuh (retensi air). Akibatnya, Anda akan lebih mudah mengalami kaki bengkak kalau kebutuhan kalium harian Anda tidak tercukupi.

Beragam makanan sumber kalium yang dapat membantu mengatasi kaki bengkak meliputi:

  • Ubi jalar
  • Pisang
  • Salmon
  • Ayam
  • Jus jeruk
  • Susu rendah lemak

Bila Anda punya masalah ginjal atau penyakit tertentu, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter untuk memastikan kondisi kesehatan Anda.

4. Makanan sumber magnesium

manfaat magnesium fungsi magnesium

Saat Anda mengalami kaki bengkak, bisa jadi ini pertanda bahwa Anda kekurangan magnesium. Untuk mengatasinya, segera penuhi kebutuhan magnesium harian Anda dengan mengonsumsi:

  • Bayam
  • Brokoli
  • Alpukat
  • Tahu
  • Kacang almond
  • Kacang mede
  • Cokelat hitam (dark chocolate)

Bila perlu, Anda juga dapat mengonsumsi suplemen magnesium sesuai dengan anjuran dokter. Dokter biasanya akan meresepkan suplemen magnesium dengan dosis 200 sampai 400 miligram per hari untuk membantu mengatasi kaki bengkak. Namun, suplemen ini tidak dianjurkan untuk Anda yang punya masalah ginjal atau penyakit jantung.

5. Cuka apel

khasiat cuka apel

Manfaat cuka apel terbukti sangat banyak, salah satunya dapat membantu mengatasi kaki bengkak. Kandungan kalium pada cuka apel dapat mengurangi retensi cairan yang mengakibatkan kaki bengkak.

Campurkan cuka apel ke dalam air hangat dengan perbandingan 1:1, lalu rendam handuk ke dalam larutan tersebut. Tempelkan handuk hangat ke bagian kaki yang bengkak sampai nyerinya berkurang.

Kalau Anda kuat dengan rasa dan baunya yang cukup menyengat, Anda dapat meminum campuran dua sendok makan cuka apel dengan segelas air dan madu. Minum ramuan ini dua kali sehari untuk mempercepat pemulihan.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: September 26, 2018 | Terakhir Diedit: September 20, 2018

Sumber
Yang juga perlu Anda baca