Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya
ask-doctor-icon

Tanya Dokter Gratis

Kirimkan pertanyaan atau pendapatmu di sini!

Manfaat Stocking Kompresi untuk Varises dan Kaki Bengkak

Manfaat Stocking Kompresi untuk Varises dan Kaki Bengkak

Stocking kompresi membantu mengatasi varises atau kaki bengkak akibat gangguan pembuluh darah vena, pemulihan pasca-operasi yang lama, atau melakukan perjalanan jarak jauh. Yuk,

ketahui manfaat, cara memilih, dan menggunakan stocking kompresi berikut ini.

Apa itu stocking kompresi?

stocking varises

Stocking kompresi adalah sejenis kaus kaki elastis yang dirancang khusus untuk menekan kaki. Tujuan dari penggunaanya yaitu untuk menciptakan sirkulasi darah yang lancar.

Jenis stocking khusus ini lebih ketat pada bagian kaki, lalu makin melonggar sampai area betis.

Tekanan pada kaki dan pergelangan kaki membantu pembuluh darah untuk memompa darah. Ini menjadikan lebih banyak darah dapat kembali ke jantung dan hanya sedikit darah yang berhenti (stasis) pada daerah kaki dan betis.

Oleh karena itu, stoking kompresi tidak hanya akan mengurangi pembengkakan dan rasa sakit pada kaki Anda, tetapi juga dapat membantu mencegah berbagai kondisi serius.

Contohnya seperti varises atau gumpalan pembuluh darah vena pada kaki. Jadi, tak heran bila banyak orang juga menyebutnya sebagai stocking varises.

Apa saja manfaat stocking kompresi?

Pada umumnya, dokter menganjurkan kaus kaki kompresi bila sirkulasi darah pada kaki Anda terganggu. Kondisi ini disebabkan oleh masalah terkait pembuluh darah.

Adapun, beberapa manfaat kesehatan dari penggunaan stocking kompresi antara lain:

  • meningkatkan sirkulasi darah pada kaki,
  • mendukung kerja pembuluh darah kaki,
  • mencegah darah menggenang pada pembuluh darah kaki,
  • membantu mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh varises,
  • mengurangi pembengkakan kaki,
  • meningkatkan pengeluaran cairan getah bening untuk meredakan pembengkakan,
  • mencegah pembentukan gumpalan darah dalam pembuluh vena kaki, dan
  • mengurangi hipotensi ortostatik, yaitu penurunan tekanan darah yang menyebabkan pusing saat bangun dari duduk.

Kapan Anda perlu memakai stocking kompresi?

trombosis vena dalam

Jika kaki Anda sering terasa sakit, bengkak, atau berat pada malam hari, penting untuk segera menemui dokter untuk mendiagnosisnya.

Setelah mengetahui penyebabnya, dokter akan menentukan apakah Anda perlu menggunakan stocking kompresi atau tidak.

Penggunaan stocking kompresi biasanya Anda perlukan pada penyakit dan kondisi berikut ini.

1. Insufisiensi vena kronis

Insufisiensi vena kronis (chronic venous insufficiency) terjadi ketika katup pada pembuluh darah rusak sehingga tidak mampu memompa darah kembali ke jantung dengan benar.

Apabila katup pada pembuluh darah kaki tidak berfungsi baik, hal ini bisa menyebabkan penumpukan cairan pada kaki. Akibatnya, kaki terasa sakit dan bengkak.

2. Trombosis vena dalam

Trombosis vena dalam (deep vein thrombosis) merupakan penyakit pembekuan darah pada pembuluh darah vena yang terletak jauh di dalam otot kaki.

Bekuan tersebut menyebabkan aliran darah melambat. Akibatnya, bagian kaki yang tersumbat akan menjadi kemerahan, bengkak, dan terasa sakit.

3. Varises

Varises merupakan pembesaran pembuluh darah vena yang disebabkan oleh gangguan pada katup pembuluh darah atau melemahnya dinding pembuluh darah.

Karena diameter pembuluh darah yang membesar, tekanan darah normal tidak cukup untuk memompa darah kembali ke jantung. Stocking varises diperlukan untuk meningkatkan aliran darah kembali.

4. Spider veins

spider vein

Tak seperti varises, spider veins berukuran lebih kecil dan terletak dekat permukaan kulit. Pembuluh darah yang muncul menyerupai jaring laba-laba berwarna kemerahan, ungu, atau kebiruan.

Gangguan ini juga bisa berkembang menjadi varises. Terapi stoking kompresi untuk varises bisa menghentikan proses ini atau setidaknya memperlambatnya.

5. Kehamilan

Pembuluh darah kaki umumnya akan terpengaruh selama masa kehamilan. Inilah mengapa banyak ibu hamil mengalami kaki bengkak, terutama pada trimester tiga kehamilan.

Hal ini disebabkan karena rahim yang membesar menekan pembuluh darah. Peningkatan hormon selama kehamilan juga menyebabkan pembuluh darah melebar.

6. Sindrom kelas ekonomi

Sesuai namanya, sindrom kelas ekonomi terkait dengan terbatasnya gerakan kaki Anda pada saat penerbangan jarak jauh atau perjalanan panjang dengan kereta atau mobil kelas ekonomi.

Ketika aliran darah stasis atau terhenti, lebih mudah terjadi pembekuan darah yang mungkin berakibat serius bila bekuan ini terbawa ke paru-paru atau jantung.

Ringkasan

Stocking kompresi tidak hanya ditujukan untuk mengatasi varises dan kaki bengkak. Beberapa orang dengan penyakit dan kondisi tertentu, seperti insufisiensi vena kronis, trombosis vena dalam, dan kehamilan, juga membutuhkannya.

Bagaimana cara memilih stocking kompresi yang benar?

kaki bengkak setelah melahirkan

Ada berbagai jenis stocking kompresi untuk varises yang tersedia. Produk ini dapat dibedakan baik dari segi tekanannya (ringan hingga sangat kuat), ukuran dan panjang (setinggi lutut sampai bagian atas paha), bahan, maupun warnanya.

Contohnya, Anda hanya membutuhkan kaus kaki kompresi biasa setinggi lutut atau tepat di atas betis untuk mengobati varises dengan gejala yang sangat ringan.

Sementara itu, Anda mungkin akan dianjurkan untuk menggunakan stocking kompresi khusus yang bisa dibeli di toko alat kesehatan.

Namun, penggunaan stocking kompresi khusus harus dengan resep dokter, sebab diperlukan pengukuran khusus terlebih dahulu. Oleh sebab itu, penting untuk konsultasi dengan dokter sebelum menggunakannya.

Perlu diingat bahwa memilih jenis stocking kompresi yang salah berpotensi mengakibatkan lebih banyak kerusakan daripada manfaat kesehatannya.


Ingin mendapatkan berat badan ideal?

Yuk konsultasikan masalahmu dengan ahli gizi atau berbagi tips bersama di Komunitas Berat Badan Ideal!


health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Compression stockings. MedlinePlus. (2020). Retrieved 15 August 2022, from https://medlineplus.gov/ency/patientinstructions/000597.htm

What You Should Know About Compression Socks. Cleveland Clinic. (2020). Retrieved 15 August 2022, from https://health.clevelandclinic.org/what-you-should-know-about-compression-socks/

Compression Therapy. American Venous Forum. Retrieved 15 August 2022, from https://www.venousforum.org/patients/what-is-vein-disease/what-is-compression-therapy/

Compression Stockings. Varicose Veins. Retrieved 15 August 2022, from https://varicoseveins.org/compression-stockings/

Clarke, M. J., Broderick, C., Hopewell, S., Juszczak, E., & Eisinga, A. (2021). Compression stockings for preventing deep vein thrombosis in airline passengers. The Cochrane database of systematic reviews, 4(4), CD004002. https://doi.org/10.1002/14651858.CD004002.pub4

Saliba Júnior, O., Rollo, H., Saliba, O., & Sobreira, M. (2019). Graduated compression stockings effects on chronic venous disease signs and symptoms during pregnancy. Phlebology: The Journal Of Venous Disease, 35(1), 46-55. https://doi.org/10.1177/0268355519846740

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Satria Aji Purwoko Diperbarui 4 weeks ago
Ditinjau secara medis oleh dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa
Next article: