5 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Agar Kulit Cantik Alami Dari Dalam

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 05/09/2017
Bagikan sekarang

Kulit berperan sebagai perisai pertahanan pertama tubuh dalam melawan kuman/bakteri, karena kulitlah yang merupakan bagian tubuh terluar yang pertama kali kontak dengan lingkungan. Kulit juga berfungsi untuk mencegah terjadinya dehidrasi dan mengubah sinar matahari menjadi vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh. Supaya kulit tetap terjaga cantik alami dari dalam, Anda perlu memperhatikan asupan makanan Anda setiap hari. Makanan yang kita makan tidak hanya menjadi sumber nutrisi terbaik untuk meningkatkan kesehatan tubuh, termasuk juga kulit. Berikut adalah beberapa makanan yang wajib Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan kulit Anda.

Daftar makanan sehat rahasia kulit cantik alami dari dalam

Makanan kaya akan antioksidan

Makanan kaya antioksidan dipercaya bisa membuat kulit cantik alami dari dalam. Antioksidan bekerja memperbaiki kerusakan sel kulit akibat dari paparan sinar ultraviolet dan faktor eksternal lain (seperti nikotin dan alkohol). Antioksidan merupakan “pemangsa” radikal bebas yang berperan dalam melindungi kulit Anda. Salah satu efek yang paling terlihat dari antioksidan adalah kemampuannya dalam merangsang produksi kolagen yang merupakan bagian penting dari proses peremajaan kulit. Makanan yang tinggi antioksidan termasuk biji-bijian, buah-buahan terutama yang berwarna-warni dan sayuran seperti buah, tomat, aprikot, bit, labu, bayam, ubi jalar, jeruk, paprika, dan kacang-kacangan.

Makanan kaya selenium

Sama halnya dengan antioksidan, selenium dapat membantu melindungi kulit Anda dari radikal bebas yang dapat menyebabkan tanda-tanda penuaan seperti keriput dan kulit kering maupun kerusakan jaringan. Selenium juga dapat membantu mencegah kanker kulit. Selenium dapat Anda temukan pada udang, ikan seperti kakap, tuna, salmon, daging sapi, tiram, sarden, kepiting, dll.

Makanan yang kaya akan Koenzim Q10

Tubuh Anda membuat antioksidan yang disebut Koenzim Q10 yang terlibat dalam membuat energi dan membantu kerja sel-sel tubuh Anda. Koenzim Q10 dapat Anda temukan dalam ikan seperti salmon, tuna, biji-bijian, dll.

Makanan yang kaya akan vitamin A, C, E

Meskipun ketiga vitamin tersebut memberikan manfaat yang berbeda, namun ketiganya memberikan kontribusi untuk kulit yang sehat.

  • Vitamin A dapat membantu menjaga kulit Anda tampak lebih segar dan bersinar dengan mencegah kekeringan, mengurangi bintik-bintik gelap, dan merapikan kerutan. Makanan dikemas dengan vitamin A termasuk sayuran berdaun gelap, jeruk, wortel, melon, strawberry dan telur.
  • Vitamin C berfungsi untuk meningkatkan produksi kolagen dan elastin pada kulit Anda. Protein tersebut membantu mencegah keriput, garis-garis, dan kerut pada kulit Anda. Makanan kaya vitamin C termasuk paprika, buah jeruk, sayuran hijau gelap, pepaya, dan kiwi.
  • Vitamin E adalah antioksidan yang melawan kerusakan kulit akibat radikal bebas. Vitamin E dapat ditemukan dalam kacang-kacangan dan biji-bijian, zaitun, sayuran hijau gelap, dan minyak sayur.

Makanan yang mengandung omega-3

Siapa sangka kalau ikan tuna, salmon, kacang kenari, hingga bayam dan alpukat adalah rahasia dari kulit cantik alami luar dalam? Semua makanan ini mengandung omega-3 yang merupakan salah satu jenis lemak tak jenuh yang baik untuk tubuh Anda. Sebuah studi menemukan bahwa omega-3 dari ikan dapat membantu Anda dalam menjaga kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Omega-3 mendukung kulit terhidrasi dan tampak lebih cerah. Selain itu, asam lemak juga bertindak sebagai pelembab alami yang dapat merevitalisasi kulit kering dari dalam dan keluar. Beberapa makanan lainnya yang kaya akan omega-3 adalah ikan makarel, ikan sarden, tenggiri, minyak canola, walnut, dan kacang kedelai.

Jangan lupa, hindari konsumsi gula berlebih

Selain lima makanan sehat di atas, ada satu lagi rahasia menjaga kulit cantik alami dari dalam yaitu membatasi makanan bergula terutama gula buatan. Tanpa Anda sadari, gula yang Anda konsumsi menyerap banyak cairan dalam lapisan kulit Anda sehingga membuat kulit keriput. Selain itu, kandungan glukosa dalam gula dapat membuat kadar kolagen di kulit berkurang dan menghambat fungsi kolagen yang menyebabkan kulit Anda rusak. Kolagen merupakan protein yang menyusun tubuh manusia berupa struktur organik pembangun kulit, tulang, gigi, sendi, dan otot. Bahkan, semakin banyak gula yang Anda konsumsi, maka, semakin besar kemungkinan Anda akan mengalami resistensi insulin yang dapat menyebabkan pertumbuhan rambut berlebih dan munculnya bercak gelap di leher dan lipatan tubuh Anda.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"

Yang juga perlu Anda baca

Bolehkah Makan Nasi Merah Setiap Hari?

Nasi merah kerap dijadikan pengganti nasi putih saat seseorang sedang diet. Namun, jangan asal makan nasi merah setiap hari tanpa tahu hal berikut ini.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Nutrisi, Hidup Sehat 28/05/2020

3 Rumus Menjalani Lebaran Sehat

Di antara silaturahmi dan makan di banyak rumah, dikelilingi sajian Lebaran penuh lemak dan kolesterol, kita bisa tetap menjalaninya dengan sehat, lho.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Maizan Khairun Nissa
Hari Raya, Ramadan 21/05/2020

3 Resep Menu Makan Sahur untuk Diet Keto Tanpa Ribet

Sedang diet keto, tapi bingung mau sahur pakai apa? Tenang, berbagai resep menu sahur untuk diet keto berikut mungkin bisa jadi inspirasi Anda esok hari. 

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Hari Raya, Ramadan 16/05/2020

Mengulik Manfaat Kacang Brazil bagi Kesehatan

Kacang brazil kaya akan lemak sehat, selenium, serat, dan antioksidan. Ini sederet manfaat kacang brazil bagi kesehatan Anda.

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Nutrisi, Hidup Sehat 15/05/2020

Direkomendasikan untuk Anda

memilih kosmetik untuk kulit sensitif

Tips Memilih Kosmetik yang Aman bagi Kulit Sensitif

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 04/06/2020
makan di luar rumah saat pandemi

Amankah Makan di Luar Rumah di Tengah Pandemi?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 02/06/2020
sakit tangan main hp

Mengatasi Sakit Tangan Akibat Terlalu Sering Main HP

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 01/06/2020
resep membuat bakwan

4 Resep Membuat Bakwan di Rumah yang Enak Tapi Sehat

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020