Suplemen dan Vitamin untuk Meningkatkan Kualitas Seks

Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 22/05/2020
Bagikan sekarang

Mungkin Anda sering mendengar penawaran berbagai vitamin dan suplemen untuk menambah stamina tubuh saat berhubungan seks. Ada beberapa produsen yang menawarkan jasa obat penguat agar peforma Anda di ranjang semakin baik saja. Tapi, benarkah obat-obat tersebut aman untuk dikonsumsi? Tidak jarang baik perempuan dan laki-laki sering mencari bantuan untuk meningkatkan gairah seksual saat  mengalami penurunan libido akibat masalah kesehatan. Padahal, tanpa “obat kuat” pun, ada beberapa mineral dan vitamin untuk meningkatkan kualitas seks yang bisa Anda konsumsi. Perempuan dan laki-laki memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, maka jenis zat yang digunakan untuk menambah stamina pun akan berbeda. Apa yang berhasil pada laki-laki belum tentu berhasil pada perempuan. Ingin tahu vitamin apa saja? Simak berikut ini.

BACA JUGA: Berbagai Penyebab Libido Rendah Pada Pria

Apa saja vitamin untuk meningkatkan kualitas seks perempuan?

Berikut ini adalah beberapa zat dan vitamin yang diperlukan oleh tubuh:

1. Zat besi

Jika Anda kekurangan zat besi, mungkin libido Anda pun akan meredup. Tidak hanya berpengaruh pada hasrat seksual saja, kekurangan zat besi juga dapat mempengaruhi kemampuan pelumas vagina secara alami dan kemampuan untuk orgasme. Beberapa perempuan mengalami perbaikan performa ketika nutrisi zat besi dalam tubuh mereka diperbaiki. Namun, perlu diingat, kelebihan zat besi juga tidak baik untuk tubuh Anda, sebab dapat menyebabkan sembelit dan berbagai permasalahan perut. Ketika Anda mengonsumsi sekitar 20 mg zat besi per hari, maka ini sudah dianggap berlebihan. Apalagi ketika Anda mengonsumsinya lebih dari 60 mg sehari, hal tersebut dapat mengancam nyawa Anda.

BACA JUGA: 9 Cara Mengatasi Libido Rendah pada Wanita

2. Tribulus terrestris

Anda bisa memanfaatkan tanaman Tribulus terrestris. Tanaman ini berasal dari buah yang menghasilkan tanaman Mediterranean, yang dilapisi dengan duri. Hampir semua bagian dari tanaman ini digunakan sebagai obat, seperti akarnya, daunnya, atau buahnya. Diduga tanaman ini memang dapat mendorong hasrat seksual. Hal tersebut diperkuat dengan sebuah penelitian yang dikutip webMD. Perempuan yang mengalami rendahnya hasrat seksual, lalu mengonsumsi sekitar 7,5 mg Tribulus terrestris setiap hari selama 4 minggu, terbukti mengalami perbaikan performa seks. Tidak hanya pada hasrat saja, tetapi juga pada kemampuan lubrikasi alami, orgasme, dan kepuasan yang mereka dapatkan selama berhubungan seks.

Jika Anda sedang dalam kondisi hamil dan menyusui, sebaiknya Anda menghindari mengonsumsi suplemen yang berbahan tanaman ini, sebab dapat mengganggu perkembangan janin. Efek samping lainnya dapat berupa kurang tidur dan menstruasi yang tidak teratur.

7 Mitos Seputar Orgasme dan Ejakulasi Wanita

3. Maca (ginseng Peru)

Bahan yang satu ini juga dapat membantu Anda yang kehilangan hasrat seksual. Maca termasuk ke dalam ginseng, maka termasuk juga ke dalam sayuran, sehingga aman untuk dikonsumsi. Anda mesti berhati-hati, jika  memiliki kondisi estrogen sensitif yang dapat memicu kanker. Mengapa demikan? Mengonsumsi Maca dapat meningkatkan level estrogen Anda. Jadi, sebelum Anda mengonsumsi suplemen ini, sebaiknya Anda menanyakannya terlebih dahulu pada dokter Anda.

Apa saja vitamin untuk meningkatkan kualitas seks laki-laki?

Beberapa suplemen yang direkomendasikan mungkin diperlukan karena adanya permasalahan pada kemampuan ereksi. Tentu hal ini bisa terjadi karena pengobatan medis, seperti efek dari obat darah tinggi dan depresi. Berikut ini beberapa suplemen yang direkomendasikan, dengan catatan, Anda mendiskusikannya dulu dengan dokter:

BACA JUGA: Penyebab Vagina Berdarah Setelah Berhubungan Seksual

1. L-arginine

Impotensi terjadi karena buruknya kemampuan sirkulasi penis. Oksida nitrat dapat membesarkan pembuluh darah, kandungan ini terdapat di dalam L-arginine. Kandungan tersebut berasal dari asam amino, di tubuh Anda asam amino diubah menjadi oksida nitrat. Berdasarkan sebuah penelitian, satu hingga tiga laki-laki yang mengonsumsi  5 g L-arginine per hari selama 6 minggu mengalami perubahan kemampuan ereksi.

2. Propionil-L-karnitin

Suplemen ini membantu sildenafil (Viagra) lebih efektif bagi laki-laki penderita diabetes dan impotensi. Penelitian menguji laki-laki yang mengonsumsi sildenafil dengan menambahkan 2 g Propionil-L-karnitin per hari mendapatkan hasil yang lebih baik. Hal ini disebabkan karnitin meningkatkan aliran darah Anda. Tapi, Anda perlu berhati-hati sebab efek samping yang ditimbulkan dapat berupa mual, muntah, dan permasalahan pada perut.

3. SAM-e

Antidepresan dapat mengurangi libido Anda, tapi Anda tidak perlu khawatir. SAM-e (S-adenosyl methionine) mampu mengatasi depresi tanpa memiliki efek samping pada kehidupan seksual Anda. Pada penelitian yang dikutip oleh webMD, laki-laki yang mengonsumsi SAM-e untuk mengganti antidepresan mereka, mengalami peningkatan hasrat seksual dan kemampuan ereksi. Anda tetap perlu meminumnya dengan anjuran dokter, sebab kelebihan dosis dapat menyebabkan insomnia, pening, dan sakit kepala.

Adakah vitamin lainnya yang dapat meningkatkan kualitas seks?

Ya, ada. Anda bisa mencari alternatif lainnya, seperti berikut ini:

  • Vitamin E merupakan antioksidan yang kuat, serta mampu meningkatkan sirkulasi darah. Sirkulasi sendiri merupakan komponen yang penting dalam bagi kegiatan seksual. Anda bisa menemukan vitamin ini pada kacang tanah, bayam, mangga, dan tomat.
  • Vitamin C dibutuhkan oleh vitamin E agar mencapai manfaat sirkulasi pada arteri. Vitamin E  membutuhkan vitamin C untuk diurai dalam tubuh. Tentu, Anda tahu bahwa berbagai macam jeruk kaya akan vitamin C.
  • Vitamin B-kompleks dapat meningkatkan gairah seksual juga. Sama halnya dengan vitamin E, vitamin B-kompleks dapat mempengaruhi aliran darah. Selain itu, vitamin B-12 dapat mengatasi depresi, sehingga Anda pun akan kembali bergairah.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Berbagai Bahaya yang Ditimbulkan Akibat Melakukan Aborsi Sendiri

Tahukah Anda, bahwa melakukan aborsi sendiri dapat menyebabkan munculnya penyakit ganas pada sang ibu? Itulah penyebab utama dari kematian ibu di dunia.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Melahirkan, Kehamilan 01/04/2020

6 Tanda Pasangan Anda Selingkuh

Sikap pasangan yang berubah drastis bisa menjadi tanda-tanda bahwa ia sedang selingkuh. Apa saja tanda-tanda yang bisa diperhatikan?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph

Suami Tiba-tiba Mengaku Gay, Apa yang Harus Saya Lakukan?

Suami akhirnya mengaku bahwa ia gay setelah Anda mencurigai tanda dan sikapnya selama ini. Apa yang bisa istri lakukan pada situasi ini?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph

Mengatasi Trauma Memulai Hubungan Baru Setelah Bercerai

Setelah bercerai, pasti banyak orang yang mengalami trauma dan takut memiulai hubungan baru. Bagaimana cara mengatasi trauma setelah bercerai?

Ditulis oleh: Novita Joseph

Direkomendasikan untuk Anda

air mani keluar saat puasa

4 Cara Mencegah Keluar Air Mani Saat Puasa

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 17/05/2020
cara membersihkan vibrato mainan seks sex toys

Begini Cara yang Benar Membersihkan Vibrator

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 05/05/2020
efek samping pakai vibrator terlalu sering

Kalau Terlalu Sering Pakai Vibrator, Apa Efek Samping yang Ditimbulkan?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 26/04/2020
seks memperlambat menopause

Rutin Berhubungan Seks Bisa Memperlambat Datangnya Menopause

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 03/04/2020