Apakah Wanita Menopause Masih Bisa Mencapai Orgasme?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Wanita yang akan atau sudah memasuki masa menopause sering mengeluhkan beberapa perubahan dalam tubuhnya. Selain karena kesehatan fisiknya mulai menurun, mereka juga mulai cemas dengan kehidupan seksualnya bersama pasangan. Beberapa wanita merasa takut kalau nantinya mereka tidak bisa orgasme lagi jika berhubungan seks saat menopause. Benarkah demikian? Simak faktanya berikut ini.

Apakah saya masih bisa orgasme jika berhubungan seks saat menopause?

arti seks

Masa menopause memang akan membawa banyak perubahan pada kehidupan seksual Anda dan pasangan. Mulai dari penurunan libido alias gairah seksual, kehilangan minat untuk berhubungan seks, hingga susah orgasme.

Hal ini diungkapkan oleh dr. Virginia A. Sadock, seorang psikiater sekaligus pimpinan Program in Human Sexuality and Sex Therapy di New York University’s Langone Medical Center.

Seiring bertambahnya usia, kadar hormon estrogen alias hormon seks pada wanita akan menurun drastis. Hal ini menyebabkan lapisan vagina menjadi tipis (atrofi vagina) dan vagina kering.

Kondisi ini mengakibatkan aliran darah menuju klitoris dan vagina jadi terhambat, sehingga kedua organ reproduksi ini menjadi kurang sensitif dibandingkan sebelumnya. Itulah mengapa, kebanyakan wanita sering merasakan sakit jika berhubungan seks saat menopause.

Kalau berhubungan seksual saja Anda merasa sakit, maka Anda tentu tidak bisa menikmati gairah bercinta, apalagi untuk mencapai orgasme. Terlebih lagi, beberapa wanita menopause mengungkapkan bahwa mereka mengalami penyusutan klitoris sehingga membuatnya semakin sulit mencapai orgasme, seperti dikutip dari Huffington Post.

Meski begitu, nyatanya tidak semua wanita akan mengalami penurunan gairah seks saat menopause, lho. Pasalnya, sebagian wanita lainnya justru merasa semakin bergairah saat bercinta. Bahkan, peluang terjadinya orgasme bisa berkali-kali lipat daripada sebelum Anda mengalami menopause.

Kenapa wanita menopause masih bisa orgasme saat bercinta?

penyebab wanita susah orgasme

Semakin tua, berarti Anda semakin sering dan tambah banyak pengalaman dalam berhubungan seks bersama pasangan. Anda berdua mungkin sudah mencoba berbagai posisi, teknik, fantasi, menggunakan mainan seks, hingga mencoba berbagai posisi seks yang nyaman untuk Anda berdua.

Banyaknya pengalaman seksual itulah yang membuat organ intim Anda jadi semakin mudah terangsang. Jadi, bukan suatu hal yang mustahil bagi Anda untuk bisa mencapai orgasme dengan mudah, meskipun sudah menopause.

Terlebih lagi, Anda juga sudah tidak khawatir lagi akan mengalami kehamilan saat berhubungan seks. Beda dengan saat Anda masih berada di usia subur, hubungan seks terkadang membuat Anda cemas akan kebobolan dan hamil lagi. Dengan begitu, Anda bisa berhubungan intim dengan lebih bebas, juga lebih mudah mencapai orgasme.

Bagaimana caranya mencapai orgasme meski sudah menopause?

aktif berhubungan seks lansia

Berhubungan intim adalah salah satu cara bagi pasangan suami istri untuk menjaga keharmonisan rumah tangga. Tidak hanya memberikan kebahagiaan tersendiri, seks juga dapat mempererat kepercayaan Anda berdua, lho.

Walaupun Anda sudah menopause, Anda masih bisa merasakan nikmatnya bercinta dan meraih orgasme hebat yang diidam-idamkan. Hanya saja, Anda mungkin membutuhkan beberapa rangsangan tambahan untuk bisa mencapai orgasme itu sendiri.

Berbagai cara mudah yang bisa dilakukan untuk mencapai orgasme jika berhubungan seks saat menopause adalah:

1. Gunakan bantuan mainan seks

Sebelum melakukan penetrasi, Anda bisa memanfaatkan vibrator atau mainan seks untuk menambah rangsangan langsung pada klitoris. Anda juga bisa meminta bantuan pasangan Anda untuk mengeksplor area-area sensitif pada tubuh Anda untuk memudahkan Anda mencapai orgasme.

2. Saling terbuka dengan pasangan

Meski sudah menopause, usahakan untuk tetap berhubungan seksual dengan pasangan secara rutin. Pasalnya, hal ini dapat membantu menjaga menjaga otot vagina tetap kencang, lentur, dan memuaskan saat berhubungan intim.

Bicarakan dengan pasangan mengenai teknik foreplay dan posisi seks yang membuat Anda berdua nyaman. Semakin Anda terbuka dengan pasangan, semakin mudah pula bagi Anda berdua untuk mencapai orgasme.

Namun, sebetulnya kepuasan tak melulu harus lewat penetrasi, melainkan bisa juga melalui sentuhan yang menggairahkan. Jadi, bila Anda atau pasangan sudah enggan berhubungan seks, Anda berdua masih bisa saling kelonan untuk meningkatkan keintiman. Dengan begitu, Anda berdua pun dapat menikmati waktu bercinta dengan maksimal dan menggairahkan.

3. Olahraga rutin

Olahraga dapat membantu melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk aliran darah ke alat kelamin. Semakin lancar aliran darah ke klitoris dan vagina, maka semakin mudah pula bagi Anda untuk meraih orgasme yang diidam-idamkan.

Cobalah untuk kembali rutin berolahraga bersama pasangan. Misalnya dengan berjalan kaki, berenang, atau melakukan senam Kegel untuk wanita dan pria. Selain untuk meningkatkan gairah seksual di ranjang, olahraga bersama pasangan juga bisa menambah keharmonisan rumah tangga Anda berdua.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca