Cara Cepat Hilangkan Pegal Linu Sehabis Bercinta

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 18/12/2019 . 3 menit baca
Bagikan sekarang

Tidak jarang Anda dan pasangan bisa merasa pegal linu, di samping merasa lebih cinta dan puas, setelah berhubungan seks. Apa yang menyebabkan badan pegal linu sehabis bercinta? Bagaimana cara meredakan pegal-pegal tersebut?

Penyebab berhubungan seks bikin pegal linu

Ada beberapa hal yang menyebabkan tubuh terasa pegal dan linu setelah berhubungan seks.

Pertama, hal ini bisa disebabkan karena Anda dan pasangan salah posisi. Posisi seks yang tidak nyaman cenderung akan terus menerus menekan otot-otot bagian tubuh tertentu yang pada akhirnya membuat pegal linu. Misalnya pada posisi bercinta yang mengharuskan Anda atau pasangan melipat dan menekukkan badan atau menggantung dan mengangkat kaki.

Selain itu, terlalu lama mempraktikkan gaya seks tertentu juga bisa bikin badan pegal-pegal. Misalnya pada kasus gaya seks misionaris. Misionaris mengharuskan pria untuk aktif bergerak menggerakkan pinggulnya maju mundur saat penetrasi. Apabila terlalu lama di posisi ini, niscaya pinggang akan terasa linu dan pegal.

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mencoba variasi gaya yang berbeda saat bercintya. Contohnya dikombinasi dengan posisi woman on top. Selain bisa bergantian dengan wanita untuk mengambil alih permainan, posisi ini juga bisa memberikan istirahat pada pinggul dan pinggang pria.

Mengatasi pegal linu sehabis berhubungan seks

Untuk mengatasi badan yang sakit pegal linu sehabis berhubungan seks, Anda bisa melakukan beberapa penanganan sementara.

Menurut Berkeley Wellnes, seks bisa membakar 100-200 kalori yang dapat dikategorikan sebagai olahraga intensitas sedang. Maka itu, cara mengatasi pegal linu setelah seks bisa disamakan dengan cara mengatasi pegal sehabis berolahraga.

Berikut adalah cara meredakan pegal linu sehabis bercinta:

1. Mandi air dingin

Mandi air dingin atau berendam air es dipercaya dapat meredakan pegal-pegal di otot. Cara ini pada dasarnya sering digunakan untuk mengatasi kondisi sakit otot sehabis berolahraga.

Akan tetapi, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mandi air dingin sehabis berhubungan seks. Mandi air dingin dipercaya dapat membantu menenangkan nyeri otot setelah bercinta yang hebat dan melelahkan.

2. Oles balsem atau tempel koyo

Beberapa jam setelah berhubungan seks dan mulai timbul rasa pegal linu di lengan atau paha, Anda bisa mengoleskan balsem atau koyo di area yang nyeri. Rasa panas dari balsem dan koyo dapat merangsang aliran darah dan melemaskan otot-otot yang nyeri. Efek ini dapat membantu mempercepat proses penyembuhan pegal linu.

3. Pijat

Anda juga bisa melakukan pijat untuk meredakan pegal linu sehabis berhubungan seks. Beberapa efek sentuhan dari pijat dapat membantu meringankan otot yang tegang dan nyeri

Selama dipijat, terapis akan menggunakan gerakan lambat dan tekanan jari yang dalam untuk meredakan ketegangan dari lapisan dan jaringan ikat otot Anda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kenapa Kita Merasa Mual Saat Sedang Gugup?

Saat harus tampil di depan umum atau mau kencan pertama, tiba-tiba perut jadi sangat mual karena gugup. Mengapa bisa begitu dan bagaimana cara mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Fakta Unik 21/06/2020 . 6 menit baca

10 Makanan Terbaik untuk Anda yang Cepat Lapar

Anda sering merasa lapar atau ingin mengunyah sesuatu meski sudah makan? Sudah saatnya mencoba menu makanan berikut ini agar Anda tidak cepat lapar.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 21/06/2020 . 5 menit baca

9 Makanan yang Ampuh Mengusir Perut Kembung

Perut kembung atau begah pasti sangat mengganggu. Untuk segera meredakan rasa tidak nyaman, siapkan berbagai makanan berikut untuk mengusir perut kembung.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 20/06/2020 . 6 menit baca

Keluar dari Lubang Hitam Anda Lewat Psikoterapi

Sedang mengalami masa sulit yang seakan mengisap energi dan pikiran Anda ke dalam lubang hitam? Psikoterapi bisa membantu Anda mencari solusinya.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Psikologi 20/06/2020 . 5 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

gejala penyakit yang diacuhkan

8 Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Anda Abaikan

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 03/07/2020 . 4 menit baca
kacang almond

Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 5 menit baca
menjaga kebersihan diri

Apakah Anda Termasuk Orang yang Cukup Bersih? Cek Dulu di Sini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 22/06/2020 . 5 menit baca
apa itu kolesterol

7 Hal yang Paling Sering Ditanyakan Tentang Kolesterol

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 22/06/2020 . 5 menit baca