home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

7 Penyebab yang Membuat Luka Tak Sembuh-sembuh

7 Penyebab yang Membuat Luka Tak Sembuh-sembuh

Apakah Anda sedang mengalami luka atau cedera saat ini? Dan apakah Anda merasa bahwa luka Anda tidak sembuh-sembuh? Proses penyembuhan cedera atau luka tidak bisa diremehkan. Mungkin pada awalnya Anda berpikir bahwa luka atau cedera Anda akan pulih dan sembuh dengan sendirinya. Tetapi sebenarnya banyak hal yang dapat mempengaruhi proses penyembuhan luka tersebut, terutama mempengaruhi cepat atau tidaknya waktu penyembuhan.

Lalu apa saja yang membuat cedera Anda tidak sembuh-sembuh dalam waktu yang lama? Berikut adalah alasannya.

1. Ada infeksi

Jika luka dan cedera mengalami infeksi, maka proses penyembuhannya akan memakan waktu yang lama. Infeksi terjadi akibat adanya bakteri dan virus yang tumbuh di sekitar luka. Hal ini biasanya menyebabkan luka mengeluarkan cairan atau menjadi basah. Demam juga termasuk dari gejala infeksi yang sering timbul. Biasanya jika infeksi tidak terlalu parah maka dokter akan memberikan resep obat antibiotik untuk Anda. Tetapi jika luka infeksi cukup parah, bukan tidak mungkin akan dilakukan operasi untuk menghilangkan bagian yang terkena infeksi.

BACA JUGA: Kulit Gatal Tanpa Sebab? Mungkin Anda Sedang Stres

2. Makan terlalu sedikit

Apabila Anda makan terlalu sedikit? Makan yang tidak sesuai dengan kebutuhan akan membuat proses penyembuhan memakan waktu yang lama. Bahkan pada orang yang mengalami luka dan cedera yang serius, kebutuhan energinya dalam sehari bisa bertambah sekitar 15-50% dari kebutuhan normalnya. Dalam hal ini, makanan diubah menjadi energi di dalam tubuh kemudian menjadi sumber energi utama untuk memperbaiki jaringan, menutup luka, dan menyembuhkan luka. Sehingga, jika Anda tidak makan yang cukup, bahan bakar untuk menyembuhkan luka tidak tersedia dan membuat luka menjadi lama sembuh.

3. Kurang beberapa jenis zat gizi yang diperlukan dalam penyembuhan luka

Makanan yang sehat dan bergizi adalah salah satu kunci untuk mempercepat proses penyembuhan luka ataupun cedera. Zat gizi yang berperan penting dalam proses penyembuhan luka adalah:

Protein. Zat gizi makro ini berguna untuk memperbaiki jaringan dan sel yang rusak serta membangun jaringan yang baru di dalam tubuh. Jika luka atau cedera menyebabkan jaringan di dalam tubuh terluka, maka protein sangat dibutuhkan untuk

Vitamin dan mineral, seperti vitamin A, B, C, D, kalsium, seng, magnesium, serta zat besi adalah zat gizi mikro yang dibutuhkan dalam proses penyembuhan luka. Zat gizi mikro tersebut membantu tubuh untuk meregenerasi sel dan jaringan yang rusak, menurunkan tingkat peradangan yang terjadi, menjaga sistem kekebalan tubuh tetap normal, serta menguatkan jaringan yang baru diperbaiki.

Jadi, Anda perlu mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang untuk mempercepat proses penyembuhan. Porsi yang sesuai serta pemilihan sumber bahan makanan yang tepat dapat membuat luka Anda sembuh lebih cepat.

BACA JUGA: Protein Nabati dan Protein Hewani, Manakah yang Lebih Baik?

4. Tidur dan istirahat tidak cukup

Tidur adalah salah satu pertahanan tubuh terbaik dan memainkan peran penting dalam meregenerasi serta memperbaiki jaringan. Ketika Anda tidur, tubuh akan menghasilkan berbagai hormon yang berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menguatkan tulang, serta meningkatkan massa otot. Jika waktu tidur terganggu, maka tubuh kehilangan kesempatan untuk melakukan semua hal itu. Salah satu dampaknya adalah lambatnya proses penyembuhan luka atau cedera.

5. Merokok

Kebiasaan merokok tidak hanya berbahaya bagi kesehatan secara keseluruhan, tetapi dampak merokok juga bisa menyebabkan penyembuhan luka menjadi lambat. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari National Center for Biotechnology Information, nikotin yang terkandung di dalam rokok bisa menurunkan aliran darah ke kulit. Aliran darah yang berkurang di sekitar luka atau cedera membuat luka tidak mendapatkan makanan serta zat gizi yang akan dipakai untuk penyembuhan luka.

BACA JUGA: Di Bawah 18 Tahun Sudah Mulai Merokok? Ini Dampaknya

6. Mengonsumsi obat-obatan tertentu

Faktanya, mengonsumsi obat-obatan tertentu juga dapat memperlambat proses penyembuhan luka. Contoh jenis obat yang dapat memperlambat penyembuhan adalah obat antiinflamasi-nonsteroid, obat anti-koagulan yaitu obat untuk menghambat pembekuan darah, kortikosteroid yaitu obat yang berfungsi untuk menekan sistem kekebalan tubuh, dan obat kemoterapi. Jika Anda mengonsumsi obat-obatan tersebut dan sedang mengalami cedera atau luka, maka sebaiknya diskusikan hal ini pada dokter yang merawat Anda.

7. Meminum alkohol

Meminum alkohol ketika mengalami cedera atau luka ternyata dapat menghambat perkembangan dan perbaikan otot. Selain itu, seseorang yang mengonsumsi alkohol akan mengalami dehidrasi, kekurangan energi karena energi yang masuk dipakai untuk merespon efek yang timbul akibat minum alkohol, serta menghambat dan mengurangi kemampuan tubuh untuk menghasilkan energi.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Dionne, C. (2017). 7 Reasons Your Injury Is Not Getting Any Better. [online] Breaking Muscle. Available at: https://breakingmuscle.com/learn/7-reasons-your-injury-is-not-getting-any-better  [Accessed 5 Jan. 2017].

Tissue, A. (2017). Reasons Why Your Wound Won’t Heal – Advanced Tissue. [online] Advanced Tissue. Available at: http://www.advancedtissue.com/reasons-why-your-wound-wont-heal/  [Accessed 5 Jan. 2017].

Foto Penulis
Ditulis oleh Nimas Mita Etika M
Tanggal diperbarui 08/01/2017
x