Kenali Kelebihan dan Kekurangan Panti Jompo untuk Lansia

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 30/04/2020 . Waktu baca 6 menit
Bagikan sekarang

Bagi beberapa orang ketika mendengar kata panti jompo mungkin merasakan perasaan yang tidak menyenangkan. Bagaimana tidak, kebanyakan panti jompo yang digambarkan di film dan tayangan TV keberadaan para lansia di sana yang terlihat tidak bahagia. Padahal, panti jompo untuk lansia memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. 

Yuk, kenali apa saja yang membuat panti jompo menjadi pilihan alternatif untuk menitipkan lansia dan mengapa ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan.

Panti jompo untuk lansia

rehabilitasi medik lansia

Dilansir dari National Institute on Aging, panti jompo atau panti werdha adalah sebuah fasilitas yang menawarkan kesehatan dan perawatan pribadi. Fasilitas ini ditujukan kepada lansia yang sudah berusia di atas 70 tahun. 

Sebagian besar panti jompo berisi oleh mereka yang tidak memiliki pasangan, entah itu bercerai, tidak pernah menikah, atau ditinggal mati. Ada pula lansia memilih untuk berada di panti jompo meskipun memiliki teman atau anggota keluarga. 

Bagi lansia yang ingin menghabiskan sisa hidupnya di panti jompo tentu mempunyai alasan tertentu. Umumnya, mereka yang mengalami masalah kesehatan dan kesulitan menjalani kehidupan sehari-hari sendirian, seperti mandi dan berpakaian, memilih untuk tinggal di panti. 

Selain mempunyai masalah pada kesehatan fisik, ternyata kondisi mental juga memengaruhi mengapa panti jompo tersedia untuk lansia. Sebagai contoh, demensia adalah masalah kesehatan mental yang paling umum.

Maka itu, lebih dari tiga perempat penghuni panti jompo bermasalah terhadap ingatan dan tidak mengetahui posisi mereka saat itu dari waktu ke waktu. 

Kelebihan panti jompo untuk lansia

Dahulu mungkin panti jompo tidak menjadi idola untuk lansia karena kurangnya perhatian pemerintah terhadap fasilitas ini. Akan tetapi, seiring dengan kemajuan teknologi dan bertambahnya dana, banyak panti jompo yang mempunyai fasilitas yang lengkap dan memadai sebagai tempat tinggal sementara. 

Berikut beberapa kelebihan yang bisa diperoleh melalui panti jompo untuk para orang yang sudah tua. 

1. Memiliki pelayanan medis tingkat lanjut

pengobatan kanker untuk lansia
Sumber: Aging in Places

Salah satu kelebihan dari panti jompo untuk para lansia yang membuat mereka memilih fasilitas ini adalah menawarkan perawatan medis tingkat lanjut. 

Umumnya, panti jompo memiliki pelayanan medis yang mirip dengan yang ditawarkan di rumah sakit. Para lansia yang baru saja menjalani operasi atau pengobatan masalah kesehatan lainnya biasanya mendapatkan perawatan di sini. 

Hal ini dikarenakan orang tua membutuhkan tingkat perawatan lebih tinggi, sedangkan masa rawat inap di rumah sakit jauh lebih pendek daripada sebelumnya.

Pelayanan kesehatan di setiap panti jompo tentu akan bervariasi, tetapi biasanya meliputi beberapa hal di bawah ini:

  • menyediakan perawat yang terampil
  • perawatan ortopedi, seperti masalah otot, sendi, dan tulang
  • pengobatan untuk gangguan pernapasan
  • perawatan setelah operasi, seperti perawatan luka
  • terapi antibiotik dan intravena

Tidak hanya memperhatikan kesehatan fisik, ada beberapa panti jompo yang menyediakan konseling gizi, pekerjaan sosial, dan kegiatan rekreasi. Hal ini bertujuan agar para lansia merasa sehat dan nyaman menjalani hari-hari di panti jompo tanpa perlu mengkhawatirkan kondisi kesehatannya.

2. Berinteraksi dengan orang lain

orang tua puasa

Selain memperoleh perawatan kesehatan tingkat lanjut, kelebihan lainnya dari panti jompo untuk lansia adalah mereka dapat berinteraksi dengan orang lain.

Begini, kebanyakan lansia mungkin memilih untuk hidup terpisah dari anak dan cucunya agar tidak merepotkan mereka. Namun, tidak sedikit dari mereka yang mungkin kesepian karena berada di rumah seorang diri atau berdua dengan pasangan dan sesekali ditemani perawat.

Dengan berada di panti jompo, para lansia akan lebih sering bertemu dengan orang yang seumuran dengan mereka. Hal ini dikarenakan panti jompo sering mengadakan acara dan kegiatan yang memungkinkan penghuninya bersosialisasi satu sama lain. 

Berbicara dan menghabiskan waktu dengan orang lain memang cukup penting, terutama agar lansia lebih sehat dan bahagia. Pasalnya, seiring dengan bertambahnya usia, orang cenderung sulit memiliki teman seusia yang bisa diajak berbicara.

3. Menjalani aktivitas harian yang teratur

latihan keseimbangan lansia

Pada saat lansia tinggal di rumah bersama anaknya atau justru sendirian, mungkin mereka akan lebih cepat merasa bosan. Bagaimana tidak, kondisi tubuh membuat mereka tidak bisa banyak bergerak selayaknya saat masih muda.

Panti jompo untuk lansia menghadirkan aktivitas harian yang teratur. Mulai dari bangun pagi, sarapan, senam bersama, hingga malam hari diatur oleh pengelola.

Setiap orang memang akan merespons keteraturan dengan berbeda karena ada beberapa orang yang menyukainya dan ada pula yang tidak.

Keuntungan dari panti jompo ini membantu lansia mengingat hal-hal dan mungkin tidak membuat mereka bosan. Namun, semuanya tergantung dari kegiatan yang ditawarkan oleh panti jompo dan bagaimana respons lansia dalam menjalani aktivitas tersebut.

Kekurangan panti jompo 

penyebab lansia susah makan

Keuntungan yang ditawarkan dari panti jompo untuk para lansia memang beragam. Namun, tidak menutup kemungkinan adanya hal yang membuat orang memilih untuk tidak tinggal di sana. 

Panti jompo dapat membuat beberapa lansia semakin depresi. Hal ini mungkin dikarenakan mereka merasa ‘kebebasan’ dicabut dengan berada di fasilitas ini. Misalnya, tidak dapat memilih menu makanan harian atau kegiatan yang mereka sukai hari itu.

Selain itu, ada kemungkinan bahwa panti jompo memiliki pelayanan yang tidak berkualitas dibandingkan ketika para lansia berada di rumah sendiri atau bersama perawat. Akibatnya, orang yang sudah tua ini bukannya lebih sehat, justru mereka lebih sering jatuh sakit.

Panti jompo mungkin akan terlihat menakutkan atau tidak menyenangkan untuk para lansia. Belum lagi perasaan dikhianati atau merasa ditelantarkan ketika berada di sana.

Oleh karena itu, anggota keluarga perlu terlibat dalam keputusan, apakah lansia perlu ditempatkan di panti jompo atau tidak.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Perkuat Otak Lansia dengan Rutin Melakukan Aktivitas Sehat Ini

Berkurangnya kemampuan ingatan jangka pendek adalah proses penuaan yang normal bagi lansia. Namun, bagaimana jika ada aktivitas sehat untuk otak lansia?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hidup Sehat, Perawatan Lansia 10/05/2020 . Waktu baca 5 menit

Masalah Tidur Lansia: Sering Mengantuk dan Banyak Tidur Siang

Lansia sering memiliki masalah tidur, terlihat mengantuk dan banyak tidur di siang hari. Kalaupun tidak tertidur, lansia sering menguap dan terlihat lesu.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Hidup Sehat, Perawatan Lansia 27/04/2020 . Waktu baca 4 menit

Apakah Setiap Lansia Harus Menjalani Rehabilitasi Medik?

Seiring bertambahnya usia, tiap orang menghadapi perubahan fungsi tubuh yang memengaruhi hidupnya. Di sinilah pentingnya rehabilitasi medik bagi lansia.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Hidup Sehat, Perawatan Lansia 21/04/2020 . Waktu baca 4 menit

Panduan Merawat Orangtua yang Sakit Diabetes

Kasus diabetes di Indonesia terbanyak dipegang oleh golongan lansia. Orangtua Anda salah satunya? Simak di sini cara merawat orangtua yang sakit diabetes.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Diabetes, Health Centers 15/11/2019 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Konten Bersponsor
gaya hidup sehat lansia

Menjalani Gaya Hidup Sehat, Kunci Lansia Bahagia di Hari Tua

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 10/08/2020 . Waktu baca 5 menit
obat prostat

Obat-obatan yang Bisa Digunakan untuk Mengatasi Penyakit Prostat

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 05/08/2020 . Waktu baca 8 menit
mempersiapkan kematian

Mendampingi Orang Terkasih Agar Tetap Tegar Sebelum Menemui Ajalnya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 20/07/2020 . Waktu baca 5 menit
Konten Bersponsor
persiapan puasa untuk lansia

3 Hal yang Harus Diperhatikan Lansia Saat Sahur dan Berbuka Puasa

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 05/06/2020 . Waktu baca 6 menit