Mengapa Wanita Punya Lebih Banyak Lemak Ketimbang Pria?

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 22 September 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Wanita punya banyak lemak ketimbang pria, apakah benar? Jika diperhatikan, memang rata-rata wanita sangat mudah berat badannya naik dan mudah gemuk dari pada pria. Bahkan walaupun seorang wanita yang selalu berolahraga dan mempunyai berat badan yang ideal, bisa tetap mempunyai lemak yang cenderung lebih banyak. Mengapa wanita punya banyak lemak?

Wanita punya banyak lemak akibat komposisi tubuh yang berbeda dengan pria

Wanita dan pria memang pada dasarnya memiliki komposisi tubuh yang berbeda dan lemak pada wanita lebih banyak jumlahnya. Pada wanita normal, jumlah lemak tubuhnya sekitar 20-25% dari total berat badannya. Sedangkan tubuh pria hanya mengandung rata-rata 10-15% lemak.

Tak hanya komposisi yang berbeda, masing-masing kelompok juga mempunyai cara masing-masing untuk memetabolisme lemak. Perbedaan metabolisme ini salah satunya diakibatkan oleh hormon reproduksi masing-masing kelompok. Hormon estrogen yang dimiliki wanita mempengaruhi bagaimana mereka menyimpan lemak di dalam tubuhnya. Sementara hormon testoteron yang dimiliki pria, membuat mereka menyimpan lemak lebih sedikit dibandingkan dengan wanita.

Bukan itu saja, lemak yang ada di dalam tubuh wanita juga lebih susah untuk dihilangkan ketimbang pria. Bahkan, dalam sebuah penelitian yang berasal dari University of Missouri yang melakukan penelitian pada wanita dan pria yang mengidap diabetes tipe 2 membenarkan pernyataan tersebut. Dalam penelitian tersebut diketahui bahwa wanita dapat mencapai kadar lemak yang sama seperti pria, jika mereka melakukan olaharaga 20% lebih keras dan lama dari pada pria. Dan lagi-lagi hal ini disebabkan oleh hormon yang dimiliki masing-masing kelompok.

Bisa dibilang, hormon testoteron yang ada di dalam tubuh pria memang ‘diatur’ agar cepat melepaskan lemak, dan sebaliknya pada wanita yang memiliki hormon estrogen serta progresteron

Kelebihan lemak ini akan menjadi cadangan energi wanita

Jangan iri dengan lemak pria yang lebih sedikit dari Anda. Lemak di dalam tubuh Anda sebenarnya memang dipersiapkan untuk digunakan suatu saat nanti. Ya, justru wanita harus memiliki banyak lemak karena saat memasuki masa kehamilan, persalinan, dan menyusui, lemak-lemak tersebut akan terpakai. Semua lemak yang berada di tubuh Anda, khususnya bagian bawah, akan berfungsi sebagai cadangan energi ketika Anda melahirkan dan menyusui. Melahirkan dan menyusui adalah masa-masa yang melelahkan bagi seorang ibu.

Ibu harus mengonsumsi makanan yang penuh energi dan berbagai zat gizi untuk menunjang kesehatannya dan bayinya. Cadangan lemak akan mencegah ibu mengalami kekurangan energi saat persalinan hingga menyusui. Bahkan semakin dekat waktu persalinan dan menyusui, maka hormon reproduksi ibu akan berubah untuk mempersiapkan kedatangan bayi.

Salah satu perubahan yang dilakukan adalah dengan menyimpan lemak lebih banyak dari sebelumnya, agar tetap ada cadangan energi. Jadi, jangan berpikiran buruk dahulu jika Anda memiliki banyak lemak di dalam tubuh, karena lemak adalah zat gizi yang Anda perlukan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

6 Tips Membantu Pasangan yang Malu Berhubungan Intim

Mau coba hal-hal baru di ranjang, tapi pasangan Anda malu berhubungan intim? Tenang, Anda bisa membangkitkan kehidupan seks Anda dengan beragam cara ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Seks & Asmara 28 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Begini Cara Menggunakan Tongkat Kruk yang Benar Saat Sedang Cedera Kaki

Ketika Ada mengalami cedera kaki, mungkin Anda akan diminta untuk menggunakan tongkat penyangga (kruk) untuk berjalan. Lalu bagaimana cara menggunakannya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Tips Sehat 28 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasi Psoriasis pada Kuku

Semua bagian tubuh bisa saja terserang psoriasis, termasuk kuku Anda. Simak ulasan lengkap tentang gejala dan perawatan psoriasis kuku dalam artikel ini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Penyakit Kulit, Psoriasis 28 September 2020 . Waktu baca 7 menit

Ensefalopati Uremikum, Komplikasi Gangguan Ginjal yang Menyerang Otak

Hati-hati jika punya riwayat penyakit ginjal kronis atau akut. Komplikasinya bisa merambat sampai otak, disebut dengan ensefalopati uremikum.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Urologi, Ginjal 25 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

kepribadian introvert ekstrovert kesehatan

Apakah Kepribadian Anda Introvert atau Ekstrovert? Ini Pengaruhnya untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 30 September 2020 . Waktu baca 4 menit
gangguan pencernaan anak

Gangguan Pencernaan yang Sering Dialami Bayi dan Anak-Anak

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 30 September 2020 . Waktu baca 10 menit
Seks dengan Lampu Menyala

6 Alasan Seks Lebih Menyenangkan dengan Lampu Menyala

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 29 September 2020 . Waktu baca 4 menit
kebugaran jantung

Cara Mudah Ukur Kebugaran Jantung dan Paru, Tak Perlu Periksa ke Rumah Sakit

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fauzan Budi Prasetya
Dipublikasikan tanggal: 29 September 2020 . Waktu baca 4 menit