Pentingnya Beralih ke Susu Organik untuk Tumbuh Kembang AnakIni adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Susu organik berperan sangat penting untuk pertumbuhan anak. Namun, apa yang membedakan susu organik dengan susu lain? Mengapa susu organik dianjurkan untuk mendukung tumbuh kembang anak yang lebih optimal? Yuk, simak pentingnya susu organik untuk pertumbuhan anak berikut ini. 

Mendorong perkembangan kecerdasan anak

manfaat susu organik untuk kecerdasan anak

Susu organik memiliki kandungan vitamin A dan vitamin E yang tinggi. Ini karena sapi penghasil susu makan dari rumput organik yang bermutu. Menurut sebuah penelitian dalam jurnal Molecular Nutrition & Food Research tahun 2010, vitamin A diyakini berpotensi untuk meningkatkan daya ingat dan kemampuan belajar.

Sedangkan studi lain dalam JAMA tahun 2014 menunjukkan bahwa vitamin E dapat membantu memelihara kesehatan otak. Hal ini diyakini karena vitamin E berperan sebagai antioksidan yang melindungi kerusakan otak akibat radikal bebas. Dengan otak yang sehat, kemampuan kognitif anak seperti berhitung, berbahasa, dan menjaga konsentrasi pun bisa terus diasah serta ditingkatkan.

Susu organik juga mengandung asam lemak omega 3 yang lebih banyak daripada susu lainnya. Asam lemak omega 3 ini memiliki peran yang cukup penting dalam perkembangan otak anak. Sebuah penelitian oleh para ahli di Sao Paulo, Brasil memperlihatkan bahwa mencukupi asupan omega 3 anak ternyata dapat mendukung fungsi kognitif otak (misalnya berpikir dan berbahasa). 

Susu organik mendukung pertumbuhan tulang anak

susu untuk anak yang aktif

Susu organik menawarkan kalsium dan fosfor yang tinggi sehingga baik untuk tulang anak Anda. Anak yang mendapatkan asupan kalsium yang cukup akan memiliki tulang yang kuat dan pertumbuhan yang lebih pesat.

Selain itu, minum susu juga dapat menurunkan risiko osteoporosis dan kanker usus besar. Jadi, pastikan Anda memberikan susu organik untuk anak untuk menunjang pertumbuhannya. 

Anak lebih semangat menjalani aktivitasnya

anak lelaki menghormati perempuan

Penelitian dalam British Journal of Nutrition tahun 2016 menguak bahwa susu sapi organik mengandung zat besi yang lebih banyak daripada susu sapi biasa. Zat besi sendiri bermanfaat untuk mendorong produksi hemoglobin, yaitu protein dalam sel darah merah.

Anak yang kekurangan zat besi atau hemoglobin umumnya jadi lemas, lesu, mudah sakit, dan pusing. Karena itu, minum susu organik yang kaya akan zat besi bisa membantu memenuhi asupan zat besi anak. Tubuh anak pun jadi lebih bugar dan berenergi sehingga ia lebih semangat menjalani aktivitasnya sehari-hari.

Susu organik mengajarkan anak untuk peduli lingkungan

terapi alam

Selain susu organik baik untuk pertumbuhan anak, ternyata susu ini juga bagus untuk mengajarkan mereka soal lingkungan sekitar. Mengapa demikian?

Susu organik dihasilkan dari peternakan sapi perah dengan perhatian yang sangat khusus. Sapi-sapi tersebut hanya memakan rumput organik bebas pestisida serta tidak disuntik tambahan hormon pertumbuhan maupun antibiotik. Selain itu, sapi organik juga dipisahkan dengan sapi biasa. Hal tersebut bertujuan agar mengurangi risiko infeksi pada ternak.

Nah, perhatian khusus inilah yang membuat anak Anda belajar bahwa sumber susu mereka sangat dirawat dengan baik dan kesejahterannya sangat diperhatikan. Oleh karena itu, susu organik tidak hanya membantu pertumbuhan si buah hati, melainkan juga meningkatkan kesadaran akan lingkungan sekitar.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca