Optimalkan Perkembangan dan Kesehatan Tulang Anak dengan Susu OrganikIni adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Susu sapi biasanya diberikan bagi anak untuk mendukung perkembangan tulang di masa pertumbuhannya. Nah, untuk membantu mengoptimalkan perkembangan tulang anak, orangtua bisa memberikan susu sapi organik yang alami dan sehat secara rutin. Kenapa lebih baik memilih susu organik? Yuk, cari tahu manfaat susu organik untuk kesehatan tulang anak dalam ulasan berikut ini.

Manfaat susu organik untuk pertumbuhan tulang anak

Susu sapi organik dapat membantu mencukupi kebutuhan zat gizi anak. Ini karena susu sapi organik dihasilkan dari sapi yang dibesarkan di peternakan organik. Pada peternakan organik, sapi diberi makan langsung dari padang rumput yang bebas pestisida atau pupuk kimia. Sapi juga tidak diberikan antibiotik maupun suntik hormon tambahan. Karena itu, kualitas susu yang dihasilkan dari ternak organik pun jauh lebih alami.

Lalu bagaimana susu sapi organik bisa menjaga kesehatan tulang anak? Begini penjelasannya.

1. Kaya kandungan kalsium

bayi minum susu organik

Manfaat susu sapi organik untuk anak dikaitkan erat dengan kandungan kalsium yang tentu baik untuk kesehatan tulang.

Kalsium adalah mineral yang bertugas untuk mengoptimalkan kekuatan serta kepadatan tulang, tak terkecuali pada anak. Setiap harinya, tubuh anak akan selalu mengeluarkan sedikit kalsium dari tulang dan kemudian menggantinya dengan kalsium baru.

Proses ini dikenal dengan nama remodeling process atau proses renovasi tulang. Jika tubuh anak terus mengeluarkan sejumlah kalsium tapi asupan kalsium tidak terpenuhi dengan baik, tentu lama-lama tulang akan semakin melemah dan tidak berkembang sempurna.

Kondisi tersebut akan membuat tulang kehilangan kekuatannya hingga akhirnya rentan sekali patah. Padahal, masa pertumbuhan seperti sekarang ini akan sangat menentukan struktur tulang anak hingga mereka tumbuh dewasa kelak.

Itulah mengapa penting untuk memberikan makanan dan minuman bergizi yang kaya kalsium bagi anak, sebagai simpanan di masa kini dan nanti. Nah, salah satu sumber kalsium yang sehat dan alami sekaligus mudah didapatkan yaitu susu sapi organik.

2. Tinggi kandungan zat besi

susu untuk anak

Penelitian yang dimuat dalam British Journal of Nutrition tahun 2016 mempelajari soal kandungan lainnya dalam susu organik. Penelitian tersebut menyebutkan bahwa susu sapi organik ternyata memiliki kandungan zat besi yang terbilang cukup tinggi, bahkan lebih tinggi daripada susu sapi biasa.

Sebuah penelitian tahun 2015 yang dimuat pada jurnal Nutrients mengemukakan risiko dari kurangnya asupan zat besi. Terlalu sedikit atau tidak terpenuhinya kebutuhan zat besi ternyata berpengaruh pada kesehatan tulang. Zat besi diperlukan untuk produksi kolagen dan proses pencernaan vitamin D dalam tubuh. Keduanya adalah faktor penting untuk membangun tulang anak. Karena itu, kekurangan zat besi bisa menimbulkan gangguan pada pasokan kolagen serta vitamin D yang diperlukan tulang.

Maka itu, salah satu cara untuk mendorong kesehatan dan pertumbuhan tulang anak yaitu dengan memberikan susu sapi organik yang kaya zat besi.

3. Mengandung prebiotik

minum susu pakai gelas

Bukan hanya kaya akan kandungan kalsium dan zat besi, susu sapi organik juga mengandung prebiotik.

Prebiotik adalah serat pangan yang bertugas untuk meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di dalam usus, sekaligus menghilangkan bakteri jahat.

Mengutip dari sebuah penelitian dalam Calcified Tissue Internationalada alasan khusus mengapa prebiotik di dalam susu sapi organik menawarkan manfaat untuk tulang. Kandungan prebiotik dapat bekerja untuk meningkatkan penyerapan kalsium dan magnesium di dalam tubuh.

Di sini, kalsium berperan dalam menjaga kekuatan tulang anak. Sementara itu magnesium dapat merangsang hormon kalsitonin, yaitu hormon yang bertugas untuk menyerap kalsium dari darah ke dalam tulang. Dengan begitu, struktur tulang anak pun akan terbangun dengan optimal.

Nah, sudah jelas bukan, mengapa susu organik sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan tulang anak? Untuk mendapatkan manfaat susu organik untuk tulang anak secara optimal, pastikan si kecil minum susu organik yang alami secara rutin tiap hari.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca