Meski Sering Dihindari, Ternyata Makan Malam Punya Manfaat Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 8 September 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Masing-masing waktu makan memiliki manfaat yang berbeda-berbeda bagi tubuh. Misalnya saja saat sarapan. Jam makan pada pagi hari ini bermanfaat sebagai asupan energi untuk memulai beragam aktivitas. Sedangkan makan siang bermanfaat sebagai sarana istirahat dari aktivitas untuk mengisi kembali energi dan rasa fokus pada pikiran. Nah kalau manfaat makan malam, apa ya?

Banyak orang yang justru menghindari makan malam karena dinilai sebagai pemicu kenaikan berat badan. Eits, tapi ternyata makan malam juga punya manfaat yang penting bagi tubuh, loh! 

Manfaat makan malam bagi kesehatan

1. Memberikan asupan energi

Makan malam adalah asupan energi terakhir bagi tubuh karena Anda tidak akan makan lagi setidaknya selama 10 jam ataupun lebih dari malam sampai waktu sarapan tiba. Oleh karena itu, Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki pasokan glukosa yang cukup dalam tubuh untuk digunakan sebagai bahan bakar selama tidur.

Sering kali, penyebab Anda sering terbangun di tengah malam adalah ketika kadar gula dalam darah mengalami penurunan. Hal ini membuat tubuh harus melepaskan cadangan glukosa yang disimpan tubuh sehingga menyebabkan Anda terbangun saat tidur, bahkan tak jarang justru menyebabkan susah tidur lagi.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka sangat penting untuk mengonsumsi makan malam yang tepat yang mana menggabungkan protein (daging, telur, kacang-kacangan) dan karbohidrat (kentang, pasta, nasi, sayur dan buah) agar nantinya mampu melepaskan glukosa secara stabil ke dalam aliran darah. 

2. Menstabilkan suasana hati

Selain mampu menstabilkan gula darah, makan malam yang benar juga diperlukan agar bisa mendapatkan asam amino yang tepat. Asam amino bekerja sebagai neurotransmiter yang mengangkut pesan ke sistem saraf. Selain itu asam amino ternyata juga memainkan peran penting dalam membangkitkan suasana hati.

Salah satu hormon yang dibentuk oleh asam amino adalah serotonin yang berpengaruh terhadap suasana hati seperti perasaan nyaman, relaksasi, optimisme, dan lainnya. Oleh sebab itu, jika kadar serotonin tidak mencukupi ,maka berpengaruh pada gangguan suasana hati, masalah tidur, dan perilaku agresif juga kompulsif.  

Manusia mendapatkan serotonin dari makanan yang mengandung asam amino triptofan. Oleh karena itu, sangat penting pada saat makan malam Anda mengonsumsi makanan yang mengandung protein, dan diimbangi dengan asupan makanan yang mengandung karbohidrat, namun tentunya yang rendah lemak.

Beberapa makanan mengandung triptofan yang baik bagi tubuh yaitu daging ayam, kalkun, tuna segar, kacang kedelai, kacang-kacangan, biji-bijian, dan pisang.

3. Menyegarkan pikiran

Dengan kesibukan yang dijalani seharian, kadang kita lupa untuk sekadar menikmati hidup secara sederhana – berkumpul dengan keluarga dan orang-orang yang dicintai, misalnya. Manfaat makan malam lainnya adalah menawarkan peluang yang sangat tepat sebagai sarana berkumpul melepas lelah dan stres setelah seharian beraktvfitas.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti Harvard menemukan bahwa keluarga yang makan malam bersama setiap hari mendapatkan asupan nutrisi yang cukup seperti kalsium, serat, zat besi, vitamin B6 dan B12, dan vitamin C dan E. Hal ini dikarenakan makanan yang dimasak di rumah biasanya dimasak dengan cara yang benar.

Aturan makan malam agar tetap sehat dan tidak bikin gemuk

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar Anda bisa tetap mendapatkan manfaat makan malam tanpa mengganggu kesehatan ataupun membuat berat badan jadi naik.

  • Makan di malam hari itu diperbolehkan, hanya saja harus dilakukan dengan tepat. Selalu perhatiakn asupan kalori yang diserap oleh tubuh.
  • Dibutuhkan waktu sekitar 20 menit bagi tubuh untuk merasakan jika perut sudah kenyang. Oleh karena itu, makanlah secara perlahan, jangan terburu-buru. Ini akan mencegah Anda makan terlalu banyak dan berakhir kekenyangan.
  • Jangan makan terlalu malam. Hal ini dikarenakan semakin lama Anda menunda makan malam, semakin besar kemungkinan Anda untuk makan berlebihan karena Anda akan merasa lebih lapar. Usahakan makan malam paling lambat pukul 8 malam dan jangan langsung tidur setelah makan. Beri waktu 3 jam agar makanan bisa dicerna tubuh sebelum Anda tidur.
  • Hindari makanan berlemak pada larut malam. Pasalnya, makanan berlemak sangat tidak baik bagi tubuh. Selain itu, makanan yang mengandung lemak sangat sulit untuk dicerna sehingga memungkinkan Anda mengalami gangguan pencernaan seperti sakit perut, yang menyebabkan kualitas tidur Anda terganggu.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"

Yang juga perlu Anda baca

Jangan Takut Makan Malam, Lebih Awal Justru Lebih Sehat

Banyak orang menghindari makan malam karena takut menjadi gemuk. Padahal, makan malam lebih awal justru memberikan manfaat bagi kesehatan.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Hidup Sehat, Fakta Unik 8 Juli 2020 . Waktu baca 5 menit

Cara Diet Turun Berat Badan yang Aman Tanpa Bahayakan Kesehatan

Mau punya berat badan ideal? Diet sehat jawabannya. Namun, agar diet yang Anda lakukan tidak sia-sia, simak dulu panduan lengkap berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Nutrisi, Berat Badan Ideal, Hidup Sehat 28 Mei 2020 . Waktu baca 14 menit

Makan Makanan Sehat Dapat Membantu Menjaga Fungsi Pendengaran, Lho!

Penurunan fungsi pendengaran dapat terjadi pada siapa saja. Namun, Anda bisa menurunkan risiko gangguan pendengaran lewat diet sehat, lho.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Nutrisi, Hidup Sehat 25 Mei 2020 . Waktu baca 5 menit

Kenali Sirtfood Diet yang Bikin Berat Badan Adele Turun

Baru-baru ini masyarakat dikejutkan dengan foto Adele yang terlihat langsing di akun Instagramnya. Nyatanya, penyanyi terkenal ini menjalani sirtfood diet.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Berita Luar Negeri, Berita 12 Mei 2020 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

makanan untuk kolesterol, serat menurunkan kolesterol

Makanan yang Membantu Menurunkan Kolesterol, Plus Cara Memasak yang Tepat

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 24 September 2020 . Waktu baca 8 menit
makanan untuk penderita diabetes

15 Pilihan Makanan dan Minuman untuk Diabetes, Plus Menunya!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 7 September 2020 . Waktu baca 13 menit
oatmeal bikin gemuk

4 Kesalahan Makan Oatmeal yang Bikin Berat Badan Malah Naik

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 18 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit
manfaat virgin coconut oil minyak kelapa dara; virgin coconut oil

Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Kesehatan

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 4 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit