5 Manfaat Daun Salam, dari Mencegah Batu Ginjal Hingga Diabetes

Oleh

Daun salam adalah jenis bumbu dapur yang sering kali dipakai di berbagai masakan khas Indonesia. Tidak hanya membuat masakan menjadi harum, ternyata daun tersebut mempunyai manfaat lain bagi kesehatan tubuh. Apa saja manfaat dari daun salam?

1. Membantu pengobatan kanker payudara

Salah satu penelitian menyebutkan bahwa daun salam berperan baik dalam pengobatan kanker payudara. Penelitian ini menyatakan bahwa ekstrak dari daun tersebut membantu seorang penderita kanker payudara dalam mempercepat sel kankernya mati dan terbunuh.para ahli menyimpulkan hal ini dapat terjadi karena daun ini mempunyai jumlah antioksidan yang cukup banyak, sehingga dapat membantu mengatasi radikal bebas yang membuat sel kanker mudah tumbuh dan berkembang di dalam tubuh.

2. Baik untuk penderita diabetes

Studi yang dilakukan pada tahun 2009 ini, membuktikan bahwa pasien diabetes yang mengonsumsi kapsul yang mengandung 1-3 gram ekstrak daun salam memiliki kadar gula dalam darah yang terkontrol dengan baik. Tidak hanya itu, pasien dalam penelitian tersebut terbukti mempunyai jumlah kolesterol darah yang lebih baik jika dibandingkan dengan pasien diabetes yang tidak mengonsumsi ekstrak daun salam.

Zat polifenol – semacam antioksidan – yang terkandung di dalam ekstrak daun tersebut dipercaya para peneliti yang dapat menurunkan jumlah gula darah pada penderita diabetes. Zat ini juga mampu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah, sehingga mencegah komplikasi penyakit jantung yang sering kali menyerang pasien dengan diabetes.

3. Mengatasi peradangan

Walaupun penelitian ini dilakukan pada tikus, tapi dalam penelitian ini para ahli berhasil menemukan bahwa daun salam berperan penting dalam penyembuhan luka dan peradangan. Ekstrak daun ini berhasil mengurangi peradangan serta mempercepat luka menjadi kering. Meskipun begitu, manfaat ini masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut pada manusia.

4. Dapat mengobati batu ginjal

Ekstrak daun salam dapat membantu mengobati batu ginjal. Pernyataan ini berasal dari sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2014 di Iran. Dalam penelitian ini, para responden diberikan beberapa jenis tanaman herbal, termasuk daun salam dan kemudian dilihat pengaruhnya terhadap batu ginjal yang mereka alami. Daun tersebut dianggap mampu untuk menguraikan batu kristal yang menumpuk di dalam ginjal.

5. Menjaga kesehatan otak

Dalam pengobatan kuno, daun salam digunakan untuk mengobati kejang. Baru-baru ini sebuah riset yang dilakukan juga menyatakan hal demikian. Riset ini dilakukan pada tikus dan terbukti bahwa ekstrak daun ini mampu mengobati gejala kejang pada tikus tersebut. Walaupun begitu, memang diperlukan penelitian lebih lanjut yang dilakukan pada manusia terkait kemampuan daun tersebut untuk mengatasi epilepsi atau kejang.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Februari 16, 2017 | Terakhir Diedit: November 15, 2019

Sumber
Yang juga perlu Anda baca