Masakan Rumah Bisa Jadi Solusi Buat Anak yang Hobi Pilih-pilih Makanan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 26/01/2018 . 4 mins read
Bagikan sekarang

Mengatasi anak yang susah makan, terutama karena pilih-pilih makanan, memang membuat orangtua harus memutar otak. Anak cenderung menolak makanan yang tidak biasa dilihat atau dimakannya. Untuk itu, banyak orangtua yang menyiasatinya dengan membuat makanan rumah menjadi lebih bervariasi dan menarik sehingga anak tak lagi-lagi pilih makanan. Namun, apakah cara ini benar-benar efektif?

Makanan rumah membantu anak belajar berbagai jenis makanan

Dilansir dari Reuters, anak yang sering makan di rumah akan belajar menyukai beragam jenis makanan. Sedangkan anak yang sering makan di luar atau makan makanan yang dibeli di warung atau restoran cenderung lebih pilih-pilih.

Makanan yang dibuat sendiri (homemade), dapat memberikan berbagai rasa dan tekstur yang bervariasi. Ini mungkin mendorong anak untuk makan lebih banyak jenis makanan seiring bertambahnya usia. Oleh karena itu, keragaman jenis makanan pada makanan buatan sendiri, seperti daging, sayur, dan buah memberikan pembelajaran dan peralihan makanan dari bayi ke anak-anak. Pilihan makanan tersebut tentu akan membuat anak merasakan berbagai makanan dan tak lagi pilih-pilih makanan hingga dewasa.

Apakah makanan buatan sendiri dapat diterima anak?

Kesulitan yang harus dihadapi orangtua ketika mencoba mengenalkan berbagai jenis sayur dan buah pada makanan buatan sendiri adalah ketika anak takut mencobanya. Untuk itu, periset di Inggris meminta sekelompok anak-anak mencari mainan yang disembunyikan dalam kentang dan jeli. Anak-anak tersebut merasa senang ketika mendapatkan mainan dengan tangan mereka yang kotor.

“Meskipun ini hanya sebuah percobaan, simpulannya adalah anak-anak bermain dengan zat yang berantakan dapat membantu penerimaan mereka terhadap makanan”, kata penulis utama Helen Coulthard, seorang peneliti psikologi di De Montfort University di Leicester, Inggris. Hal ini normal terjadi pada anak-anak untuk melewati masa ketika mereka mewaspadai makanan yang tidak biasa atau menolak untuk mengonsumsi lebih dari beberapa jenis makanan yang berbeda.

Oleh karena itu, dengan membuat makanan rumah yang unik, anak akan menerima makanan baru. Ketika mereka sudah mencicipi berbagai rasa dari makanan tersebut, anak tidak akan lagi pilih-pilih makanan. Contohnya membuat “sate” buah atau sayur dan juga kreasi menu makanan menarik lainnya.

Keuntungan lain masak di rumah

Dilansir dari University of Washington, keuntungan masak di rumah untuk anak tidak hanya membuat anak belajar merasakan berbagai berbagai jenis makanan. Ada beberapa keuntungan lainnya yang bisa Anda dapatkan, antara lain:

1. Lebih sehat

Makanan yang dibeli dari warung atau restoran biasanya mengandung kadar lemak, garam, dan gula yang tinggi. Sedangkan dengan makanan buatan sendiri, kita yang memegang kendali untuk mengatur bahan yang digunakan. Selain itu, Anda bisa menentukan sendiri porsi yang cukup untuk anak.

“Hasilnya juga menunjukkan bahwa anak yang terbiasa mengonsumsi makanan buatan sendiri mencegah terjadinya obesitas dan penyakit kronis lain terkait pilihan makanan yang buruk,” kata penulis studi utama Dr. Elise Mok dari Research Institute di McGill University Health Center dan Montreal Children’s Hospital.

2. Menghemat uang

Sebelum membuat makanan, Anda pasti menyiapkan daftar belanja untuk bahan-bahan. Ini menghindari Anda membeli bahan-bahan yang tidak diperlukan dan sisa bahan yang tidak terpakai bisa Anda simpan dan dibuat makanan di lain waktu.

3. Membangun kebersamaan

Masak di rumah membuat Anda memiliki lebih banyak waktu untuk bersama anak Anda. Mulai dari berbelanja bahan-bahan, mempersiapkan bahan makanan, mengolahnya, hingga saat makan bersama. Studi menunjukkan melibatkan anak dalam menyiapkan makanan bisa membangun kebiasaan anak hidup sehat. Ini juga membantu mengembangkan kreativitas dan minat anak dalam dunia memasak.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

Camilan yang gurih memang menggoda. Namun, sebaiknya mulai ganti camilan Anda dengan kacang almond, terutama untuk penderita hipertensi.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hipertensi, Health Centers 25/06/2020 . 5 mins read

Apakah Anda Termasuk Orang yang Cukup Bersih? Cek Dulu di Sini!

Selama ini Anda sudah mahir menjaga kebersihan diri atau belum? Ini dia tips-tips supaya tubuh selalu bersih dan bebas dari penyakit.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Hidup Sehat, Tips Sehat 22/06/2020 . 5 mins read

7 Hal yang Paling Sering Ditanyakan Tentang Kolesterol

Kadar kolesterol tinggi bisa menghantui siapa pun. Pelajari sekarang juga apa itu kolesterol dan semua pertanyaan seputar kolesterol yang sering diajukan.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 22/06/2020 . 5 mins read

Kenapa Kita Merasa Mual Saat Sedang Gugup?

Saat harus tampil di depan umum atau mau kencan pertama, tiba-tiba perut jadi sangat mual karena gugup. Mengapa bisa begitu dan bagaimana cara mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Fakta Unik 21/06/2020 . 6 mins read

Direkomendasikan untuk Anda

anak disunat

Umur Berapakah Sebaiknya Anak Laki-laki Disunat?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 07/07/2020 . 4 mins read
gejala penyakit yang diacuhkan

8 Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Anda Abaikan

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 03/07/2020 . 4 mins read
protein susu soya

Ibu Harus Tahu, Ini Beda Kandungan Protein dalam Susu Kedelai dan Susu Sapi

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 03/07/2020 . 6 mins read
nutrisi untuk anak aktif

Kebutuhan Asupan Nutrisi yang Perlu Dipenuhi Anak Aktif dan Suka Olahraga

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 30/06/2020 . 6 mins read