Makan dessert setelah makan makanan utama memang khas kebiasaan orang-orang Barat. Makanan pencuci mulut yang biasanya disantap adalah sepiring buah potong dingin, agar puding atau jelly, es krim, hingga cake dan pastry manis. Mungkin tanpa sadar Anda juga pernah melakukannya, entah setelah makan siang atau makan malam. Sebenarnya, perlu tidak sih kita makan dessert?

Makan dessert (makanan pencuci mulut), benarkah ada manfaatnya?

Tujuan makan dessert adalah untuk membantu mencerna makanan dan menyegarkan mulut setelah makan yang agak berat. Makan dessert kesukaan juga bisa membuat Anda merasa lebih bahagia. Namun, manfaat ini tentu akan tergantung dari makanan yang Anda pilih.

Buah adalah salah satu pilihan makanan pencuci mulut yang sehat dan segar. Buah adalah sumber vitamin, mineral, kalium, asam folat, serat dan antioksidan antikanker yang baik. Orang yang menjadikan makan buah sebagai rutinitas harian pada umumnya memiliki risiko penyakit kronis yang lebih rendah.

Satu batang cokelat hitam (dark chocolate) yang Anda camil setelah makan pun juga bermanfaat. Ngemil dark chocolate bisa menurunkan risiko penyakit jantung. Sebuah penelitian Harvard tahun 2011 menemukan bahwa mengonsumsi empat kotak kecil dari satu batang dark coklat setiap hari bisa menurunkan tekanan darah berkat kandungan antioksidan flavonoid yang menangkal peradangan dalam tubuh akibat radikal bebas.

Lain ceritanya jika makanan pencuci mulut yang Anda pilih adalah cake cokelat, pastry, biskuit, atau es krim yang tinggi gulanya. Makanan-makanan ini memang bisa membantu meningkatkan mood, tapi dapat meningkatkan asupan kalori Anda jika dimakan berlebihan yang pada akhirnya malah jadi timbunan lemak dalam tubuh. Kadar lemak, kalori, dan gula tinggi dalam tubuh bisa memicu berbagai gangguan kesehatan seperti diabetesobesitaspenyakit hati, hingga kolesterol tinggi.

Aturan aman kalau mau makan dessert setelah makan nasi

Makan dessert bukanlah suatu kewajiban. Kalau Anda sudah benar-benar kenyang, maka tidak perlu memaksakan makan lagi. Perut kenyang menandakan Anda sudah mendapatkan cukup nutrisi.

Jika memang ingin makan dessert, beri jeda terlebih dahulu kira-kira satu-dua jam setelah makan berat. Ingat, buah-buahan pun tetap mengandung kalori dan gula. Maka Anda juga harus tetap bijak mengatur porsi dessert Anda, terlepas dari apapun jenis makanan yang Anda pilih. Ini supaya asupan kalori dan gula yang dikonsumsi tidak berlebihan sehingga malah menimbun jadi lemak.

Makanan pencuci mulut pun sebenarnya masih bisa Anda kudap ketika Anda sedang diet. Dengan catatan tambahan, Anda harus memilih jenis makanan penutup yang memberikan nutrisi ekstra dengan jumlah kalori yang minimal.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca