4 Sumber Protein Rendah Kalori yang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: | Oleh

Tanggal tayang April 24, 2020
Bagikan sekarang

Banyak orang yang memilih makanan tinggi protein dan rendah kalori untuk mendukung penurunan berat badan. Protein bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan membuat kenyang lebih lama sehingga protein menjadi sumber nutrisi wajib dalam menu diet sehat.

Namun, protein yang dipilih pun harus sebaiknya mengandung rendah kalori. Untuk itu, ketahui sumber makanan berprotein rendah kalori untuk menurunkan berat badan.

Cara protein membantu penurunan berat badan

makanan yang mengandung protein

Protein adalah salah satu nutrisi penting untuk menjaga kesehatan. Protein berperan dalam mengatur berat badan seseorang. 

Pada dasarnya, otak meregulasi rasa lapar dan kenyang pada tubuh seseorang, termasuk berapa banyak makanan yang bisa kita makan. Otak memberikan sinyal melalui pelepasan hormon yang mengatur rasa lapar dan kenyang.

Ketika tubuh mendapatkan makanan tinggi protein, kadar hormon ghrelin dalam tubuh akan berkurang. Hormon tersebut memberi sinyal rasa lapar. Dengan begitu, protein dapat memberikan efek rasa kenyang yang lebih lama.

Untuk orang dewasa rata-rata yang mengonsumsi 2000 kalori setiap hari, setidaknya membutuhkan 50 hingga 75 gram protein. Namun, kebutuhan kalori dan asupan protein ditentukan berdasarkan umur, tinggi badan, berat badan, jenis kelamin, dan aktivitas fisik Anda.

Sumber protein rendah kalori untuk turunkan berat badan

Berikut sumber makanan berprotein yang untuk bantu jaga atau bahkan turunkan berat badan Anda.

1. Kedelai

protein rendah kalori

Kedelai, salah satu sumber protein rendah kalori yang berasal dari nabati, bebas kolesterol, dan juga rendah lemak. Kedelai dalam menu diet memberikan dampak kesehatan bagi jantung dengan menurunkan tekanan darah.

Kedelai mengandung isoflavon, senyawa antioksidan yang mampu menjaga kadar gula darah dan kadar kolesterol tubuh. Di samping itu, kedelai juga mengandung serat yang tinggi dan protein yang tinggi sehingga dapat membuat Anda kenyang lebih lama.

Makanan yang dijuluki superfood ini juga memiliki nilai indeks glikemik (IG) yang rendah sehingga bantu jaga gula darah, yang juga membuat kenyang lebih lama dan nafsu makan Anda terkendali. Tentunya, kedelai benar-benar bisa membantu Anda menjaga berat badan ideal. 

Ada banyak olahan kedelai yang dapat menjadi varian menu untuk penurunan berat badan, seperti snack bar yang mengandung kedelai, edamame, tahu, maupun tempe.

Namun, perlu diingat lebih baik hindari proses memasak yang digoreng. Pilih kedelai yang dimasak dengan cara direbus atau dipanggang, maupun berupa snack bar. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan kebaikan dan nutrisi yang optimal dari keseluruhan kedelai dalam program menjaga berat badan Anda dan keluarga.

2. Greek yogurt

protein rendah kalori

Greek yogurt termasuk ke dalam sumber makanan yang mengandung tinggi protein dan rendah kalori. Greek yogurt cenderung bertekstur tebal dan agak creamy karena mengandung banyak protein. Di dalam setiap 170 gram greek yogurt, Anda mendapatkan 15-20 gram protein, dibandingkan yogurt reguler yang hanya mengandung 9 gram protein saja.

Konsumsi Greek yogurt diimbangi dengan makanan tinggi protein lainnya dapat meningkatkan metabolisme dan membakar kalori di dalam tubuh. Namun, jangan lupa sertakan makanan karbohidrat berserat lainnya dan lemak sehat ke dalam tubuh.

Maka dari itu, tubuh juga bisa ternutrisi secara optimal dalam program penurunan berat badan Anda. Anda juga dapat mencampur snack bar kedelai dengan Greek yoghurt sebagai alternatif menu sehat Anda. 

3. Dada ayam tanpa lemak dan kulit

Sumber: Healthy Little Peach

Anda bisa memilih dada ayam tanpa lemak dan kulit dalam menu makanan. Sajian 100 gram dada ayam yang dimasak mengandung setidaknya 30 gram protein. Protein di dalam ayam juga membantu membangun massa otot dan menguatkan tulang.

Makan dada ayam dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama, sehingga mencegah Anda makan lebih banyak. Studi di dalam jurnal Obesity meneliti diet rendah kalori dan tinggi protein pada orang obesitas, dapat memperbaiki dan mengontrol nafsu makan mereka.

4. Putih telur

protein rendah kalori
Sumber: Paleo Breakfast

Konsumsi telur secara keseluruhan memang dapat menyehatkan jantung Anda. Namun, jika Anda sedang berencana menurunkan berat badan, coba beralih dengan konsumsi putih telur. 

Putih telur mengandung 3 gram protein (setengah dari sajian telur utuh) dan 16 kalori (1/4 lebih rendah dibandingkan telur utuh). Saat sarapan, putih telur bisa dijadikan omelet, kemudian disajikan dengan baby spinach, bawang bombay, serta paprika yang dipotong dadu.

Jadi, mencapai berat badan ideal ternyata bisa dilakukan dengan memilih makanan yang tepat, yaitu asupan tinggi protein. Bahkan beberapa makanan yang memiliki nilai indeks glikemik rendah, bantu menjaga gula darah, sehingga Anda bisa mengendalikan nafsu makan dan mengontrol asupan kalori untuk penurunan berat badan yang lebih sehat.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Ini Berbagai Pilihan Sumber Protein yang Baik Dikonsumsi saat Sahur

Protein adalah salah satu nutrisi yang penting agar tubuh tetap sehat dan kuat, terutama saat puasa. Lantas, apa saja sumber protein yang bai saat sahur?

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh Nabila Azmi
Hari Raya, Ramadan April 18, 2020

Beras Merah vs Beras Shirataki, Mana yang Efektif untuk Diet?

Bagi yang sedang diet, konsumsi beras atau nasi mungkin akan dibatasi. Beras merah atau beras shirataki dapat menjadi pilihan, tapi mana yang lebih efektif?

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh Ihda Fadila
Nutrisi, Hidup Sehat Maret 29, 2020

Segudang Manfaat Ikan Mujair yang Baik untuk Kesehatan Tubuh Kita

Siapa yang tak kenal ikan mujair? Ikan yang hidup di air tawar ini tentu digemari oleh masyarakat Indonesia. Apa saja manfaat ikan mujair untuk kesehatan?

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh Nabila Azmi
Nutrisi, Hidup Sehat Maret 14, 2020

6 Inspirasi Diet Sehat dari Kobe Bryant

Ingin tahu rahasia diet sehat ala mendiang Kobe Bryant, mantan pebasket legendari NBA, agar tubuh tetap sehat dan bertenaga? Simak di sini jawabannya.

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh Nabila Azmi
Nutrisi, Hidup Sehat Januari 28, 2020

Direkomendasikan untuk Anda

3 Resep Menu Makan Sahur untuk Diet Keto Tanpa Ribet

3 Resep Menu Makan Sahur untuk Diet Keto Tanpa Ribet

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Risky Candra Swari
Tanggal tayang Mei 16, 2020
Kenali Sirtfood Diet yang Bikin Berat Badan Adele Turun

Kenali Sirtfood Diet yang Bikin Berat Badan Adele Turun

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh Nabila Azmi
Tanggal tayang Mei 12, 2020
Tak Cemas Berat Badan Naik, Ini Pilihan Camilan Selama di Rumah Saja

Tak Cemas Berat Badan Naik, Ini Pilihan Camilan Selama di Rumah Saja

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh Maria Amanda
Tanggal tayang April 30, 2020
Perlukah Memilih Makanan yang Rendah IG Meski Tak Terkena Diabetes?

Perlukah Memilih Makanan yang Rendah IG Meski Tak Terkena Diabetes?

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh Maria Amanda
Tanggal tayang April 24, 2020