10 Khasiat Menakjubkan Ini Bikin Anda Ingin Lebih Sering Minum Teh Oolong

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 17/06/2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Ada banyak jenis teh yang masing-masingnya punya manfaat tersendiri bagi kesehatan. Salah satu jenis teh yang populer diseruput para penikmat teh saat bersantai sore adalah teh oolong. Teh oolong adalah teh yang dibuat dari tumbuhan Camellia sinensis. Lantas, apa saja manfaat teh oolong untuk kesehatan?

Manfaat teh oolong untuk kesehatan tubuh

Teh oolong memiliki banyak nutrisi dan juga komponen bioaktif, seperti fluoride, antioksidan, dan flavonoid. Berikut sejumlah manfaat teh asal tradisional Cina, yang sayang untuk Anda lewatkan.

1. Menajamkan otak

Teh oolong dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan kognitif otak. Pasalnya, teh oolong mengandung kafein yang bekerja merangsang sistem saraf pusat otak.

Konsumsi kafein juga dihubungkan dengan menurunnya risiko terkena penyakit Alzheimer dan Parkinson. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kafein dalam jangka panjang memiliki efek perlindungan terhadap risiko mengidap Alzheimer dan Parkinson. Penelitian lain juga mengungkapkan konsumsi kafein dapat memperlambat proses penurunan fungsi otak yang diakibatkan oleh usia lanjut.

2. Meningkatkan memori

Sebuah studi yang diadakan pada 2004 menunjukkan bahwa selain fungsi kognitif, konsumsi teh oolong secara teratur dapat meningkatkan memori jangka panjang. Teh oolong dapat menghambat aktivitas asetilkolinesterase, sebuah enzim yang memecah neurotransmiter otak yang melemah pada kondisi penyakit Alzheimer.

3. Menjaga kesehatan jantung

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa manfaat teh oolong dapat membantu mencegah serangan jantung dan penyakit jantung koroner. Studi oleh Peters (2001) menunjukkan bahwa risiko serangan jantung pada partisipan penelitian menurun hingga 11 persen setelah rutin minum teh oolong tiga cangkir setiap hari.

Teh oolong juga dilaporkan bermanfaat menurunkan kadar kolesterol jahat LDL.

4. Mencegah gigi berlubang

Secangkir teh tradisional ini mengandung fluorida dan antioksidan yang dapat memelihara kesehatan gigi. Selain itu, teh oolong juga mengandung antibakteri yang dapat membantu mencegah gigi berlubang dan mengurangi keasaman ludah, yang dapat menjaga kekuatan email (lapisan luar) gigi.

5. Menjaga kesehatan kulit

Rajin minum teh ini dapat meringankan gejala dermatitis, seperti yang dilaporkan oleh penelitian milik Uehara tahun 2001. Studi ini menemukan bahwa teh oolong dan juga teh hijau dapat meringankan reaksi dermatitis alergi sesudah mengonsumsinya selama seminggu, satu gelas sehari. Tak hanya itu, teh oolong juga bisa menurunkan risiko kanker kulit.

6. Menurunkan berat badan

Seperti halnya teh hijau, teh oolong mengandung katekin, zat yang berfungsi menurunkan kadar lemak dan meningkatkan metabolisme. Teh oolong lebih aman dikonsumsi dibandingkan pil penurun berat badan.

7. Mencegah kanker

Teh oolong memiliki antioksidan yang tinggi, yang dapat membantu tubuh melawan radikal bebas penyebab kanker. Polifenol dalam teh ini juga dapat membantu menurunkan laju pertumbuhan sel kanker. Penelitian menunjukkan bahwa manfaat teh oolong terutama berperan mencegah risiko kanker ovarium, namun tidak menutup juga dapat mencegah kanker lainnya.

8. Mengurangi risiko rematik

Antioksidan yang ada pada teh ini dapat mencegah rematik. Menurut Khan (2004), risiko rematik pada orang-orang yang minum teh tiga gelas sehari jauh lebih rendah dibandingkan yang tidak pernah mengonsumsi teh ini.

9. Menjaga kadar gula darah

Teh oolong dapat membantu menstabilkan gula darah pada orang-orang yang memiliki diabetes. Oleh karena itu, teh ini dapat Anda jadikan terapi alternatif di samping obat-obatan diabetes yang diresepkan dokter.

10. Melawan bakteri

Teh oolong memiliki efek antiseptik dan antibakteri, yang dapat membantu tubuh melawan bakteri. Teh oolong memiliki efek protektif terhadap infeksi Salmonella, E. coli, Pseudomonas, dan lainnya. Teh ini juga mengandung probiotik yang baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Tips Mencegah Penumpukan Asam Penyebab Gigi Berlubang di Mulut selama Pandemi

Mencegah asam penyebab gigi berlubang di mulut dapat membantu menjaga kesehatan mulut selama pandemi. Simak tips mudahnya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Konten Bersponsor
asam penyebab gigi berlubang di mulut
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 07/07/2020 . Waktu baca 5 menit

Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut di Masa Pandemi

Berikut beberapa alasan mengapa penting untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut mengingat pandemi COVID-19 masih berlangsung, serta tips untuk melakukannya.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Konten Bersponsor
cara menjaga kesehatan gigi
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 30/06/2020 . Waktu baca 4 menit

Mengenal Bakteri pada Uang Kertas dan Koin dan Dampaknya bagi Kesehatan

Uang termasuk salah satu benda yang kotor dan tempat bakteri bersarang. Lalu apa jenis dan dampak kesehatan dari bakteri pada uang kertas dan koin?

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Hidup Sehat, Fakta Unik 30/06/2020 . Waktu baca 4 menit

10 Makanan Terbaik untuk Anda yang Cepat Lapar

Anda sering merasa lapar atau ingin mengunyah sesuatu meski sudah makan? Sudah saatnya mencoba menu makanan berikut ini agar Anda tidak cepat lapar.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 21/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

pencegahan cara mencegah kanker ovarium

Hal-hal yang Dapat Dilakukan untuk Mencegah Kanker Ovarium

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 06/08/2020 . Waktu baca 6 menit
berat badan turun bukan berarti lemak berkurang

Berat Badan Turun, Bukan Berarti Lemak Tubuh Berkurang

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Kemal Al Fajar
Dipublikasikan tanggal: 03/08/2020 . Waktu baca 5 menit
pembagian porsi makan

Seperti Apa Porsi Makan yang Tepat Agar Diet Cepat Berhasil?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 21/07/2020 . Waktu baca 4 menit
bakteri bahaya dalam jamur enoki korea selatan

Pemerintah Musnahkan Jamur Enoki yang Tercemar Bakteri, Apa Bahayanya?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 11/07/2020 . Waktu baca 4 menit