backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

10 Rekomendasi Toner untuk Kulit Sensitif yang Aman dan Terbaik

Fakta medis diperiksa oleh Hello Sehat Medical Review Team


Ditulis oleh Putri Ica Widia Sari · Tanggal diperbarui 20/10/2023

Berikut adalah daftar produk yang bisa bermanfaat untuk Anda. Perlu diketahui, kami bisa saja mendapatkan sedikit komisi setiap kali Anda membeli produk via link ini. Tenang, tidak ada penambahan biaya. Pelajari lebih lanjut soal konten produk marketing kami di sini.

10 Rekomendasi Toner untuk Kulit Sensitif yang Aman dan Terbaik

Memiliki kulit sensitif tentu membuat Anda sedikit kesulitan untuk menentukan produk perawatan kulit yang tepat, termasuk dalam memilih toner. Apalagi, sebagian besar toner yang tersedia mengandung alkohol yang tentunya dapat memicu iritasi. 

Namun, Anda tidak perlu khawatir, melalui artikel berikut ini kami akan memberikan beberapa toner yang telah teruji dan cocok untuk kulit sensitif. Dengan begitu, kesehatan kulit Anda pun tetap terjaga dan terasa nyaman.  

Cara kami memilih toner untuk kulit sensitif

Toner biasanya berupa losion atau tonik berbahan dasar air yang digunakan untuk melembapkan kulit.

Meskipun terlihat dan terasa seperti air, mengutip dari Cleveland Clinic, toner memiliki beragam manfaat bagi kulit. 

Fungsi utama toner adalah untuk membantu mengembalikan pH kulit setelah membersihkan wajah dengan sabun. 

Tidak hanya itu, beberapa toner juga dapat berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati (exfoliating) serta melembapkan dan menghidrasi kulit (hydrating). 

Namun agar dapat bekerja lebih optimal, terutama pada kulit sensitif, memilih produk dengan kandungan yang tepat menjadi langkah yang sangatlah penting sebagai cara merawat kulit sensitif.

Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih toner yang cocok dan bagus untuk kulit sensitif. 

  • Hindari toner yang mengandung banyak pewangi, pewarna, dan bahan pengawet. Hal ini karena kandungan tersebut dapat mengiritasi kulit.
  • Hindari juga toner yang mengandung alkohol dan asam alfa-hidroksi (AHA).
  • Pilihlah toner dengan kandungan gliserin, hyaluronic acid, niacinamide, polyhydroxy acid (PHA), dan butylene glycol.

Berdasarkan pertimbangan di atas, kami memberikan rekomendasi produk toner yang diklaim aman untuk digunakan pada kulit sensitif. 

Kami juga memastikan produk yang kami rekomendasikan telah mendapatkan izin edar dari BPOM untuk meningkatkan keamanan penggunaan produk tersebut. 

10 rekomendasi toner terbaik untuk kulit sensitif 

Bila Anda memiliki kulit sensitif dan ingin mencari toner yang cocok untuk kulit Anda, berikut ini adalah beberapa merek toner yang dapat menjadi bahan pertimbangan Anda sebelum membelinya . 

1. SOMETHINC Calm Down! PHA 3% Soothing Everyday Toner 

SOMETHINC Calm Down Everyday Toner adalah salah satu toner yang disebut cocok digunakan sebagai salah satu rangkaian skincare untuk kulit sensitif.

Pasalnya, produk ini mengandung PHA, butylene glycol, dan ekstrak aloe vera. Dengan berbagai kandungan tersebut, toner ini diklaim memiliki khasiat berikut.

  • Membantu mengangkat kotoran dan sel kulit mati penyebab kulit kusam.
  • Membantu menyamarkan bekas jerawat PIE (kemerahan).
  • Menghaluskan dan menghidrasi kulit wajah. 

Tidak berhenti di situ, remaja yang berusia 11 tahun ke atas pun boleh menggunakan toner dari SOMETHINC ini. 

Nomor registrasi BPOM: NA18211204237 

2. NPURE Noni Probiotics “Balance Me” Fine Toner 

Rekomendasi toner yang bagus untuk kulit sensitif ini datang dari NPURE.

Merek ini mengklaim produknya berlabel hypoallergenic, yang artinya mengandung bahan yang lebih sedikit untuk menyebabkan reaksi alergi. 

Hal ini tentunya membuat NPURE Noni Probiotics “Balance Me” Fine Toner cocok digunakan untuk segala jenis kulit, termasuk kulit sensitif. 

Berkat beberapa kandungannya, meliputi probiotic complex dan natural noni extract, produk ini dapat memberikan efek menenangkan pada kulit, mengurangi kemerahan, hingga memperkuat skin barrier.

Nomor registrasi BPOM: NA18211205541

3. Bioderma Hydrabio Tonique 

Bioderma Hydrabio Tonique adalah produk toner dengan tekstur yang cair dan ringan, sehingga disebut dapat membantu menjaga kadar hidrasi alami kulit. 

Pasalnya, saat pH kulit tidak seimbang, kulit akan mengalami dehidrasi dan tidak dapat berfungsi dengan baik. 

Formula yang terdapat pada produk ini pun bersifat hypoallergenic dan non-comedogenic, sehingga tidak hanya cocok digunakan pada kulit sensitif, tetapi juga untuk kulit berjerawat

Nomor registrasi BPOM: NC14171208618 

4. La Roche-Posay Cicaplast Face Toner

Merek toner yang cocok untuk kulit sensitif selanjutnya yaitu La Roche-Posay Cicaplast Face Toner. Toner ini cocok digunakan untuk kulit kering dan sensitif guna melindungi dan merawat skin barrier

Kandungan vitamin B5 dalam toner ini pun disebut dapat membantu meregenerasi kulit dan menjaga pertahanan kulit agar tetap sehat. 

Tidak hanya itu, kandungan Thermal Spring water dalam toner La Roche-Posay juga dikatakan mampu melindungi dan menenangkan kulit sensitif yang mudah mengalami iritasi dan kemerahan. 

Nomor registrasi BPOM: NC14210100218 

5. COSRX Centella Water Alcohol-Free Toner 

COSRX Centella Water adalah toner yang mengandung 82% air mineral dari Jeju dan 10% ekstrak daun Centella asiatica yang berfungsi untuk menenangkan kulit yang mengalami iritasi. 

Tidak hanya itu, kandungan yang berada di dalam toner ini, termasuk butylene glycol dan sodium hyaluronate, dapat membantu kulit tetap terhidrasi dan ternutrisi. 

COSRX pun mengklaim produk tonernya ini memiliki keunggulan lain, yaitu bebas dari alkohol, sehingga cocok digunakan untuk kulit sensitif dan iritasi. 

Nomor registrasi BPOM: NA26181204872

6. Elsheskin Exfolicare Solution Toner 

Toner yang bagus untuk kulit sensitif yang selanjutnya datang dari Elsheskin.

Merek ini mengklaim bahwa produknya dapat mempercepat dan memaksimalkan kulit glowing dalam lima kali pemakaian. 

Menariknya, Elsheskin Exfolicare Solution Toner adalah salah satu toner exfoliasi yang aman digunakan pada segala jenis kulit, termasuk kulit sensitif. 

Berkat beragam kandungan di dalamnya, toner ini dapat mengangkat sel kulit mati penyebab pori-pori tersumbat dan bisa menenangkan kulit saat proses exfoliasi. 

Nomor registrasi BPOM: NA18220108775

7. Klairs Supple Preparation Unscented Toner 

Toner yang datang dari Dear Klairs ini merupakan toner yang aman pada kulit sensitif karena tidak mengandung essential oil yang dapat memicu kulit iritasi. 

Meski memiliki tekstur yang lebih kental, toner ini disebut tetap mudah menyerap ke dalam kulit dan tidak memberikan hasil yang lengket atau kulit berminyak

Klairs Supple Preparation Unscented Toner pun dapat membantu menyeimbangkan pH kulit setelah mencuci muka, sehingga kulit tetap terhidrasi. 

Nomor registrasi BPOM: NA26201200738 

8. Cetaphil Bright Healthy Radiance Brightness Refresh Toner 

Cetaphil Bright Healthy Radiance Brightness Refresh Toner adalah toner pencerah yang dapat menghidrasi, melembutkan dan mencerahkan kulit.

Toner ini juga diklaim dapat menjaga keremajaan kulit dengan cara mengangkat sel kulit mati, kotoran, dan debu.

Toner ini merupakan perpaduan antara ekstrak white sea daffodil dan niacin amida yang dapat membantu menampilkan kilau alami dan kulit yang sehat. 

Tidak hanya itu, Cetaphil Bright Healthy Radiance Brightness Refresh Toner mengandung glycerin dan niacinamide yang membantu mencerahkan dan melembutkan kulit.

Nomor registrasi BPOM: NA26201200517

9. Benton New Aloe BHA Skin Toner 

Benton Aloe BHA Skin Toner berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati serta kotoran dari pori-pori sekaligus menutrisi dan menjaga kelembapan kulit sepanjang hari. 

Toner ini baik untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif, karena mengandung 81% Aloe vera dan 0,49% salicylic acid sehingga menjadi toner eksfoliasi yang ringan untuk sehari-hari.

Benton New Aloe BHA Skin Toner juga disebut dapat memberikan sensasi dingin dan menenangkan ke kulit berkat kandungan botanical di dalamnya.

Nomor registrasi BPOM: NA26221200680

10. ERHA Skinsitive Ultracalm Face Toner 

Toner bertekstur ringan dan lembut ini memiliki formula khusus untuk kulit sensitif. ERHA menklain produk toner ini dapat secara aktif menenangkan kulit yang mengalami iritasi ringan. 

Diformulasikan khusus dengan multiple soothing agents dan ekstra hyaluronic acid, toner dari ERHA tersebut dapat menyeimbangkan pH kulit sehingga kulit terasa lembut, nyaman, dan kenyal seketika.

ERHA pun mengklaim produknya terbebas dari alkohol dan pewangi, serta teruji hypoallergenic.

Menariknya lagi, ERHA Skinsitive Ultracalm Face Toner diklaim aman digunakan pada ibu hamil dan ibu menyusui. 

Nomor registrasi BPOM: NA18211206185

Itulah beberapa rekomendasi toner terbaik untuk kulit sensitif yang mungkin dapat Anda coba. 

Selain memastikan kandungannya aman digunakan pada kulit, Anda juga harus mengetahui cara penggunaan skincare yang benar, termasuk toner, agar mendapatkan hasil yang lebih optimal. 

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Fakta medis diperiksa oleh

Hello Sehat Medical Review Team


Ditulis oleh Putri Ica Widia Sari · Tanggal diperbarui 20/10/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan