Intip 4 Produk Perawatan Wajah yang Ampuh Menangkal Penuaan Dini

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Semakin bertambah usia, kulit akan ikut menua. Ini bisa ditandai dengan munculnya bintik hitam, kulit mengendur, dan kerutan. Bukan hanya usia, ternyata penuaan pada kulit wajah juga bisa disebabkan oleh faktor gaya hidup dan lingkungan, contohnya merokok, sinar matahari, dan paparan polusi. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Beberapa produk anti aging berikut ini ampuh memperlambat penuaan dini.

Produk anti aging untuk memperlambat penuaan dini

Mencegah penuaan dini bisa Anda lakukan dengan berbagai hal. Menurut American Academy of Dermatology, hal itu bisa dilakukan dengan mengurangi paparan sinar matahari, makan makanan sehat, berhenti merokok, dan cukup tidur.

Tidak hanya itu, kulit juga butuh perawatan dari beberapa anti-aging, seperti:

1. Sunscreen (tabir surya)

sunscreen untuk kulit kepala

Sinar matahari terdiri atas UVA dan UVB. Keduanya diketahui dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit dengan menimbulkan perubahan tekstur kulit dan pigmentasi yang tidak merata.

Untuk melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari tersebut, Anda butuh sunscreen. Produk ini disebut-sebut sebagai anti-aging terbaik. Cara kerja produk ini adalah menyaring radiasi ultraviolet sehingga paparannya menjadi lebih kecil.

Pilihan sunscreen terbaik untuk mencegah penuaan dini, yakni yang memiliki spektrum luas. Itu artinya, dapat melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Pasalnya, kebanyakan sunscreen hanya melindungi kulit dari sinar UVA.

Tabir surya yang dapat melindungi kulit dari sinar UVB biasanya dilabeli SPF (sun protecting factor). Pastikan Anda membeli tabir surya dengan kandungan SPF minimal 30.

Pilihlah juga sunscreen yang mengandung bahan seperti Avobenzone, benzophenones, sinamat, dan salisilat.

Agar sunscreen bekerja lebih maksimal, Anda perlu mengoleskan sunscreen setiap 2 jam sekali.

2. Pelembap wajah

pakai sunscreen di rumah

Produk anti-aging selanjutnya yang perlu Anda pakai adalah pelembap wajah. Pelembap umumnya digunakan untuk menjaga kelembapan kulit.

Namun, fungsinya tidak hanya itu. Pelembap juga bisa membuat kulit Anda tetap kenyal dan mencegahnya kering.

Selain kandungan lactic acid, emollient dan air, pelembap yang baik juga dilengkapi vitamin, salah satunya vitamin A, E, dan C.

Vitamin tersebut dapat merangsang produksi kolagen (protein untuk kulit). Sifat antioksidan dari vitamin tersebut juga bisa melawan radikal bebas yang bisa menyebabkan penuaan dini.

Supaya efektif, Anda harus menggunakan pelembap sesering mungkin. Bukan hanya setelah mandi saja. Usahakan memakai pelembap setelah Anda membasuh wajah. Tujuannya agar pelembap mengunci air dan mencegah kulit jadi kering.

3. Krim atau serum antikerutan

essence dan serum

Selain pelembap dan sunscreen, Anda juga perlu menggunakan krim antikerut. Produk anti-aging ini tersedia dalam berbagai bentuk, seperti losion, krim, atau serum.

Sebenarnya, krim ini juga termasuk golongan pelembap. Namun, dilengkapi dengan bahan-bahan aktif yang bisa meningkatkan warna kulit, menjaga tekstur kulit tetap kenyal, dan mencegah terbentuknya garis halus maupun kerutan.

Beberapa bahan aktif yang terkandung antara lain, retinol, vitamin C, alpha hydroxy acids (AHAs), atau niacinamide (vitamin B3). Gunakanlah satu atau dua kali sehari setelah kulit dibersihkan.

4. Krim mata

krim mata

Produk anti-aging lainnya yang perlu Anda lengkapi sebagai perawatan anti penuaan adalah krim mata.

Produk yang satu ini menjadi penting karena kulit area mata biasanya lebih dulu menunjukkan garis-garis halus yang membuat wajah terlihat lebih tua.

Krim mata bertugas layaknya seperti pelembap, yakni menghidrasi kulit sekitar mata. Perlu Anda ketahui bahwa kulit yang kering sangat rentan menciptakan kerutan. Dengan menjaga keseimbangan air di kulit, kulit tidak kering dan tentunya kerutan tidak terbentuk.

Kandungan krim mata tidak berbeda jauh dengan krim antikerut lainnya, yaitu retinol, vitamin, dan hyaluronic acid. Hanya saja diformulasikan lebih aman untuk kulit sekitar mata yang lebih tipis ketimbang area kulit lainnya di wajah.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca