Berapa Kali Harus Mencuci Muka Dalam Sehari Jika Sedang Berjerawat?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Cuci muka sudah menjadi rutinitas harian yang tidak boleh dilewatkan. Apalagi jika jerawat di wajah sedang banyak-banyaknya. Tentu Anda tidak ingin kotoran di muka semakin menumpuk, ‘kan? Eits, tapi tunggu dulu! Sudah tahu mencuci muka saat wajah sedang berjerawat itu sebaiknya harus berapa kali?

Kenapa mencuci muka itu penting?

baking soda untuk mencuci muka

Tidak ada orang yang betah dengan kondisi muka berminyak, kotor, dan lengket. Itu sebabnya, mencuci wajah dengan sabun pembersih merupakan ritual yang sama pentingnya dengan mandi. Seorang dokter kulit asal Arizona, Amerika Serikat, Dr. Jennifer Haley, turut membeberkan hal yang sama.

Menurutnya, mencuci muka itu bukan sekadar membersihkannya dari bekas riasan make up dan kotoran lainnya saja. Terlepas dari apa pun jenis kulit wajah Anda, membersihkannya dengan air dan sabun merupakan kegiatan harian yang harus selalu dilakukan.

Sebab dengan begitu, semua polusi, debu, kotoran, dan minyak yang menempel di kulit wajah akan hilang. Bahkan lebih dari itu. Dengan mencuci wajah, tandanya Anda telah membantu mempersiapkan kulit untuk melakukan perawatan selanjutnya. Di sisi lain, kegiatan ini juga dapat mendukung proses regenerasi dan peremajaan kulit wajah.

Namun, jangan lupa untuk memilih sabun pembersih wajah yang sesuai dengan tipe kulit Anda saat ini. Ya, sabun cuci muka untuk jerawat tentu tidak sama dengan jenis kulit wajah normal. Begitu pula sebaliknya.

Jangan sering-sering cuci muka saat berjerawat

jerawat muncul terus

Mencuci muka memang membantu membersihkan wajah dari minyak dan kotoran dan berlebih. Namun, terlalu sering mencuci muka saat berjerawat justru tidak disarankan.

Tidak menutup kemungkinan seberapa sering Anda mencuci wajah juga menjadi penentu kemunculan jerawat. Pasalnya, kombinasi air dan sabun lama-lama bisa menghilangkan lapisan minyak alami wajah (sebum).

Pada akhirnya, kulit akan kering dan teriritasi sehingga kemudian merespon kerusakan ini dengan memproduksi lebih banyak minyak. Sebab normalnya, minyak tersebut berperan penting sebagai pelembab, pelindung, serta penjaga kekenyalan kulit wajah.

Di samping itu, terlalu sering mencuci wajah saat berjerawat juga bisa merusak lapisan asam kulit. Lapisan ini terdiri dari minyak alami serta bakteri baik yang membantu menjaga kulit tetap sehat.

Berapa kali sehari harus mencuci muka saat berjerawat?

jerawat setelah melahirkan

“Ih, kok, jerawatan? Jarang cuci muka ya?” Pernah mendapat sindiran tersebut dari orang sekitar? Tak heran memang, karena munculnya jerawat di wajah memang sering kali dikaitkan dengan muka yang kotor atau malas merawat kulit.

Padahal nyatanya, tidak sedikit orang yang telaten menjaga kebersihan wajahnya tapi tetap saja jerawatan. Ya! Si kecil kemerahan yang mengganggu ini bisa hadir kapan pun, bahkan meski Anda sudah rajin membersihkan wajah setiap hari.

Kemunculan jerawat disebabkan oleh berbagai faktor dari dalam dan luar diri, terlepas dari seberapa rajin Anda merawat kulit wajah. Mulai dari karena kulit wajah yang sensitif, sedang PMS, perubahan hormon di dalam tubuh, stres, pola makan, polusi, hingga ketidakcocokan dengan produk perawatan kulit tertentu.

Nah, aturan harus berapa kali mencuci muka saat berjerawat sebenarnya tidak jauh berbeda dengan aturan umumnya. Sedang jerawatan atau tidak, Anda idealnya harus rajin cuci muka dua kali sehari – yaitu pada pagi dan malam sebelum tidur.

Tujuannya apalagi kalau bukan untuk membilas semua kotoran, minyak, debu, polusi, hingga riasan wajah. Akan tetapi, aturan tersebut mungkin akan sedikit berbeda jika Anda termasuk orang yang menghabiskan sebagian besar waktu untuk berkegiatan di luar ruangan. Jelas Anda akan lebih mudah berkeringat, terpapar sinar matahari, dan rentan terkena debu.

Dalam hal ini, sah-sah saja untuk menambah rutinitas mencuci muka di siang atau sore hari saat wajah sedang berjerawat.

Pilih sabun khusus untuk kulit berjerawat

Lagi-lagi, pastikan Anda menggunakan sabun pembersih wajah yang cocok dengan jenis kulit Anda saat ini.

Hindari mencuci muka pakai sabun yang berbahan kimia keras saat berjerawat. Residu bahan kimia tersebut dapat meninggalkan sensasi kering dan kesat berlebih pada kulit setelah digunakan. Inilah yang semakin memicu kulit teriritasi.

Sebagai gantinya, coba cari sabun cuci muka yang kaya kandungan pelembap sehingga membantu menenangkan kulit yang sedang berjerawat.

Pastikan juga Anda tidak menggunakan sabun yang mengandung scrub. Bukannya meredakan jerawat, butiran scrub yang kasar malah akan mengiritasi kulit sekaligus memperparah masalah jerawat Anda.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca