Ingin Punya Kulit yang Sehat dan Awet Muda? Intip 10 Caranya di Sini!

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 9 Januari 2018 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Siapa yang tidak ingin memiliki kulit sehat yang tetap halus dan kencang seperti kulit bayi? Tentu semua orang menginginkannya. Namun, tidak hanya usia yang bisa menua, kulit juga mengalami proses penuaan alami. Tanpa disadari, kulit mengalami perubahan yaitu menjadi semakin tipis dan kering. Garis-garis kerutan pada wajah juga akan semakin terlihat.

Sebenarnya ada dua hal yang memengaruhi proses penuaan pada kulit. Yang pertama adalah faktor genetik. Sedangkan kedua adalah faktor dari luar atau ekstrinsik seperti paparan sinar matahari, kebiasaan merokok, pola makan dan pola tidur tidak baik, stres, dan faktor gaya hidup lainnya.

Tidak perlu khawatir, meski proses penuaan ini berjalan secara alami dan tidak bisa dihentikan, para ahli kesehatan kulit (dermatolog) memberikan beberapa tips yang dapat Anda terapkan guna memperlambat proses penuaan kulit. Kulit sehat dan awet muda pun bukan mustahil lagi, meskipun Anda tidak melakukan operasi plastik atau perawatan mahal di klinik.

Tips-tips menjaga kulit sehat dan awet muda

1. Lindungi kulit dari sinar matahari setiap hari

Kemana pun Anda pergi beraktivitas, pastikan Anda selalu memakai sunscreen atau tabir surya yang memiliki sun protection factor (SPF) minimal SPF 15. Gunakan terutama pada bagian wajah dan tangan karena merupakan bagian paling rentan terhadap sinar matahari.

2. Berhenti merokok

Tidak perlu ditanyakan lagi, rokok tidak baik untuk kulit. Merokok mempercepat proses penuaan kulit, kulit lebih cepat keriput dan kusam. Ini karena bahan-bahan beracun dari rokok berperan sebagai radikal bebas yang akan merusak sel-sel kulit Anda.

Karena itu, untuk memiliki kulit sehat dan awet muda, sebaiknya Anda berhenti merokok.

3. Hindari melakukan ekspresi wajah berulang

Ketika Anda membuat ekspresi wajah seperti mengerutkan dahi, menyipitkan mata, atau cemberut, otot di bawah kulit berkontraksi. Apabila Anda sering melakukan kontraksi otot ini berulang dan terus-menerus selama bertahun-tahun, akan terbentuk garis-garis permanen pada wajah Anda.

Anda dapat menggunakan kacamata hitam untuk mencegah menyipitkan mata dari silaunya sinar matahari. Selain itu, perbanyak senyum daripada cemberut atau mengerutkan dahi. Senyuman yang tulus ampuh untuk menyamarkan penuaan pada kulit.

4. Terapkan pola makan sehat dan seimbang

Beberapa studi menyatakan bahwa makan banyak sayur dan buah mampu mencegah kerusakan kulit yang dapat memicu proses penuaan dini. Kulit membutuhkan banyak nutrisi yang baik untuk mempertahankan bentuk dan fungsinya. Vitamin B (biotin), vitamin C, dan vitamin E adalah beberapa jenis vitamin yang sangat baik untuk kulit.

Anda bisa mendapatkannya dari makanan seperti tomat (biotin dan vitamin C), wortel (biotin dan vitamin A), dan sayuran hijau serta kacang almond yang kaya akan vitamin E.

5. Batasi konsumsi alkohol dan perbanyak air putih

Penting untuk mengonsumsi banyak air putih agar kulit Anda tetap terjaga kelembapan dan kelembutannya. Sedangkan alkohol justru membuat kulit kering dan kasar sehingga membuat wajah terlihat lebih tua.

6. Olahraga rutin

Setidaknya 30 menit setiap hari, lakukan olahraga sedang untuk memperbaiki sirkulasi darah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini bisa membuat kulit sehat, berkilau alami, dan awet muda.

7. Bersihkan kulit wajah dengan lembut

Jangan terlalu sering cuci muka, apalagi dengan butiran scrubs karena bisa membuat kulit menjadi iritasi dan kering. Kulit iritasi dapat mempercepat proses penuaan kulit. Cukup gunakan sabun pembersih biasa setiap hari. Bila memang ingin melakukan scrubbing, batasi sampai paling sering sekali dalam seminggu.

Selain itu, keringkan wajah dan kulit Anda dengan lembut setelah cuci muka. Pakai handuk yang mampu menyerap air dengan baik dan jangan menggosok wajah terlalu keras. Cukup tepuk-tepuk pelan kulit Anda sampai kering.

8. Cuci muka dua kali sehari

Apa pun jenis kulit Anda, entah itu berminyak atau berjerawat, jangan terlalu sering mencuci muka dalam sehari. Cukup cuci muka dua kali sehari. Terlalu sering cuci muka justru bisa merusak keseimbangan bakteri baik di permukaan kulit serta menyingkirkan minyak alami (sebum) yang berguna untuk melindungi kulit.

9. Gunakan pelembab kulit setiap hari

Pelembab menjaga kadar air dalam kulit tetap seimbang sehingga kulit tidak tampak kendur atau berkerut. Paling baiknya, langsung gunakan pelembap setelah Anda mandi atau mencuci muka.

10. Stop pemakaian produk kulit yang menyebabkan iritasi

Apabila anda merasa perih atau panas seperti terbakar setelah menggunakan produk kulit tertentu, hentikan pemakaian. Ini pertanda kulit Anda mengalami iritasi yang nantinya dapat mempercepat proses penuaan kulit.

Namun, apabila Anda memang sedang dalam pengobatan dengan produk dari dokter spesialis kulit, hal ini masih tidak apa-apa. Pastikan saja penggunaannya sudah sesuai dengan anjuran dan selalu dalam pengawasan dokter.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

3 Hal yang Membuat Seks Tidak Lagi Terasa Memuaskan, dan Cara Mengatasinya

Lama-lama, seks bisa jadi membosankan. Apakah artinya sudah tak saling cinta lagi? Bisakah hubungan suami istri terasa nikmat seperti dulu lagi?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Seks & Asmara 24 September 2020 . Waktu baca 4 menit

5 Hal yang Harus Anda Lakukan Ketika Menyaksikan Bullying

Anda sering melihat bullying tapi tidak tahu harus berbuat apa? Anda ingin menolong korban tapi takut? Cari tahu di sini apa yang harus Anda lakukan!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Hidup Sehat, Psikologi 24 September 2020 . Waktu baca 5 menit

Apakah Posisi Kencing Berdiri Berbahaya untuk Kesehatan?

Kencing dengan posisi berdiri kerap dilakukan pria, tapi mereka yang mengidap gangguan saluran kemih justru dilarang. Apa alasannya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Urologi, Kandung Kemih 24 September 2020 . Waktu baca 5 menit

Kenapa Cuaca Dingin Bikin Rematik Kumat dan Bagaimana Mengatasinya?

Istilah 'dingin sampai menusuk tulang' bisa terjadi pada penderita rematik Nyeri sendi akibat rematik kambuh bisa disebabkan oleh cuaca, bagaimana bisa?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Tips Sehat 24 September 2020 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

pasangan malu berhubungan intim

6 Tips Membantu Pasangan yang Malu Berhubungan Intim

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 28 September 2020 . Waktu baca 4 menit
cedera kaki pakai tongkat kruk

Begini Cara Menggunakan Tongkat Kruk yang Benar Saat Sedang Cedera Kaki

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 28 September 2020 . Waktu baca 4 menit
psoriasis kuku

Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasi Psoriasis pada Kuku

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 28 September 2020 . Waktu baca 7 menit
ensefalopati uremikum

Ensefalopati Uremikum, Komplikasi Gangguan Ginjal yang Menyerang Otak

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 25 September 2020 . Waktu baca 4 menit