5 Cara Mencerahkan Kulit Siku dan Lutut yang Menghitam

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 06/09/2017 . 4 menit baca
Bagikan sekarang

Memiliki lutut hitam bagi sebagian wanita jelaslah sangat mengganggu penampilan, terlebih untuk mereka yang gemar menggunakan celana pendek atau rok di atas lutut. Bahkan menurut salah satu penelitian di mana ada sejumlah laki-laki yang ditanya tentang daya tarik mereka pada perempuan, disimpulkan bahwa mereka sangat tertarik dengan wanita yang memiliki kulit lutut dan siku berwarna cerah. Hal inilah yang tak jarang membuat sebagaian wanita merasa kurang percaya diri.

Apa penyebab lutut hitam?

Lutut dan siku adalah daerah yang lebih gelap dari pada yang lain karena daerah ini adalah area tubuh yang sering mengalami gesekan. Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab memiliki lutut dan siku yang gelap:

  • Efek penuaan – kondisi ini biasanya lebih sering terjadi pada orang dewasa dan lansia. Timbulnya bintik gelap pada lutut dan siku berhubungan dengan penuaan.
  • Adanya gesekan – Dalam aktivitas sehari-hari  siku dan lutut sering mengalami gesekan, hal ini menyebabkan penggelapan kulit bahkan tak jarang kulit menjadi kering.
  • Faktor genetik – Bintik gelap pada lutut dan siku adalah suatu kondisi yang cenderung diturunkan dari faktor keluarga. Jika orang tua atau anggota keluarga dekat memiki lutut dan siku gelap tidak menutup kemungkinan bahwa hal tersebut di wariskan dari mereka.
  • Tidak menjaga kebersihan lutut dan siku harus rutin dibersihkan setiap hari menggunakan produk perawatan kulit. Jika tidak, bintik-bintik gelap dan kulit kering bisa muncul di bagian-bagian tubuh lainnya.
  • Paparan matahari Gunakan pelindung tabir surya pada kulit Anda jika ingin melakukan aktivitas di luar ruangan dalam waktu yang lama. Tanpa perlindungan,  bagian siku dan lutut Anda kemungkinan akan semakin menghitam karena terkena paparan matahari.
  • Kulit kering –  Kulit kering dapat menyebabkan sel-sel kulit Anda lebih cepat mati, sehingga membuat bintik-bintik gelap lebih cepat terbentuk pula.
  • Penyebab lainnya – Ada beberapa hal lain yang dapat berkontribusi pada pembentukan bintik-bintik gelap pada siku dan lutut di antaranya adalah mengonsumsi obat-obat tertentu, gejala penyakit tertentu (obesitas, sindrom Addison, dll) ketidakseimbangan hormon, dan hiperpigmentasi kulit.

Cara alami mencerahkan lutut hitam

Berikut hal yang bisa dilakukan untuk membantu menyamarkan warna hitam pada kulit siku dan lutut menggunakan bahan-bahan alami

1. Lemon

Potong jeruk lemon menjadi dua bagian, lalu gosokkan lemon pada lutut dan siku. Namun ingat! Hindari dari luka terbuka, karena keasamaan lemon akan membuat kulit menjadi perih. Gunakan cara ini setiap malam sebelum tidur kemudian bilaslah pada keesokan harinya.

2. Lidah buaya

Biasanya lidah buaya digunakan untuk perawatan rambut, namun siapa sangka selain untuk perawatan rambut lidah buaya juga memberikan manfaat yang baik untuk kulit? Caranya, belah lidah buaya menjadi dua bagian. Ambil gel yang terkandung dalam lidah buaya lalu oleskan pada kulit siku ataupun lulut. Lidah buaya digunakan sebagai pelembab alami untuk membantu mengurangi area gelap pada kulit jika digunakan secara rutin.

3. Gula

Masih banyak orang yang tidak menyadari bahwa gula lebih dari sekadar bahan pemanis. Pasalnya, gula dapat digunakan untuk membantu proses pengelupasan kulit. Campur gula dengan minyak zaitun pada sebuah wadah, lalu oleskan ke bagian yang di rasa memiliki warna gelap. Tekstur kasar pada gula mampu menjadikan scrub alami untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada daerah lutut dan siku.

4. Minyak kelapa

Ada beberapa orang yang menganggap bahwa hampir semua jenis minyak dapat digunakan untuk melembabkan kulit. Eits, hal ini tidak benar sama sekali. Hanya beberapa jenis minyak yang memiliki khasiat dapat mencerahkan kulit, contohnya minyak kelapa dan minyak zaitun. Setelah mandi, Anda bisa mengoleskan secara merata minyak pada daerah yang memiliki warna gelap pada kulit.

5. Bubuk soda kue

Scrub pun bisa dibuat menggunakan soda kue. Caranya adalah dengan mencampurkan soda kue menggunakan air, jangan terlalu encer, biarkan sedikit mengental. Oleskan pada kulit tangan, siku, maupun kulit kaki. Scrub dari soda kue ini bisa mengangkat sel-sel kulit mati di kulit tangan maupun kulit wajah.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

Camilan yang gurih memang menggoda. Namun, sebaiknya mulai ganti camilan Anda dengan kacang almond, terutama untuk penderita hipertensi.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hipertensi, Health Centers 25/06/2020 . 5 menit baca

Sudah Benarkah Cara Cuci Tangan Anda?

Cuci tangan bukan sekadar gosok, bilas, dan keringkan. Ada cara cuci tangan yang baik untuk benar-benar efektif bunuh kuman.

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hidup Sehat, Tips Sehat 22/06/2020 . 4 menit baca

Apakah Anda Termasuk Orang yang Cukup Bersih? Cek Dulu di Sini!

Selama ini Anda sudah mahir menjaga kebersihan diri atau belum? Ini dia tips-tips supaya tubuh selalu bersih dan bebas dari penyakit.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Hidup Sehat, Tips Sehat 22/06/2020 . 5 menit baca

4 Penyebab Kanker Kembali Lagi Setelah Sembuh

Setelah melakukan pengobatan yang cukup panjang dan kanker dinyatakan sembuh, rasanya sangat melegakan. Namun, bagaimana kalau kanker kembali muncul?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Hidup Sehat, Tips Sehat 21/06/2020 . 6 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

gejala penyakit yang diacuhkan

8 Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Anda Abaikan

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 03/07/2020 . 4 menit baca
mengatasi mimpi buruk

Sering Mimpi Buruk? Ini Cara Mengatasinya

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 02/07/2020 . 5 menit baca
mitos fakta cacingan

Mengungkap Mitos dan Fakta Seputar Masalah Cacingan

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 29/06/2020 . 5 menit baca
skin fasting adalah

Menilik Skin Fasting, Tren ‘Puasa’ Skincare agar Kulit Lebih Cantik

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 28/06/2020 . 5 menit baca