10 Bahan Alami untuk Menghilangkan Bibir Hitam

Oleh

Bibir yang sehat tidak seharusnya berwarna gelap, apalagi hitam. Bibir hanya terdiri dari 3-5 lapisan sel, dibandingkan dengan kulit wajah yang memiliki hingga 16 buah lapis sel. Karena hanya memiliki sedikit lapisan, kulit bibir mengandung lebih sedikit penghasil pigmen melamin, alias warna kulit. Jadi biasanya warnanya cenderung lebih merah atau cerah. Jika bibir Anda mulai menggelap, Anda akan merasa tidak percaya diri, bukan? Berikut tips menghilangkan bibir hitam secara alami yang aman untuk bibir Anda.

Cara alami menghilangkan bibir hitam

Apakah Anda tahu kenapa bibir bisa terlihat berwarna merah? Bibir memiliki pembuluh darah, karena tipisnya lapisan bibir, maka pembuluh darah bisa terlihat. Inilah yang menyebabkan bibir memiliki warna merah. Selain itu, bibir juga tidak memiliki kelenjar keringat dan kelenjar minyak. Ketiadaan dua kelenjar tersebut menjadikan bibir sangat rentan kering dan pecah-pecah. Berikut bahan alami untuk menghilangkan bibir hitam Anda.

1. Timun

Irisan timun sering sekali dijadikan bahan alami untuk memutihkan lingkaran hitam di sekitar mata, tapi tahukah kamu kalau timun juga bisa digunakan untuk memutihkan bibir? Letakkan irisan timun di atas bibir selama lima menit setiap hari.

2. Madu

Anda pasti sudah tahu jika madu memiliki banyak manfaat. Madu adalah bahan alami yang berkhasiat untuk melembabkan bibir. Lapisi bibir dengan madu sebelum tidur, dan bilas dengan air hangat di pagi hari.

3. Minyak almond

Minyak almond adalah bahan yang tepat untuk dicampurkan dengan madu untuk melembutkan bibir. Campurkan enam tetes minyak almond dengan satu sendok teh madu dan gunakan ketika bibir kamu terasa kering.

3. Gula

Ada alasan kenapa beberapa produk perawatan bibir menggunakan gula sebagai bahan dasar. Gula berkhasiat untuk menghilangkan sel kulit mati pada bibir. Anda bisa membuat adonan pasta dari campuran tiga sendok makan gula granula dengan dua sendok makan mentega. Pakaikan pada bibir seminggu sekali.

4. Lemon

Tidak hanya digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat, lemon adalah salah satu bahan yang paling ampuh untuk mengembalikan warna alami bibir Anda. Cukup peras sari lemon dan gunakan pada bibir sebelum tidur.

5. Bit merah

Beet root atau yang lebih dikenal dengan bit merah ini mengandung warna merah alami yang bisa membuat bibirmu terlihat lebih merah. Pemakaiannya sama dengan lemon. Anda hanya perlu memeras sari-sari buah dan menggunakannya pada bibir.

6. Minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung mineral dan vitamin yang menyehatkan. Minyak zaitun berkhasiat untuk memberi warna sekaligus melembutkan bibir. Campurkan satu setengah sendok teh gula dengan beberapa tetes minyak zaitun dan pijat-pijat saat dioleskan pada bibir.

7. Delima

Anda mungkin lebih mengenal buah delima dengan pomegranate. Hancurkan biji pomegranate dan ambil satu sendok makan untuk dicampurkan dengan krim susu. Gunakan pada bibir dan pijat selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan sehari sekali untuk hasil yang maksimal.

8. Mawar

Rendam beberapa kelopak bunga mawar dalam susu selama satu jam, pastikan proporsi kelopak mawar dan susu tidak terlalu jauh berbeda. Hancurkan dan tambahkan madu supaya lebih kental dan gunakan selama 15 menit.

8. Raspberry

Raspberry atau buah prambos mengandung mineral dan vitamin untuk membuat bibir Anda menjadi lebih cerah. Buat campuran raspberry dengan aloe vera atau lidah buaya dan madu, aduk sampai merata. Aplikasikan pada bibir dan pijat-pijat sampai bibir terasa lembut. Bilas setelah pemakaian selama 10 menit.

10. Stroberi

Anda bisa membuat lip balm alami dengan menggunakan buah stroberi. Campurkan satu sendok teh stroberi yang telah dihancurkan dengan dua sendok teh petroleum jelly.

Bahan-bahan alami yang mudah ditemui ini bisa Anda buat sendiri di rumah. Lakukan secara teratur untuk menghilangkan bibir hitam Anda. Hentikan kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan bibir berwarna hitam atau gelap.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Februari 18, 2017 | Terakhir Diedit: September 6, 2017

Sumber
Yang juga perlu Anda baca