Makanan yang Baik untuk Sebelum dan Setelah Lari

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 14 Juni 2019 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Sebenarnya, mana yang lebih baik: lari sebelum makan atau lari setelah makan?Apa makanan yang harus dimakan sebelum dan setelah lari? Apa efeknya akan berbeda pada tubuh? Berikut penjelasannya.

Efek pada tubuh jika makan sebelum lari

Anda merasa senang setelah menghabiskan satu porsi besar nasi padang dan ayam bakar. Lalu Anda berpikir untuk membakar kalori tersebut lewat lari. Ini mungkin bukan ide bagus. Seharusnya Anda tidak boleh merasa lapar ataupun kenyang sebelum lari. Selain itu, lari setelah makan bisa menyebabkan nyeri perut atau kram. Ingatlah, Anda tidak ingin membuat perut sakit, jadi makanan yang ringan sebenarnya cukup.

Makanan yang tinggi lemak bukanlah yang Anda inginkan. Camilan berkabohidrat tinggi dianjurkan karena bisa memberikan energi yang berguna untuk lari. Selain itu, menu makan pra-lari cukup menarik. Anda bisa mencoba puding, buah jeruk karena memberi asupan vitamin C, sereal, oatmeal, wortel, atau bahkan segelas kopi susu karena susu adalah protein dan kopi untuk konsentrasi. Ini hanyalah beberapa anjuran karena masih ada banyak lainnya dan diet masing-masing orang akan berbeda.

Anda cukup mengingat satu hal: makan yang sederhana dan ringan. Terkait lari dengan perut kosong, Anda tidak akan merasakan nyeri jika Anda lari selama sekitar 30 menit. Jika Anda akan lari selama lebih dari satu jam, maka makanan ringan adalah yang terbaik.

Efek pada tubuh jika lari setelah makan

Rasa lapar akan menemani Anda sekarang. Membuang energi saat lari berarti tubuh Anda perlu mengisi kembali energinya, tapi ini bukan berarti Anda bisa makan seenaknya. Makan apapun yang menarik perhatian Anda dan yang terasa sedap hanya akan berkebalikan dari tujuan lari Anda.

Yang paling baik adalah makan dalam satu jam pasca tahap pendinginan, dan ingatlah bahwa ini merupakan sarapan Anda — makanan terpenting dalam sehari. Jadi, Anda mungkin perlu makan sesuatu yang idealnya mengandung kalori, karbohidrat, dan protein. Menunya bisa saja apapun yang menggiurkan yang mencakup telur, pancake, sandwich, atau apapun yang bisa terpikirkan dan sehat, dan yang tidak membuat Anda terlalu kenyang.

Akan ada saat-saat dimana Anda akan berpikir bahwa McDonald’s akan mengenyangkan Anda setelah lari, tetapi pilihan makanan ini hanya akan membuat Anda lari lebih lama untuk membakar lemak yang dihasilkannya — meskipun makanan cepat saji ini tetaplah sedap. Jadi, jangan terlalu membatasi diri Anda sesekali. Jangan terlalu keras pada diri sendiri, tetapi ingatlah untuk menaati program lari dan diet yang telah Anda rancang. Kuncinya adalah untuk menyeimbangkan diet terbaik sesuai kebutuhan Anda, baik sebelum dan setelah lari.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Jenis Makanan Sehat untuk Membantu Menyembuhkan Kanker Otak

Ada beberapa jenis makanan yang dapat membantu menyembuhkan kanker otak, ataupun meringankan gejala yang timbul. Berikut daftar makanan yang disarankan.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Kanker, Kanker Otak 16 September 2020 . Waktu baca 5 menit

Bagaimana Cara Mendorong Anak Menjadi Atlet?

Olahraga sangat bermanfaat dalam mendukung tumbuh kembang anak. Namun, memotivasi dan mendorong anak menjadi atlet adalah lain hal. Bagaimana caranya?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rina Nurjanah
Kebugaran, Hidup Sehat 9 September 2020 . Waktu baca 7 menit

Menjadi Atlet di Mata Atlet Muda Indonesia

Menjadi atlet sejak usia belia sebaiknya berdasarkan keinginan si anak sendiri. Inilah kisah-kisah para atlet muda Indonesia atas pilihannya.  

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Kebugaran, Hidup Sehat 9 September 2020 . Waktu baca 7 menit

15 Pilihan Makanan dan Minuman untuk Diabetes, Plus Menunya!

Pola makan jadi kunci utama untuk mengendalikan diabetes. Beberapa jenis makanan dan minuman berikut baik untuk penderita diabetes, beserta contoh menunya!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Penyakit Diabetes 7 September 2020 . Waktu baca 13 menit

Direkomendasikan untuk Anda

kejang otot

Kenali Kejang Otot, Mulai dari Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 19 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit
kram otot

Kenali Penyebab yang Mungkin Membuat Anda Mengalami Kram Otot

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 19 Oktober 2020 . Waktu baca 6 menit
persiapan naik gunung

7 Hal yang Harus Anda Persiapkan Sebelum Naik Gunung

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 15 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit
kebugaran jantung

Cara Mudah Ukur Kebugaran Jantung dan Paru, Tak Perlu Periksa ke Rumah Sakit

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fauzan Budi Prasetya
Dipublikasikan tanggal: 29 September 2020 . Waktu baca 4 menit