Anda mudah lelah ketika baru berjalan sedikit atau saat naik tangga? Bisa jadi itu tanda tubuh Anda kurang bugar. Kebugaran tubuh sendiri terbagi dalam beberapa komponen, seperti kebugaran kardiorespirasi, komposisi tubuh, kelenturan, serta ketahanan dan kekuatan otot.

Nah, mengukur ketahanan dan kekuatan otot itu sangat penting, bukan cuma bagi binaragawan saja. Pasalnya, mengetahui seberapa kuat otot Anda bisa memberikan gambaran sejauh apa Anda harus berlatih agar tubuh jadi bugar dan bertenaga.

Apa itu ketahanan dan kekuatan otot dan apa gunanya?

Kekuatan otot adalah ukuran yang digunakan untuk menghitung seberapa besar daya yang mampu dihasilkan otot saat beraktivitas. Sedangkan ketahanan otot digunakan untuk mengetahui seberapa lama otot bisa menahan kontraksi (ketika otot menegang guna menahan beban atau gerakan).

Dari pengertian tersebut, tentu sudah jelas kalau tubuh manusia, dari bayi sampai jadi lansia, sangat bergantung pada ketahanan serta kekuatan otot supaya bisa menjalankan fungsinya sehari-hari.  Namun, manfaat lengkapnya bisa Anda simak di bawah ini.

Lancar beraktivitas setiap hari

Kekuatan dan ketahanan otot diperlukan untuk Anda melakukan aktivitas sehari-hari secara mandiri. Ini menunjang kehidupan Anda karena tanpa disadari setiap kegiatan yang Anda lakukan melibatkan kerja otot.

Misalnya membawa belanjaan, berpegangan di bus, membuka botol, dan lainnya. Oleh karena itu, kekuatan otot penting dijaga sampai tua agar Anda masih dapat melakukan aktivitas secara mandiri.

Otot yang kuat juga dapat membantu menjaga keseimbangan tubuh lebih baik, sehingga mengurangi risiko terjatuh, misalnya saat berjalan. Ini bermanfaat, terutama untuk orang yang sudah tua. Oleh karena itu, olahraga teratur penting dilakukan untuk menjaga kekuatan dan ketahanan otot sampai usia tua.

Mencegah penyakit kronis

Olahraga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kekuatan dan massa otot. Massa otot yang meningkat dapat membuat massa lemak tubuh menurun. Hal ini kemudian dapat melindungi Anda dari berbagai penyakit kronis, seperti tekanan darah tinggi (hipertensi), diabetes, dan pengapuran sendi (osteoarthritis).

Mengendalikan berat badan

Mempertahankan massa dan kekuatan otot juga membantu menjaga berat badan Anda. Massa otot yang banyak dalam tubuh dapat membantu meningkatkan metabolisme dan membuat tubuh membakar kalori lebih banyak. Maka lebih mudah bagi Anda untuk mempertahankan maupun menurunkan berat badan.

Bagaimana cara mengukur ketahanan dan kekuatan otot?

Dilansir dari situs kesehatan MayoClinic, kekuatan dan ketahanan otot bisa diukur melalui berbagai tes, misalnya:   

Tes sit-up

kenapa sit up tidak efektif bakar lemak perut

Tes sit-up dilakukan untuk melihat kekuatan dan ketahanan otot perut. Lakukan sit-up sebanyak yang Anda bisa dalam waktu satu menit. Kemudian, bandingkan jumlah sit-up Anda dengan tabel di bawah ini.

Tabel berikut menunjukkan jumlah sit-up yang bisa dicapai jika kebugaran tubuh Anda termasuk baik. Jika jumlah sit-up Anda di bawah angka tersebut, artinya Anda harus melakukan lebih banyak olahraga lagi untuk meningkatkan kebugaran tubuh.

Lakukan sit-up sebanyak yang Anda bisa dalam waktu satu menit. Kemudian, bandingkan jumlah sit-up Anda dengan tabel di bawah ini. Tabel ini menunjukkan jumlah sit-up yang bisa dicapai jika kebugaran tubuh Anda termasuk baik. Jika jumlah sit-up Anda di bawah angka tersebut, artinya Anda harus melakukan lebih banyak olahraga lagi untuk meningkatkan kebugaran tubuh.

Tes push-up

Tes ini dilakukan untuk mengukur kekuatan dan ketahanan otot lengan. Lakukan sebanyak mungkin push-up sampai Anda lelah dan berhenti. Bandingkan jumlah push-up Anda dengan tabel di bawah ini.

Jika jumlah push-up Anda sama atau lebih dari angka di bawah ini, artinya Anda mempunyai kebugaran tubuh yang baik. Namun, jika jumlah push-up Anda di bawah angka tersebut, artinya Anda harus berusaha untuk meningkatkan kebugaran tubuh Anda.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca