5 Olahraga Ringan yang Dapat Anda Lakukan di Kantor

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 05/03/2020
Bagikan sekarang

Lelah bekerja di depan layar komputer selama berjam-jam tanpa istirahat? Pantat seolah-olah menempel di tempat duduk? Tidak punya waktu untuk pergi ke gym? Apabila itu semua yang Anda alami, Anda mungkin tidak menyadari bahwa kesehatan Anda sedang dipertaruhkan. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa latihan kardio selama 30 menit dan dilakukan lima kali seminggu dapat menjaga kesehatan Anda.

Kami akan membantu Anda menciptakan gaya hidup sehat dengan melalui masalah kesehatan yang dapat dihindari dan latihan yang dapat Anda lakukan di tempat kerja.

Masalah kesehatan umum bagi pekerja kantor

Pekerjaan kantor biasanya menempatkan karyawannya untuk duduk dalam waktu yang lama. Ketika Anda duduk di tempat yang sama untuk jangka waktu lama, metabolisme tubuh akan melambat. Cara tubuh mengontrol kadar gula, tekanan darah, dan pemecahan lemak mungkin berubah.

Membiarkan tubuh menjadi tidak aktif selama di kantor dapat memicu gangguan kesehatan, seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, kanker, dan rendahnya kesehatan mental akibat imobilitas di kantor. Bahkan jika Anda bersepeda ke kantor atau menggunakan tangga daripada lift, Anda masih berisiko terkena gangguan kesehatan jika Anda tidak aktif bergerak di kantor.

Beberapa olahraga yang dapat Anda coba

Lima olahraga di bawah ini dapat Anda lakukan di meja kerja Anda. Selain meningkatkan kekuatan, latihan ini dapat membakar beberapa kalori ekstra untuk meningkatkan kesehatan sekaligus semangat saat bekerja.

The Wall (Street) Sit

Berdiri dengan punggung menempel dinding, tekuk lutut dan geser punggung sampai paha sejajar dengan lantai. Duduk dan tahan posisi selama 30-60 detik. Anda dapat memanfaatkan waktu tersebut untuk membaca buku, majalah, atau dokumen. Untuk membakar lebih banyak energi, Anda bisa mencoba menyilangkan pergelangan kaki kanan di atas lutut kiri, tahan selama 15 detik. Ulangi gerakan yang sama dengan kaki yang lain.

The Office Genie

Latihan ini akan membantu Anda lebih bersantai. Saat duduk di kursi, angkat kaki ke posisi silang. Letakkan tangan pada lengan kursi dan dorong ke atas untuk mengangkat tubuh Anda dari kursi dan tahan posisi tersebut selama 10-20 detik. Kemudian duduk kembali ke kursi, istirahat selama satu menit, dan ulangi gerakan.

The Shoulder Shrug

Latihan ini cukup sederhana. Anda hanya perlu mengangkat kedua bahu ke arah telinga, tahan selama 5 detik dan lemaskan. Ulangi sebanyak 15 kali. Jika Anda ingin menambahkan tingkat kesulitan, cobalah berdiri dan pegang satu rim kertas di masing-masing tangan.

The Lunch Break Hammy

Berdiri di belakang kursi, pegang dan jadikan kursi sebagai penyangga. Tendangkan secara perlahan satu kaki ke arah belakang sampai tinggi tumit sejajar dengan bagian atas paha Anda. Kemudian turunkan kaki kembali ke bawah dan ulangi gerakan dengan kaki yang lain. Ulangi latihan sebanyak 10 kali. Setelah sedikit makan siang, Anda dapat melakukan gerakan 10 kali lagi.

The Desk Squat

Pertama, berdiri dengan kedua kaki, jauhkan kursi Anda. Tekuk lutut dengan lembut sampai paha hampir sejajar dengan lantai (tirukan gerakan seolah-olah Anda sedang duduk di kursi). Ketika Anda membungkuk, angkat lengan Anda lurus ke atas atau ke arah layar komputer sambil menjaga lutut tetap sejajar. Tahan posisi selama 15 detik dan lepaskan. Ulangi latihan sebanyak 4-6 kali.

Kelima latihan di atas tergolong mudah dilakukan untuk pekerja kantor saat bekerja. Sekarang, Anda tidak punya alasan lagi bukan? Sisipkan latihan di atas dalam rutinitas kesibukan Anda. Dengan sedikit usaha, Anda dapat memiliki gaya hidup sehat. Anda akan merasa produktif dalam pekerjaan dan dalam aktivitas lainnya.

Baca Juga:

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy"
    Sumber

    Yang juga perlu Anda baca

    Bagaimana Atlet Menjaga Fisik dan Mental Selama Pandemi COVID-19?

    Saat pandemi COVID-19 semua kejuaraan olahraga harus tertunda, ini bisa mempengaruhi performa, kesehatan fisik, dan kesehatan mental para atlet.

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
    Coronavirus, COVID-19 14/04/2020

    4 Jenis Olahraga Saat Menopause untuk Menurunkan Berat Badan

    Saat menopause, tubuh wanita cenderung mengalami berat badan. Lantas, apa jenis olahraga saat menopause yang disarankan untuk menurunkan berat badan?

    Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
    Ditulis oleh: Ihda Fadila

    Panduan Olahraga untuk Pasien Kanker Tulang

    Olahraga untuk Anda yang memiliki kondisi kanker tulang mungkin memang sulit, tapi bukan berarti mustahil dilakukan. Inilah panduannya.

    Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Winona Katyusha

    Tips dan Gerakan Push Up untuk Pemula

    Melakukan push up untuk pemula pasti tidak mudah, apalagi bagi Anda yang baru memulai berolahraga. Simak tipsnya di sini!

    Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Winona Katyusha

    Direkomendasikan untuk Anda

    cara menurunkan berat badan tanpa olahraga

    10 Cara Mudah Turun Berat Badan Tanpa Olahraga

    Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
    Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020
    tips olahraga

    Agar Tetap Bugar Selama Liburan, Sontek 4 Tips Olahraga Mudah Ini

    Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
    Ditulis oleh: Fajarina Nurin
    Dipublikasikan tanggal: 25/05/2020
    Manfaat yoga bridge pose

    Manfaat Rutin Melakukan Yoga Bridge Pose pada Fisik dan Mental

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
    Dipublikasikan tanggal: 06/05/2020
    manfaat jalan kaki bagi penderita diabetes

    6 Manfaat Jalan Kaki untuk Penderita Diabetes

    Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
    Ditulis oleh: Ihda Fadila
    Dipublikasikan tanggal: 26/04/2020