Apa yang Dilakukan Dokter Saat Periksa Gigi Anak Pertama Kalinya?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 31/12/2017 . Waktu baca 6 menit
Bagikan sekarang

American Dental Association dan American Academy of Pediatric Dentistry menyatakan, kunjungan anak ke dokter gigi sebaiknya dimulai pada umur 6 bulan semenjak gigi pertamanya tumbuh dan sebelum ulang tahun pertamanya. Menjaga kesehatan gigi sejak kecil menjadi kunci agar anak terhindar dari kerusakan gigi yang sering terjadi. Mulai periksa gigi anak secara dini ke dokter gigi membantunya untuk mendapatkan gigi yang sehat.

Bagi anak-anak, terlebih balita, mengunjungi dokter gigi untuk pertama kalinya bisa jadi hal yang menakutkan, walaupun anak belum sepenuhnya mengerti, alat-alat yang terlihat aneh hingga suara alat yang nyaring bisa menimbulkan ketakutan tersendiri. Namun, orangtua perlu menanamkan pada anak bahwa pergi ke dokter gigi merupakan hal yang menyenangkan dan sangat bermanfaat. 

Apa yang dokter lakukan saat periksa gigi anak pertama kali?

Kunjungan pertama ke dokter gigi biasanya singkat dan dokter hanya melakukan beberapa perawatan ringan. Kunjungan ini memberikan anak Anda kesempatan bertemu dengan dokter gigi dengan cara yang menyenangkan. Sebagian dokter gigi biasanya mempersilakan orangtua untuk duduk di bangku perawatan dan menemani anaknya selama proses berlangsung.

Sebagian lainnya justru meminta orangtua untuk menunggu di luar ruangan selama masa perawatan agar hubungan antara anak dan dokter gigi dapat terbangun secara lebih dekat.

Selama periksa gigi anak, dokter gigi akan mengecek apakah ada gigi yang mengalami pembusukan, kemudian memeriksa gigitan anak, dan melihat segala masalah yang berpotensi pada gusi, rahang, dan jaringan mulut. Jika diperlukan, dokter akan membersihkan gigi anak dan melihat kebutuhan flouridenya. Fluoride membantu mencegah kerusakan gigi dengan membuat gigi lebih tahan terhadap serangan asam dari bakteri plak dan gula.

Selain itu, dokter juga akan memberitahu orangtua tentang dasar-dasar merawat kesehatan mulut anak dan mendiskusikan masalah perkembangan gigi anak.

Topik yang mungkin didiskusikan oleh dokter gigi Anda biasanya meliputi:

  • Praktik kebersihan mulut yang baik untuk gigi dan gusi dan rongga gigi anak Anda.
  • Kebutuhan fluoride.
  • Kebiasaan yang berhubungan dengan mulut misalnya mengisap jempol dan mengisap atau menggigit bibir.
  • Mengatasi tumbuh gigi pada anak.
  • Nutrisi yang tepat untuk gigi anak.
  • Jadwal pemeriksaan gigi. Biasanya dokter menganjurkan untuk datang setiap 6 bulan sekali. Hal ini selain dilakukan untuk memantau perkembangan gigi juga dimaksudkan untuk membangun kedekatan dan kepercayaan anak terhadap dokter gigi.

Mana yang harus dipilih, dokter gigi spesialis anak atau dokter gigi biasa?

Ketika hendak periksa gigi anak, mungkin Anda bingung apa bedanya dokter gigi spesialis anak dan dokter gigi biasa. Dokter gigi anak dan dokter gigi biasa memiliki perbedaan yang cukup berarti. Seorang dokter gigi spesialis anak memiliki dua tahun pelatihan tambahan di luar sekolah kedokteran gigi. Pelatihan ini berfokus pada pengelolaan dan perawatan gigi anak, perilaku anak, perkembangan fisik anak, dan hal lainnya yang menyangkut kebutuhan khusus anak-anak terkait kesehatan gigi dan mulut.

Pada dasarnya, meskipun dokter gigi biasa mampu menangani perawatan kesehatan gigi dan mulut anak Anda, tetapi biasanya ada hal menarik yang bisa menjadi nilai plus jika Anda mengaajak buah hati ke dokter gigi spesialis anak. Dokter gigi, staf, hingga dekorasi ruangan semuanya disesuaikan untuk anak-anak. Hal ini biasanya lebih membuat anak merasa nyaman dan mengurangi ngerinya citra dokter gigi pada umumnya. Bahkan mungkin pergi ke dokter gigi bisa menjadi hal menarik bagi anak.

Kapan anak seharusnya melakukan X-ray gigi pertama?

Tidak ada aturan khusus yang mengatur kapan anak harus memulai X-ray gigi. Namun, yang perlu diperhatikan yakni ada beberapa anak yang harus melakukan prosedur tersebut lebih awal. Yaitu anak-anak yang berisiko tinggi mengalami masalah gigi, misalnya anak-anak yang menggunakan dot, anak yang memiliki gigi sumbing atau masalah pada langit-langit mulut.

Umumnya hal ini dilakukan ketika anak berusia 5 hingga 6 tahun. Di usia ini gigi dewasa mulai tumbuh. Sinar X memainkan peran penting dalam membantu dokter untuk melihat apakah semua gigi dewasa tumbuh di rahang. Hal yang  tak kalah penting untuk mengetahui apakah gigi yang tumbuh bersih dan sehat.

Kebiasaan baik untuk gigi anak yang harus Anda terapkan di rumah

Selain ke dokter gigi, beberapa kebiasaan di bawah perlu Anda terapkan di rumah agar si kecil terhindar dari masalah gigi dan mulut, di antaranya:

  • Hentikan kebiasaan mengisap pada anak sesegera mungkin. Misalnya anak Anda memiliki kebiasaan mengisap jempol atau minum susu lewat dot, maka kebiasaan ini  perlu dihilangkan sesegera mungkin karena dapat menyebabkan masalah pada gigi nantinya.
  • Pilihkan sikat gigi yang berukuran kecil dan lembut. Jangan lupa untuk mengganti sikat gigi setiap tiga bulan sekali.
  • Gunakan pasta gigi hanya seukuran jagung di atas sikat gigi. Takaran tersebut cukup memberikan flouride pada anak. Jangan memberi pasta gigi sepanjang sikat karena bisa merusak mulut dan gigi jika terlalu berlebihan.
  • Bantu anak Anda untuk menyikat gigi. American Academy of Pediatric Dentistry merekomendasikan agar anak di bawah 8 tahun menyikat gigi dengan bantuan orangtua.
  • Hindari makanan ringan yang mengandung tepung dan gula karena lebih mudah menempel pada gigi dan meningkatkan risiko pembusukan.
  • Jika anak tidak bisa menyikat giginya, bilas mulutnya dengan air untuk membersihkan partikel makanan yang tersisa serta gula.

Memeriksa gigi anak ke dokter menjadi kewajiban tiap orangtua. Hal yang perlu diingat ialah jangan pernah menjadikan pergi ke dokter gigi sebagai ancaman atau hukuman jika tidak ingin buah hati Anda menjadi takut untuk pergi ke dokter gigi.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Apakah Wadah Plastik untuk Makanan Anda Aman Bagi Kesehatan? Cari Tahu Lewat Kode Ini

Saat ini hampir semua tempat makanan atau minuman terbuat dari wadah plastik. Namun, sebelum menggunakannya, ketahui dulu kode dari masing-masing wadah.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Tips Sehat 10/07/2020 . Waktu baca 4 menit

Amankah Minum Air dari Botol Plastik yang Sudah Hangat?

Ada yang bilang kita sudah tak boleh minum air yang disimpan dalam botol plastik hangat. Misalnya karena ditinggal di mobil seharian. Benarkah demikian?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 10/07/2020 . Waktu baca 4 menit

Yuk, Ketahui Beragam Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

Anda pasti tahu mengayuh sepeda tentunya lebih sehat dibanding naik mobil. Tapi, apa sebenarnya manfaat bersepeda bagi kesehatan tubuh kita?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Hidup Sehat, Tips Sehat 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit

Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

Mungkin Anda kaget saat tahu kalau kelopak mata bengkak tiba-tiba. Ada banyak hal yang bisa bikin kelopak mata Anda bengkak. Apa saja?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Tips Sehat 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

orgasme tanpa disentuh

3 Hal yang Bisa Membuat Anda Orgasme Tanpa Disentuh

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 14/07/2020 . Waktu baca 4 menit
pasien koma masih sadar atau tidak

Ini yang Terjadi Pada Tubuh dan Pikiran Saat Kita Sedang Koma

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 14/07/2020 . Waktu baca 4 menit
tidak puas dengan pekerjaan berbahaya bagi kesehatan

Tidak Menikmati Pekerjaan di Masa Muda, Bisa Membahayakan Kesehatan di Masa Depan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 14/07/2020 . Waktu baca 4 menit
resep pasta gandum

3 Resep Pasta Gandum Rendah Kalori yang Mudah Dimasak

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 14/07/2020 . Waktu baca 3 menit