backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

3

Tanya Dokter
Simpan

Menyehatkan, Ini 10 Rekomendasi Madu yang Bagus untuk Anak

Fakta medis diperiksa oleh Hello Sehat Medical Review Team


Ditulis oleh Putri Ica Widia Sari · Tanggal diperbarui 09/11/2023

Menyehatkan, Ini 10 Rekomendasi Madu yang Bagus untuk Anak

Memilih dan memberikan madu yang bagus untuk anak sangat penting dilakukan. Tidak hanya enak dikonsumsi, faktanya, manfaat madu untuk anak sangatlah beragam bagi kesehatan tubuhnya. 

Nah, agar mempermudah Anda dalam menentukan madu untuk anak, berikut ini adalah beberapa rekomendasi mereknya yang bisa Anda jadikan pertimbangan.

Cara kami memilih madu yang bagus untuk anak

Madu adalah produk alami yang dihasilkan oleh lebah madu dari nektar bunga.

Proses pembuatan madu melibatkan beberapa langkah, mulai dari pengumpulan nektar hingga penyimpanan dalam sarang lebah. 

Menurut Mayo Clinic, madu dapat memberikan beberapa manfaat bagi tubuh. Ini termasuk untuk anak-anak.

Manfaat ini di antaranya untuk mengatasi batuk, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melancarkan pencernaan, hingga mencegah terjadinya kerusakan gigi. 

Namun, untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda sebagai orangtua tentu harus memilih madu yang tepat. Saat memilih madu, sebaiknya orangtua perlu mempertimbangkan beberapa hal di bawah ini. 

  • Pastikan madu yang dibeli adalah murni, tanpa dicampur gula atau bahan tambahan lainnya. 
  • Pilih merek madu yang terkenal dan memiliki reputasi yang baik. Hal ini karena mereka dapat memberikan jaminan kualitas dan keamanan produk. Anda juga bisa mengecek izin edar dari BPOM untuk meningkatkan keamanan produk. 
  • Cek label pada kemasan. Pasalnya, tidak semua madu dirancang khusus untuk anak-anak. 
  • Bila anak dalam masa pemulihan setelah sakit, Anda bisa memberikan madu dengan tambahan royal jelly atau bahan alami lainnya, seperti temulawak. 
  • Konsultasikan dengan dokter bila anak Anda memiliki alergi atau kondisi kesehatan tertentu. 

Berdasarkan pertimbangan di atas, kami memberikan rekomendasi produk madu yang diklaim aman untuk dikonsumsi oleh anak.

Tidak hanya itu, kami juga memastikan produk-produk ini telah mendapatkan izin edar dari BPOM. 

10 rekomendasi madu yang bagus untuk anak 

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi madu yang bagus dan baik untuk anak sebagai bahan pertimbangan Anda sebelum membelinya. 

1. WB Wild Bee Madu Anak Multivitamin

Wild Bee Madu Anak Multivitamin bisa menjadi pilihan madu yang bagus untuk anak karena diklaim dihasilkan dari jenis lebah terbaik. Madu ini terbuat dari perpaduan madu sumbawa super dan madu randu. 

Menariknya lagi, madu ini dicampur dengan bahan herbal pilihan, seperti habbat oil, spirulina, goji berry, curcuma, dan sari kurma. 

Dengan beragam kandungan tersebut, madu ini dapat memberikan beragam manfaat, seperti meningkatkan nafsu makan anak, mengobati sariawan dan panas dalam, serta mengoptimalkan metabolisme tubuh. 

Nomor registrasi BPOM: MD 152137061388

2. TJ Joybee Madu Multivitamin

Madu yang baik untuk anak selanjutnya adalah TJ Joybee Madu Multivitamin. Merek ini mengklaim produknya merupakan kombinasi madu dan multivitamin pertama di Indonesia. 

Madu ini mengandung berbagai bahan yang tentunya bermanfaat bagi tubuh, di antaranya curcuma, propolis, sari kurma, vitamin B kompleks, dan vitamin C. 

Perpaduan madu dan multivitamin ini memberikan manfaat lengkap untuk pertumbuhan anak. TJ Joybee juga dapat membantu memperbaiki nafsu makan serta mengoptimalkan fungsi otak. 

Nomor registrasi BPOM: SD152647481

3. Vitabumin Madu Ikan Gabus

Vitabumin Madu Ikan Gabus juga dapat menjadi pilihan madu anak yang bagus. Setiap mililiter madu ini mengandung 11,25 gram madu, 3,75 gr ekstrak ikan gabus, dan 1,87 gram temulawak. 

Dengan kandungan tersebut Vitabumin Madu Ikan Gabus dapat meningkatkan nafsu makan, menambah berat badan, meningkatkan daya tahan tubuh, serta mempercepat penyembuhan sakit pada anak.

Bahkan, merek ini mengklaim produknya dapat membantu meningkatkan kecerdasan anak serta menjadi salah satu obat terapi flek paru pada anak. 

Nomor registrasi BPOM: TR173608251 

4. Comvita Kids Yummy Honey

Merek madu anak yang tidak kalah bagus lainnya adalah Comvita Kids Yummy Honey. Madu ini disebut dibuat di New Zealand dan telah mendapatkan sertifikasi Halal dari FIANZ (Federation of Islamic Associations of New Zealand). 

Comvita Kids Yummy Honey Madu diklaim cocok digunakan sebagai sumber zat gizi harian anak, pengganti gula yang lebih sehat, serta snack yang sehat dengan rasa yang tentunya disukai anak. 

Madu ini dapat dikonsumsi sejak si Kecil berusia 1 tahun. Adapun pemberian madu untuk bayi tidak direkomendasikan.

Nomor registrasi BPOM: ML 252109419745

5. Curcuma Plus Honey Original

Curcuma Plus Honey Original juga dapat digunakan untuk membantu memelihara kesehatan anak. 

Produk ini disebut bisa menjadi suplementasi vitamin untuk membantu pertumbuhan anak serta memperbaiki nafsu makannya.

Hal ini karena setiap 15 ml produk madu ini mengandung 10 gram curcuma, 250 mg sari kurma, 3 mg vitamin B1, 50 mg vitamin C, dan 1 mg minyak ikan. 

Nomor registrasi BPOM: SD201685831

6. Walatra Hexabumin Madu Anak

Walatra Hexabumin merupakan produk madu yang bisa menjadi suplemen kesehatan untuk anak. Produk ini disebut terbuat dari 100% bahan alami, sehingga aman dikonsumsi. 

Selain terbuat dari bahan alami, suplemen ini juga memiliki keunggulan lain, yaitu proses pengolahannya yang menggunakan nano technology

Beberapa manfaat yang mungkin didapatkan bila anak mengonsumsi Walatara Hexabumin adalah mengatasi gigi sensitif, sakit akibat gigi berlubang, serta penyakit gigi lainnya pada anak. 

Nomor registrasi BPOM: TR183615831

7. Essenzo Kids Honey

Essenzo Kids Honey adalah madu alami yang dikombinasikan dengan ekstrak temulawak dan pegagan. Madu ini diklaim bagus untuk membantu meningkatkan nafsu makan anak. 

Tidak hanya itu, kandungan spirulina, propolis, dan habbatussauda yang dicampurkan dengan madu ini juga dapat membantu menjaga daya tahan tubuh si Kecil. 

Namun tidak hanya untuk anak-anak, ternyata madu ini juga dapat dikonsumsi oleh orang dewasa yang ingin meningkatkan berat badan. 

Nomor registrasi BPOM: TR203641181

8. Longan Forbee Honey

Dipanen dari monofloral bunga kelengkeng, Forbee Longan Honey cocok diberikan kepada si Kecil dan ibu hamil. Madu ini memiliki ciri khas manis alami seperti buah longan. 

Di dalam Longan Forbee Honey juga kaya akan protein, antioksidan flavonoid, vitamin B kompleks, dan mineral lainnya, seperti seng, zat besi, magnesium, dan kalsium. 

Berkat beberapa kandungan tersebut, Longan Forbee Honey dapat memberikan manfaat bagi tubuh, di antaranya meningkatkan nafsu makan serta meredakan sakit tenggorokan, demam, batuk, dan pilek. 

Nomor registrasi BPOM: ML 152137007007

9. Watu Honey Multifloral Origin

Madu terbaik untuk anak yang selanjutnya datang dari Watu Honey Multifloral Origin. Watu Honey Multifloral Origin dihasilkan dari lebah trigona dengan karakteristik rasa manis, pahit, dan sedikit asam. 

Madu ini mengandung tinggi propolis dan beberapa kandungan lainnya, seperti antiinflamasi, antibakteri, dan antioksidan.

Hal ini tentu bermanfaat dalam meningkatkan kekebalan tubuh dan menyeimbangkan metabolismenya. 

Nomor registrasi BPOM: MD 152128003380

10. Madu Uray Natural Honey

Madu Uray Natural Honey adalah 100% madu hutan murni  yang dihasilkan dari lebah hutan (Apis dorsata) yang mengambil nektar dari beragam macam bunga di hutan.  

Untuk menghasilkan madu terbaik, madu ini pun dipanen secara hati-hati agar seluruh kandungan vitamin, mineral, dan enzim masih terjaga hingga ke tangan konsumen. 

Madu Uray Natural Honey cocok dikonsumsi sehari-hari karena mengandung royal jelly dan bee pollen. Ini dapat digunakan sebagai penyempurna asupan vitamin, mineral, dan enzim harian. 

Nomor registrasi BPOM: MD 023167000200118

Itulah beberapa rekomendasi madu yang bagus untuk anak. Tentunya orangtua perlu memilih madu yang bagus dan terbaik agar kesehatan si Kecil tetap terjaga. 

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Fakta medis diperiksa oleh

Hello Sehat Medical Review Team


Ditulis oleh Putri Ica Widia Sari · Tanggal diperbarui 09/11/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan