4 Cara Cepat Mengatasi Lidah Terbakar

Oleh

Saat makanan yang telah Anda ingin-inginkan selama beberapa waktu, Anda rasanya ingin saja segera menyantapnya, bukan? Namun ternyata keinginan tersebut justru membuat Anda lupa bahwa makanan tersebut masih panas. Alhasil, bukannya menikmati makanan, Anda justru merasakan sensasi lidah Anda terbakar (burnt tongue). Apa yang harus dilakukan untuk mengatasi lidah terbakar setelah makan atau minum sesuatu yang terlalu panas ini?

Apa itu lidah terbakar?

Lidah terbakar terjadi saat Anda meremehkan suhu makanan atau cairan yang akan Anda masukkan ke dalam mulut Anda. Derajat keparahan dari lidah terbakar ini ternyata terdapat bermacam-macam:

Pada derajat pertama, yang Anda rasakan mungkin timbulnya rasa sakit pada lidah Anda, hingga lidah Anda mungkin terlihat memerah dan membengkak.

Pada derajat kedua, rasa sakit yang Anda rasakan mungkin lebih dari yang dirasakan pada derajat pertama, karena jika sampai pada fase ini, bagian lidah yang terpapar panas bukan lagi hanya bagian terluar, melainkan termasuk lapisan di bawah bagian tersebut. Pada derajat ini lidah juga akan terlihat memerah dan bengkak, disertai timbulnya benjolan berisi cairan.

Pada derajat ketiga, suhu panas ternyata mampu mencapai jaringan lidah yang lebih dalam. Bukan lagi memerah, lidah bahkan mampu berubah seperti kehitaman pada kulit yang terbakar. Pada derajat ini, lidah Anda mungkin akan cenderung mengalami mati rasa.

Cara mengatasi lidah terbakar

Lidah terbakar hingga mampu mencapai derajat kedua dan ketiga yang tidak segera ditangani tentu akan mampu menurunkan kemampuan lidah Anda dalam menyicipi rasa, meskipun efek ini hanya merupakan efek sementara, karena umumnya organ pengecap pada lidah Anda akan meregenerasi dirinya setiap dua minggu. Berikut beberapa tindakan yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya:

  • Sesuatu yang dingin. Sepotong es batu atau es lilin yang Anda letakkan di atas lidah terbakar Anda, atau segelas air putih dingin mungkin akan mampu mengatasi lidah terbakar Anda bahkan mengurangi efek sensasi terbakar yang Anda rasakan.
  • Sesuatu yang melapisi. Setelah upaya mengurangi sensasi rasa terbakar, mungkin melapisi lidah Anda dengan sesuatu yang menenangkan dapat dicoba. Susu dan yoghurt memiliki kemampuan melapisi tersebut.
  • Beberapa bahan lain di rumah Anda yang memiliki kemampuan menenangkan juga bisa Anda coba, seperti sesendok gula dan madu yang ada taburkan di atas pemukaan lidah terbakar Anda.
  • Seleksi makanan. Sensasi lidah terbakar yang Anda rasakan sudah mulai berkurang, namun belum sepenuhnya pulih. Ada baiknya bila Anda masih menghindari beberapa makanan yang mungkin justru mampu memperparah kondisi tersebut seperti makanan yang terlalu pedas atau terlalu asam, karena beberapa rasa tersebut mampu memperburuk kerusakan pada kulit.

Segera periksakan ke dokter bila…

Tubuh manusia memiliki kemampuan istimewa untuk menyembukan dirinya sendiri. Namun jika setelah segala upaya yang telah disebutkan di atas dan lidah Anda tak kunjung sembuh, lidah terbakar Anda juga diikuti oleh beberapa gejala seperti demam, pembengkakan dan memerah yang semakin memburuk, sebaiknya segera periksakan lidah terbakar Anda tersebut

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Februari 22, 2017 | Terakhir Diedit: Juni 21, 2019

Yang juga perlu Anda baca