6 Fakta Penting yang Perlu Anda Ketahui Tentang Air Putih

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Air merupakan hal yang paling sering kita temui. Entah untuk mencuci piring, mencuci pakaian, mandi, buang air, atau makan dan minum pasti kita membutuhkan air. Oleh karena itu, air disebut sebagai sumber kehidupan manusia.

Namun sayangnya, untuk sesuatu yang tampak sederhana dan sangat penting seperti air minum, masih ada saja beberapa mitos dan kesalahpahaman mengenai manfaat dan bahaya dari air minum. Berikut adalah beberapa mitos dan fakta mengenai air minum yang perlu Anda ketahui:

1. Kita tak perlu minum 8 gelas sehari

Diketahui bahwa Institut of Medicine’s Food and Nutrition Board telah memberikan rekomendasi lain terkait jumlah konsumsi air minum, yaitu bahwa sebenarnya wanita memerlukan 2,6 liter air atau delapan gelas air setiap hari dan pria memerlukan sekitar 3,7 liter atau 12 gelas air setiap hari. Namun, Anda dapat mendapatkan cakupan air tersebut dengan meminum air putih dan mengonsumsi cairan seperti sup dan minuman ringan, bersama dengan buah dan sayuran yang mengandung air.

2. Air minum kemasan kadang mengandung fluoride

Fluorida merupakan elemen penting untuk kesehatan tulang dan gigi. Biasanya, kandungan fluorida pada air minum dapat berfungsi untuk mencegah kerusakan pada gigi. Sehingga, jika Anda terlalu sering konsumsi air minum dalam kemasan, maka klaim tersebut mengatakan bahwa kemungkinan Anda akan kekurangn asupan fluorida dalam tubuh yang dapat meningkatkan risiko terjadinya kerusakan pada gigi, seperti karies gigi.

Sayangnya, pendapat tersebut juga tidaklah benar; karena air minum dalam kemasan pasti memiliki kandungan fluorida di dalamnya, yang disesuaikan dengan batasan maksimal kandungan fluorida yang diperbolehan pada minuman dalam kemasan, yaitu sebesar 1,5 mg/l.

3. Minum banyak air mungkin tak akan membuat kulit jadi halus

Meskipun telah banyak pendapat yang mengatakan bahwa mengkonsumsi air minum yang banyak dapat membuat kulit Anda tampak lebih muda atau kulit cerah, kenyataannya adalah bahwa jumlah air yang Anda konsumsi hanya memiliki sangat sedikit hubungannya terkait dengan kulit tubuh Anda, khususnya pada tampilan kulit Anda.

Kulit terdiri dari tiga lapisan:lapisan luar (epidermis), kulit yang mendasari (dermis) dan jaringan subkutan. Jika lapisan terluar dari epidermis tidak mengandung cukup air, kulit akan kehilangan elastisitas dan terasa kasar. Bahkan hingga saat ini  pun belum ada studi yang membuktikan adanya hubungan antara konsumsi air dengan hidrasi atau penampilan kulit.

Namun jika Anda mengalami dehidrasi yang membuat kulit Anda kering, maka konsumsi air minum memang dapat membantu Anda mencegah kulit kering tersebut. Pada dasarnya pun, tingkat kelembaban kulit Anda tidak ditentukan oleh faktor internal, melainkan disebabkan oleh faktor eksternal seperti cara kita menjaga kebersihan kulit atau jumlah kelenjar minyak pada tubuh.

4. Anda tidak boleh menggunakan kembali botol minum plastik

Sering kali, Anda membeli air minum kemasan di sebuah tempat perbelanjaan dan kemudian saat air minum dalam kemasan tersebut Anda akan menggunakannya kembali untuk minum dengan melakukan isi ulang. Sayangnya, hal tersebut tidak diajurkan untuk dilakukan karena botol minum plastik terbuat dari bahan kimia. Bahan kimia tersebut akan meresap ke dalam botol saat digunakan berulang kali. Selain itu, jika botol tersebut tidak dibersihkan dengan benar, maka akan menjadi tempat pelabuhan bakteri dari mulut Anda.

5. Konsumsi air dapat mengeluarkan racun dalam tubuh

Meskipun air tidak selalu dapat menetralkan racun, namun, ginjal tetap akan menggunakan air untuk menyingkirkan produk-produk limbah yang ada di dalam tubuh. Sehingga, jika Anda kurnag konsumsi air, maka ginjal Anda tidak akan memiliki jumlah cairan yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan mereka dengan baik. Karena jika tubuh memiliki cukup air, maka limbah metabolik dalam tubuh akan dihilangkan secara efisien.

6. Minum air dapat membantu Anda menurunkan berat badan

Sebuah studi menemukan bahwa konsumsi air minum dapat membantu Anda dalam proses penurunan berat badan tubuh. Air 100% bebas kalori, sehingga dapat membantu Anda dalam membakar lebih banyak kalori dan bahkan dapat menekan nafsu makan Anda jika dikonsumsi sebelum makan.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?

Yang juga perlu Anda baca

Segudang Manfaat Daun Sirih Hijau dan Merah yang Sayang Dilewatkan

Anda pasti sudah akrab dengan manfaat daun sirih untuk hentikan mimisan. Meski begitu, masih ada banyak lagi khasiat daun sirih untuk kesehatan. Penasaran?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Pengobatan Herbal dan Alternatif, Herbal A-Z 19 Januari 2021 . Waktu baca 11 menit

11 Cara Jitu Mengusir Rasa Sedih dan Galau Dalam Hati

Ternyata menonton film sedih bukan cuma membuat kita menangis, tapi ada juga manfaat lainnya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Kesehatan Mental, Stres dan Depresi 19 Januari 2021 . Waktu baca 11 menit

Manfaat Buah Stroberi yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Tahukah Anda, buah stroberi dapat membantu mencegah katarak dan menurunkan tekanan darah? Apalagi manfaat buah merah asam ini untuk kesehatan tubuh?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Marsha Desica Arsanta
Fakta Gizi, Nutrisi 19 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

4 Bahaya Komplikasi Infeksi Cacing Pita Dalam Tubuh, Plus Cara Menghindarinya

Tanpa disadari, cacing pita bisa masuk ke dalam tubuh lewat makanan yang mentah atau tidak dimasak dengan benar. Hati-hati, risiko infeksi yang mengintai

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Penyakit Infeksi, Infeksi Jamur dan Parasit 18 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

memotong kuku

Kuku Pendek vs Kuku Panjang: Mana yang Lebih Baik untuk Kesehatan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
sakit kepala setelah makan

Sakit Kepala Setelah Makan? Ini 4 Hal yang Bisa Jadi Penyebabnya

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
bahaya rokok, bahaya merokok bagi kesehatan, dampak rokok, efek rokok, berhenti merokok

Bahaya Merokok Terhadap Daya Tahan Tubuh Manusia

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 14 menit
urat menonjol pada orang muda

6 Penyebab Urat Anda Menonjol dan Terlihat Jelas di Kulit

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit