Buka Mulut Lebar-Lebar! Yuk, Pelajari Struktur dan Anatomi Mulut Manusia

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 21/06/2019
Bagikan sekarang

Kata pepatah, mulutmu adalah harimaumu. Tanpa adanya mulut, manusia tidak bisa menghasilkan suara untuk berkomunikasi, Akan tetapi, fungsi mulut tidak hanya untuk berbicara. Mulut merupakan awal dari saluran pencernaan makanan. Mulut menerima dan kemudian melumatkan dan mencerna makanan yang masuk sebelum akhirnya benar-benar dicerna oleh lambung. Apakah Anda sudah benar-benar memahami struktur anatomi mulut Anda sendiri? Yuk, simak dalam penjelasan berikut ini.

Seperti apa anatomi mulut manusia?

Mungkin Anda hanya bisa melihat mulut dari sisi paling depan saja, seperti bibir, gigi dan gusi, serta lidah. Namun, anatomi mulut manusia tidak sesederhana itu.

Anatomi mulut dibagi menjadi dua bagian, yaitu struktur depan (anterior) dan belakang (posterior) yang menjadi titik pertemuan antara rongga mulut depan dan kerongkongan sebagai jalur makanan. Berikut lebih detailnya

Struktur rongga mulut depan

                                                 Struktur rongga mulut depan (sumber: Blausen.com)

Rongga mulut depan adalah penampakan mulut yang bisa Anda lihat dengan mata telanjang kerika bercermin. Bentuknya menyerupai tapal kuda. Rongga ini meliputi bibir (tampak depan dan sisi dalam), pipi dalam, gusi dan gigi, lidah, langit-langit mulut, amandel (tonsil), serta uvula (daging kecil yang menggantung di langit-langit lunak mulut.

Rongga depan mulut dapat bergerak ke atas-bawah, kanan-kiri, serta menutup dan terbuka dengan bantuan rahang mandibular dan otot-otot ekspresi wajah, terutama otot orbicularis oris.

Struktur rongga mulut dalam

                                                  Anatomi mulut dan tenggorokan manusia (sumber: anatomyorgan.com)

Rongga mulut bagian dalam adalah ruangan yang tertutup oleh lengkungan baris gigi serta rahang atas dan bawah. Sebagian besar bagian ini diisi oleh lidah dan kelenjar liur.

Selain banyak terletak di lidah, langit-langit, bibir, dan pipi, manusia memiliki tiga pasang kelenjar ludah utama yang terbuka ke mulut bagian depan. Kelenjar ludah parotid adalah yang terbesar dari ketiganya, terletak di antara telinga dan cabang rahang bawah.

Langit-langit mulut, baik yang keras dan lunak, juga menjadi bagian dari struktur rongga mulut dalam. Langit-langit keras terbuat dari lempengan tulang yang memisahkan antara rongga hidung dan rongga mulut. Sementara langit-langit lunak terdiri dari otot yang sebagai katup untuk menutup isofus orofaringeal dan membuka untuk memisahkan nasofaring (rongga belakang hidung dan belakang langit-langit rongga mulut) dari orofaring (bagian dari saluran pencernaan dan saluran pernapasan).

Di rongga dalam ini, terdapat dua otot utama yaitu otot diafragma dan geniohyoid yang berfungsi menarik laring ke depan saat menelan makanan.

Pipi

Besar kecilnya ukuran pipi setiap orang berbeda tergantung dari komposisi lemak di dalamnya. Terlepas dari hal itu, otot pembentuk pipi tetaplah sama yakni otot buccinator. Otot ini dilapisi oleh selaput lendir mulut, itu sebabnya pipi dalam Anda selalu licin dan basah.

Ketika mengunyah makanan, otot pipi bekerja menahan makanan yang sedang dikoyak tersebut untuk tetap berada dalam lengkungan gigi.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

4 Resep Membuat Bakwan di Rumah yang Enak Tapi Sehat

Bakwan―gorengan khas Indonesia ini memang enak dan gurih. Walaupun digoreng, Anda bisa membuat bakwan lebih sehat. Simak resep membuat bakwan sehat berikut.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Nutrisi, Hidup Sehat 28/05/2020

Berbagai Manfaat Daun Kale, Si Hijau yang Kaya Zat Gizi

Tak heran jika kale kini naik daun di kalangan para pecinta kesehatan. Sayuran hijau ini mengandung segudang manfaat, termasuk untuk kanker payudara.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Nutrisi, Hidup Sehat 28/05/2020

Cara Diet Turun Berat Badan yang Aman Tanpa Bahayakan Kesehatan

Mau punya berat badan ideal? Diet sehat jawabannya. Namun, agar diet yang Anda lakukan tidak sia-sia, simak dulu panduan lengkap berikut ini.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari

Apa Bedanya Stres dan Depresi? Kenali Gejalanya

Stres dan depresi tidak sama, keduanya memiliki perbedaan mendasar. Maka jika penanganannya keliru, depresi bisa berakibat fatal. Cari tahu, yuk!

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri

Direkomendasikan untuk Anda

minyak esensial untuk meredakan stres

Khasiat Minyak Esensial untuk Meredakan Stres

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 05/06/2020
warna rambut

Warna Rambut Sesuai Karakteristik Diri, yang Manakah Anda?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 31/05/2020
gerimis bikin sakit

Benarkah Gerimis Lebih Bikin Sakit Daripada Hujan?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 31/05/2020

Mengapa Perlu Matikan Lampu Saat Tidur?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 29/05/2020