Ingin berbagi cerita soal anak? Ikut komunitas Parenting sekarang!

home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Kapan Gigi Si Kecil Akan Copot Pertama Kalinya?

Kapan Gigi Si Kecil Akan Copot Pertama Kalinya?

Semenjak baru lahir, bayi belum punya gigi. Gigi pertama bayi umumnya tumbuh saat usianya memasuki 6 bulan, disusul dengan 3-4 gigi baru di empat bulan berikutnya. Lantas, di usia berapa gigi si kecil akan copot untuk pertama kalinya? Cari tahu jawabannya di bawah ini, plus tips menghadapi gigi anak copot supaya tidak terus-terusan rewel.

Kapan gigi anak akan copot pertama kalinya?

Gigi merupakan bagian tubuh yang kecil, namun terdiri serangkaian. Selain berfungsi untuk mengunyah makanan, gigi juga mendukung seseorang untuk berbicara dengan benar. Nah, bayi yang awalnya hanya bisa minum susu, akan mulai mencoba makanan yang lebih padat ketika gigi mereka sudah tumbuh.

Rata-rata bayi akan mendapatkan gigi pertamanya pada usia 6 bulan. Kemudian, akan terus tumbuh disusul dengan gigi geraham di usia 2,5 tahun. Pada saat itu, jumlah gigi anak harusnya sudah mencapai 20 buah gigi susu.

Gigi susu atau dikenal dengan gigi bayi akan copot digantikan dengan gigi dewasa. Umumnya, anak-anak akan kehilangan gigi susu pertamanya di usia 6 hingga 7 tahun. Jika proses tumbuh gigi si kecil lebih cepat, maka ia akan mengalami gigi copot juga di usia yang lebih awal. Sebaliknya, jika ia memiliki pertumbuhan gigi yang lebih lambat, maka giginya akan copot pertama kalinya di usia yang cukup besar.

Pola tanggalnya gigi susu sama persis dengan pola pertumbuhannya di awal. Pertama-tama, ia akan kehilangan dua gigi seri bawah bagian tengah, yaitu gigi seri tengah mandibula. Selanjutnya, dua gigi tengah atas akan rontok, diikuti gigi taring, gigi molar pertama, dan gigi molar kedua. Pada usia 11 hingga 13 tahun, gigi bayi akan hilang digantikan dengan gigi dewasa.

Tips mengatasi gigi anak copot

gigi susu copot
Sumber: What’s Up Fagans

Proses kehilangan gigi susu biasanya tidak terlalu menyakitkan. Namun, gusi akan membengkak dan beberapa di antaranya akan merasakan nyeri. Untuk mengatasinya, Anda cukup berikan acetaminophen dan ibuprofen untuk meringankan rasa sakit.

Kondisi ini mungkin akan menyebabkan anak kesulitan untuk menggigit atau mengunyah dengan benar. Namun, penting bagi anak untuk tetap menjaga pola makan yang sehat. Jika ia enggan mengunyah, sajikan sup yang sayur atau bahan-bahan lainnya yang lebih lunak. Selain itu, pastikan agar ia tetap mengggosok gigi dua kali sehari dan menghindari dulu makanan manis yang keras, seperti permen.

Gigi yang goyah bisa copot dengan sendirinya. Namun, pada beberapa kasus yang butuh bantuan dokter. Jadi, jangan ragu untuk mendatangi meminta bantuan dokter gigi anak.

Pusing setelah jadi orang tua?

Ayo gabung di komunitas parenting Hello Sehat dan temukan berbagai cerita dari orang tua lainnya. Anda tidak sendiri!


Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

The Tooth Fairy and Losing a First Baby Tooth. https://www.verywellfamily.com/the-tooth-fairy-and-losing-a-first-baby-tooth-2632417. Accessed on February 4th, 2019.

Losing baby teeth: What to expect and when. https://www.babycenter.com/0_losing-baby-teeth-what-to-expect-and-when_3658971.bc. Accessed on February 4th, 2019.

When do kids start losing teeth? https://www.todaysparent.com/kids/baby-teeth-when-do-kids-start-losing-them/. Accessed on February 4th, 2019.

Losing Baby Teeth. https://www.parents.com/kids/hygiene/tooth-care/losing-baby-teeth/. Accessed on February 4th, 2019.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Aprinda Puji Diperbarui 16/08/2021
Fakta medis diperiksa oleh Hello Sehat Medical Review Team