Punya jerawat membandel tentu menyebalkan. Meski memang jerawat lebih sering tumbuh di wajah, terkadang beberapa akan muncul di area yang tak terduga di tubuh, misalnya di punggung, vagina, bahkan puting payudara. Ya, jerawat di puting payudara mungkin saja terjadi. Kok bisa? Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengobatinya?

Tak perlu cemas jika ada jerawat di puting payudara

Walaupun Anda berusaha untuk menjaga kulit agar tetap bersih, jerawat selalu bisa muncul bahkan di tempat-tempat yang tidak terduga. Salah satunya di sekitar puting payudara.

Banyak pria dan wanita yang khawatir saat mengalami kondisi ini. Meski begitu, tumbuhnya jerawat di puting payudara bisa terjadi pada siapa saja dan masih tergolong normal sehingga tidak perlu Anda khawatirkan.

Namun, jika benjolan semakin lama terasa semakin nyeri, gatal, kemerahan, hingga keluar cairan, kemungkinan ada kondisi kesehatan lain yang harus Anda waspadai.

Apa yang menyebabkan jerawat bisa tumbuh di area puting?

1. Kurang menjaga kebersihan pribadi

Hal mendasar yang sering dikaitkan dengan munculnya jerawat yakni kurang menjaga kebersihan pribadi. Pasalnya, puting payudara mudah bergesekan dengan pakaian, jika Anda jarang mandi, jarang mencuci bra, serta pakaian.

Maka kotoran pakaian, sel-sel kulit mati, minyak, ataupun keringat, akan mudah bergesekan dengan kulit yang pada akhirnya menimbulkan jerawat di area payudara Anda.

2. Pori-pori yang tersumbat

Sama dengan jerawat pada umumnya, salah satu penyebab jerawat di puting payudara adalah karena adanya penyumbatan pori pada kulit. Misalnya karena ada penumpukan minyak dan sel kulit mati di area puting payudara.

3. Folikel rambut tumbuh ke dalam

Masing-masing orang memiliki akar rambut yang tumbuh disekitar puting dan areola. Folikel rambut yang normal seharusnya tumbuh keluar, tapi ketika folikel rambut tersumbat sehingga tumbuh ke arah dalam, maka akan menimbulkan benjolan seperti jerawat. Kondisi ini, biasanya akan hilang dan kembali normal dengan sendirinya.

4. Puting susu lecet

Jerawat juga bisa disebabkan oleh gesekan dari pakaian. Mengenakan pakaian yang terlalu ketat, atau memakai bra khusus olahraga saat berolahraga dapat menyebabkan puting lecet dan menimbulkan jerawat.

5. Kelenjar montgomery bengkak

Kelenjar mongtgomery adalah kelenjar kulit normal yang tampak seperti benjolan kecil namun tidak terasa nyeri, letaknya di sekitar areola pada payudara. Kelenjar ini bertugas dalam memproduksi minyak untuk menjaga kulit di sekitar payudara agar tetap terlumasi dengan baik.

Pembengkakan kelenjar montgomery bukanlah hal yang umum, lebih banyak diderita oleh ibu hamil dan menyusui. Saat menyusui, isapan yang dilakukan oleh bayi mungkin saja membuat area puting ibu menjadi lecet, hingga akhirnya menimbulkan jerawat.

Apa pengobatan yang tepat untuk kondisi ini?

Tidak jauh berbeda dengan jerawat yang muncul pada wajah, jerawat di puting payudara juga dapat diobati dengan cara yang sama. Meski begitu, pengobatan yang dilakukan harus tetap disesuaikan dengan penyebabnya.

Sebagian besar jerawat di puting payudara hanya didiamkan saja hingga berangsur-angsur sembuh dengan sendirinya. Pasalnya, sama seperti jerawat pada umumnya, tubuh mampu membersihkan jerawat tersebut dengan sendiri. Penting untuk diingat, lebih baik jangan berusaha meletuskan jerawat yang sedang meradang, terutama bila jerawat tumbuh di area kulit yang sensitif, termasuk puting.

Pilihan pengobatan yang bisa Anda lakukan, misalnya dengan menggunakan air hangat dan sabun pembersih ataupun yang mengandung asam salisilat, fungsinya untuk membantu mempercepat proses penyembuhan sekaligus mencegah infeksi.

Namun jika jerawat yang tumbuh didiagnosis sebagai kondisi yang serius, maka konsultasikan ke dokter.

Bagaimana cara untuk mencegah timbulnya jerawat di puting payudara?

Jika Anda belum pernah mengalami pertumbuhan jerawat di puting payudara atau pernah mengalaminya, namun tidak ingin hal tersebut terulang kembali, maka ada tindakan pencegahan yang bisa Anda lakukan, yakni:

  • Menerapkan gaya hidup sehat dengan selalu menjaga kebersihan tubuh
  • Mengenakan pakaian yang tidak terlalu ketat guna menghindari penyumbatan pori-pori kulit
  • Menjaga area intim agar selalu dalam keadaan bersih dan kering
  • Bila tubuh berkeringat, usahakan segera mandi dan mengganti pakaian, termasuk pakaian dalam
  • Ibu yang sedang menyusui juga harus senantiasa menjaga kebersihan area payudara untuk mencegah terjadinya komplikasi pada puting, misalnya dengan rutin mencuci tangan sebelum dan setelah menyusui, serta menyusui secara merata pada kedua payudara.

Kapan harus ke dokter?

Dalam banyak kasus, jerawat yang muncul di puting bukanlah hal yang berbahaya sehingga seiring berjalannya waktu maka jerawat akan sembuh dengan sendirinya.

Namun penting untuk diwaspadai, jika jerawat yang muncul kemudian berubah menjadi benjolan yang membengkak, nyeri, dan kemerahan, sebaiknya segera konsultasikan lebih lanjut dengan dokter guna mendapatkan diagnosis serta perawatan yang tepat.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca