6 Penyebab Alat Kontrasepsi Anda Gagal

Oleh

Apakah Anda sedang melakukan KB saat ini untuk menunda kehamilan? Alat KB alias kontrasepsi sangat beragam dan memiliki keberhasilan yang bermacam-macam pula. Tetapi bagaimana jika Anda sudah memakai alat kontrasepsi yang paling bagus dan dianggap paling mampu untuk menunda kehamilan, tapi tiba-tiba Anda hamil? 

Walaupun sudah menggunakan alat kontrasepsi yang paling ampuh sekalipun, jika beberapa hal ini masih terjadi, maka Anda akan terus ‘kebobolan’ setiap tahunnya. Apa saja sih yang mengakibatkan alat kontrasepsi gagal dan tidak bekerja dengan baik?

1. Anda pernah sekali waktu lupa minum pil KB

Jika Anda memilih pil KB sebagai alat kontrasepsi, maka Anda harus meminumnya sesuai dengan aturan dan jangan sampai ada waktu yang terlewat sehingga Anda tidak minum pil KB tersebut. Melewatkan jadwal minum pil KB satu kali saja dapat meningkatkan peluang Anda untuk hamil dalam waktu dekat. Hal ini disebabkan karena pil KB tidak bisa bertahan lama di dalam tubuh Anda maka harus dikonsumsi terus-menerus sesuai dengan jadwal. 

Ketika Anda lupa minum pil KB, Anda bisa saja minum dua pil KB keesokan harinya untuk mencegah kehamilan terjadi. Tetapi hal ini biasanya dapat menimbulkan masalah lambung pada sebagian wanita. Atau, Anda juga bisa membeli pil kontrasepsi darurat jika memang Anda lupa mengonsumsi pil KB dan telah melakukan hubungan seksual dengan suami. Alat kontrasepsi darurat ini efektif untuk mencegah kehamilan terjadi selama kurang lebih 5 hari setelah Anda melakukan hubungan seksual.

BACA JUGA: Apa Efek Samping Pil KB yang Mungkin Terjadi?

2. Anda melakukan hubungan seksual tanpa ada alat kontrasepsi cadangan

Jika Anda baru saja menyelesaikan masa menstruasi dan kemudian Anda berhubungan seksual di hari ke-5 setelahny,a maka Anda bisa mengandalkan pil KB saja sebagai alat kontrasepsi. Namun apabila Anda berada di masa subur, Anda harus memastikan bahwa Anda dan pasangan menggunakan kondom walaupun sudah mengonsumsi pil KB sebelumnya. Hal ini untuk memastikan peluang kehamilan sangat kecil.

3. Kondom yang digunakan sudah kedaluwarsa atau rusak

Kondom adalah salah satu alat kontrasepsi yang bisa digunakan setiap kali berhubungan seksual dengan suami. Anda dan pasangan harus memeriksa dahulu kondisi serta tanggal kadaluwarsa dari kondom yang akan digunakan itu. Perlu diingat bahwa kondom tidak tahan terhadap suhu panas. Jika kondom sudah tidak memiliki kualitas yang baik, maka kondom itu tidak bisa lagi mencegah pembuahan terjadi. 

BACA JUGA: 8 Kesalahan yang Tanpa Disadari Bisa Bikin Kondom Sobek

4. Anda menyimpan alat kontrasepsi pada tempat yang tidak seharusnya

Apabila Anda menggunakan pil KB sebagai alat kontrasepsi, maka Anda tidak perlu khawatir dan cemas karena pil KB bisa disimpan di manapun. Tetapi tetap saja Anda harus menyimpannya di tempat terbuka dan mudah terjangkau oleh Anda, agar Anda tidak melewatkan jadwal minum pil KB. Sedangkan alat kontrasepsi seperti Nuvaring – cincin vagina yang bekerja dengan mengeluarkan hormon – harus disimpan pada suhu tertentu agar tidak cepat rusak. Nuvaring dapat tahan di suhu ruangan selama 3 atau 4 bulan. Namun jika Anda menyimpannya di dalam lemari pendingin maka alat ini akan bertahan hingga tanggal kadaluwarsanya berakhir.

5. Anda sedang minum obat yang menyebabkan kerja alat kontrasepsi tidak efektif

Beberapa jenis obat-obatan ternyata bisa menjadi penghalang dari efek pil KB yang Anda konsumsi. Jenis obat yang dimaksud adalah antibiotik rifampin, obat untuk menyembuhkan infeksi vagina, serta beberapa jenis obat yang dikonsumsi oleh para penderita HIV.

BACA JUGA: Kenapa “Ejakulasi di Luar” Masih Bisa Sebabkan Kehamilan

6. Melakukan hubungan seksual dengan ejakulasi di luar vagina

Walaupun pasangan Anda melakukan ejakulasi di luar vagina, tetap saja Anda berpeluang besar untuk hamil. Untuk membuahi telur, sebenarnya hanya dibutuhkan satu sel sperma sehingga pria tidak harus melakukan ejakulasi di dalam vagina. Sebanyak 4 dari 100 wanita masih tetap hamil meskipun melakukan hubungan seksual dengan ejakulasi di luar vagina. Apalagi, jika Anda melakukan hal tersebut tanpa mengetahui masa subur Anda, maka peluang untuk hamil meningkat menjadi 27%.  

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca