Mengulik 5 Kandungan Mineral yang Istimewa untuk Tubuh

Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 08/05/2020
Bagikan sekarang

Tubuh membutuhkan mineral untuk mendukung fungsi organ-organ dalam tubuh agar dapat bekerja secara optimal. Mineral ini utamanya diperoleh dari makanan yang masuk ke dalam tubuh. Namun, untuk melengkapi kecukupan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, Anda dapat memperolehnya dari meminum air mineral. Karena tubuh manusia tidak mampu memproduksi mineral secara langsung. 

Ada beberapa manfaat penting dari mineral yang dibutuhkan setiap orang. Untuk itu, ketahui penjelasannya sebagai berikut.

Mengetahui manfaat kandungan mineral yang dibutuhkan manusia

Ketika tubuh kekurangan mineral, maka organ tidak bisa menjalankan perannya secara optimal. Bahkan Anda bisa saja tidak bisa berkonsentrasi saat bekerja karena pemenuhan mineral tertentu tidak tercukupi. Bahkan kekurangan mineral tertentu bisa mempengaruhi kesehatan Anda. Karena itu, mineral punya peran penting bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Lebih lanjut, ketahui mineral yang dibutuhkan manusia dan manfaat yang bisa diperolehnya.

1. Kalsium

Kalsium merupakan mineral yang mampu mendukung fungsi tubuh. Kalsium berperan penting dalam penguatan struktur tulang manusia. Ketika jaringan tulang rusak, kalsium dapat memberikan deposit pembentukan tulang baru.

Saat masa remaja, tulang baru dideposit lebih cepat. Setelah usia 20an, Anda akan kehilangan massa tulangnya. Bila tidak mendapatkan kalsium yang cukup, tulang bisa menjadi rapuh dan lemah.

Kalsium tidak hanya diperoleh dari makanan ataupun susu, tetapi juga dari air mineral.

Berdasarkan studi dari Journal Of The American College Of Nutrition, air mineral merupakan sumber kalsium yang baik. Disebutkan bahwa tubuh dapat menyerap kalsium dalam air mineral secara efektif, dibandingkan kalsium pada produk susu.

Studi lain dari Journal Of Endocrinological Investigation mengungkapkan bahwa 255 wanita postmenopause yang rutin minum air mineral dengan kandungan kalsium memiliki massa tulang yang lebih tinggi, dibandingkan wanita lainnya yang minum air mineral rendah kalsium.

2. Kalium

air mineral dan air putih apa bedanya

Secara umum, kalium dapat mendukung penguatan tulang dalam tubuh. Melengkapi fungsi kalsium, kalium dapat mencegah terjadinya osteoporosis. 

Kalium membantu menstabilkan tekanan darah dan penyimpanan air dalam tubuh. Namun, satu manfaat kalium tak kalah penting adalah mampu meregulasi keseimbangan cairan dalam tubuh.

Secara keseluruhan, minum konsumsi mineral dapat mempromosikan kesehatan secara keseluruhan. Kalium dapat membantu menstabilkan tekanan darah dan mencegah penyakit kardiovaskular. 

Studi telah mengungkapkan, setidaknya 4,069 mg kalium per harinya dapat menurunkan risiko kematian akibat iskemik jantung dibandingkan mereka yang hanya mengonsumsi 1,000 mg per hari.

3. Natrium

sparkling water adalah air minum

Natrium, salah satu mineral penting yang dibutuhkan tubuh. Natrium mampu menjaga fungsi otot dan sistem saraf. 

Natrium yang masuk ke tubuh melalui berkontribusi untuk menstabilkan kadar air di dalam tubuh. Selain itu, natrium dapat berfungsi untuk menyeimbangkan kandungan ion dalam tubuh. Saat cuaca panas, natrium juga membantu untuk mengurangi kehilangan cairan.

4. Magnesium

Magnesium merupakan kandungan dalam mineral penting yang berperan lebih dari 300 enzim yang bekerja di dalam tubuh. Magnesium mendukung kerja saraf dan otot, meregulasi tekanan darah, serta meningkatkan sistem imunitas.

Magnesium dapat berkontribusi terhadap Anda yang mengalami tekanan darah tinggi, gagal jantung yang disebabkan sumbatan, dan detak jantung yang tidak beraturan. Mineral dapat berfungsi menurunkan penyakit kardiovaskular dengan menurunkan dan menstabilkan tekanan darah.

Menurut Medical News Today, asupan harian magnesium yang perlu dipenuhi setiap harinya untuk usia 19-50 tahun sebagai berikut.

  • 310-320 mg untuk perempuan
  • 400-420 mg untuk laki-laki

5. Selenium

Selenium, kandungan mineral penting yang memiliki antioksidan. Selenium dapat berperan penting dalam mengelola metabolisme tubuh. Sama seperti mineral lainnya, mineral ini juga dapat mengurangi risiko gangguan jantung dengan mengurangi peradangan dan kerusakan jaringan di dalam tubuh. Salah satu fungsi selenium lainnya adalah membantu perbaiki sistem imunitas tubuh.

Kerusakan jaringan dan peradangan terkait erat dengan aterosklerosis atau plak yang terkumpul pada arteri. Oleh karena perannya ini, selenium juga berkontribusi dalam mengurangi penyakit, seperti stroke dan serangan jantung.

Mineral di atas bisa diperoleh dengan konsumsi air mineral

Kini Anda telah mengetahui lima kandungan penting tersebut. Kandungan-kandungan ini juga bisa diperoleh dari mengkonsumsi air mineral. Pemenuhan mineral tersebut dapat dicukupi dengan minum air mineral sebanyak 8 gelas atau setara 2 liter setiap harinya. Namun agar manfaat yang diperoleh maksimal, Anda perlu memperhatikan tentang pemilihan air mineral, karena tidak semua air sama. 

Untuk melindungi kesehatan harus dimulai dari awalnya. Dari memilih air mineral yang diambil dari sumber pegunungan alam,i yang keseimbangan ekosistem di sekitar sumbernya juga terlindungi. Sumber air yang terlindungi akan menjaga kealamian mineralnya tetap seimbang sehingga bermanfaat untuk kesehatan. Selalu sedia air mineral berkualitas di rumah dan cukupi kebutuhan cairan tubuh setiap saat.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Ini Dia Perbedaan Air Mineral, Alkali, dan Demineral

Terdapat beberapa jenis air minum dengan masing-masing manfaat kesehatan. Apa saja perbedaan antara air mineral, alkali dan demineral?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki

Mengapa Air Minum dalam Kemasan Rasanya Berbeda-beda?

Meski hanya berisikan air putih dan sama-sama dikemas dalam botol plastik, setiap merek air minum kemasan bisa memiliki rasa yang berbeda. Apa sebabnya?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu

5 Tips Memilih Air Minum Kemasan yang Paling Sehat dan Murni

Memilih air minum dalam kemasan tidak bisa asal lho. Ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan demi mendapat produk terbaik.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini

5 Pilihan Minuman untuk Buka Puasa yang Sehat dan Menyegarkan

Setelah seharian tidak makan dan minum, Anda tentu ingin berbuka dengan yang segar tapi sehat. Yuk, buat aneka minuman buka puasa ini.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Hari Raya, Ramadan 18/05/2018

Direkomendasikan untuk Anda

Minum air mineral selama puasa dapat membantu kebutuhan cairan tubuh

Meski di Rumah Saja, Ini Pentingnya Minum yang Cukup Selama Puasa

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 21/05/2020
olahraga bersama anak saat puasa

3 Olahraga yang Bisa Dilakukan Bersama Anak di Rumah Saat Puasa

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 21/05/2020
dampak air mineral bagi tubuh

4 Dampak Luar Biasa Mineral bagi Tubuh

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 27/03/2020

Tidak Sembarangan, Ini Alasan Air Mineral Kemasan Baik Diminum Setiap Hari

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 27/03/2020