Kentut Bau Busuk Bikin Minder? Coba Pakai Celana Dalam Penahan Kentut Ini

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 23/03/2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Kelepasan kentut di tempat umum adalah hal yang memalukan. Apalagi, jika baunya tidak sedap. Waduh! Tapi ternyata masalah kentut bau bisa dengan mudah ditangkal dengan satu alat khusus ini. Penasaran? Baca terus untuk cari tahu lebih lanjut.

Kenapa manusia buang angin?

Buang angin alias kentut merupakan proses biologis tubuh yang ditandai dengan keluarnya gas dari bokong. Gas yang dikeluarkan melalui buang angin ini dihasilkan dari berbagai hal, di antaranya:

  • Menelan udara yang ada di sekitar (saat berbicara, makan, minum, bernapas, dan lain sebagainya)
  • Proses pencernaan
  • Mengonsumsi makanan tinggi serat
  • Bakteri di usus
  • Efek mengonsumsi obat
  • Mengalami kondisi medis tertentu (seperti sembelit ataupun iritasi pada sistem pencernaan)

Lantas, kenapa buang angin mengeluarkan bunyi dan bau?

Aroma kentut bau sebenarnya dipengaruhi oleh apa yang Anda konsumsi. Jika makanan tidak dicerna usus dengan baik, sisa-sisa makanan ini akan terurai dan membusuk dalam tubuh. Akibatnya, tubuh akan melepaskan sulfur buangan bakteri perut yang menimbulkan bau. Terlebih jika sebelumnya Anda mengonsumsi makanan-makanan yang memicu kentut berbau tidak sedap seperti ubi jalar dan bawang.

Sedangkan bunyi yang dihasilkan oleh kentut tidak ada hubungannya dengan apa yang Anda konsumsi sebelumnya. Jadi begini, bunyi yang ditimbulkan dari kentut pada dasarnya diakibatkan oleh gas yang keluar melewati rektum sehingga menyebabkan getaran di bukaan anus. Beragam bunyi kentut yang Anda hasilkan ini bergantung pada keketatan sfingter, yaitu cincin otot lurik yang mengelilingi anus. Selain itu, bunyi kentut juga dipengaruhi oleh dorongan gas yang Anda keluarkan.

Beberapa orang ada yang mampu menahan gas dengan mengencangkan rektum mereka sehingga bisa meredam bunyi yang dihasilkan dari buang angin. Namun, beberapa orang lainnya ada pula yang tidak bisa menahan gas sehingga menimbulkan bunyi yang nyaring.

Dalam sehari manusia bisa buang angin sebanyak 5 sampai 15 kali. Bahkan, ada pula orang mungkin buang angin sampai puluhan kali dalam sehari. Tapi, jika Anda buang gas lebih dari 50 kali sehari dan disertai dengan gejala lain, seperti sakit perut parah atau bab berdarah, ada baiknya Anda segera hubungi dokter.

Atasi kentut bau sepanjang hari dengan celana dalam penahan kentut

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, buang angin adalah kondisi normal yang terjadi pada setiap orang. Hanya saja, seringnya buang angin dianggap sebagai hal yang memalukan, karena mengeluarkan suara khas dan menyebabkan bau. Tapi kini Anda tak perlu khawatir jika harus melepas gas di tempat umum, pasalnya, peneliti baru saja menemukan celana dalam yang bisa meredam bau kentut. Dengan mengenakan celana dalam ini, Anda bisa mengurangi potensi jatuhnya “korban” akibat bau yang Anda hasilkan.

Celana dalam tersebut dibuat menggunakan nanoteknologi yang dirancang untuk mencegah bau tak sedap keluar dari bokong penggunanya melalui kain yang bernama zorflex. Kain yang dibuat dengan nanoteknologi ini tidak seperti solusi lain yang dimaksudkan untuk mengurangi bau, tetapi untuk menahan bau yang keluar.

Pasalnya, bahan kain tersebut memiliki banyak lapisan karbon aktif yang mampu meredam dan menghalangi menyebarnya bau tak sedap ketika Anda buang angin. Pori-pori karbon yang terdapat pada bahan celana dalam tersebut juga berfungsi sebagai perangkap bau kentut sehingga tak sempat tercium oleh orang-orang sekitar. Dengan inovasi teknologi terbaru tersebut, para peneliti mengklaim jika celana dalam ini bisa membuat siapa pun bisa kentut dengan “tenang” tanpa takut mengganggu orang lain yang ada di dekat si pemakai. Bahkan katanya, bahan celana dalam ini mampu menetralkan bau kentut hingga 200 kali lebih kuat dari buang angin biasa.

Namun sayang, walau bisa menetralkan bau, tidak diungkapkan apakah celana dalam ini juga bisa meredam bunyi. Jadi, walaupun Anda bisa kentut dengan “tenang”, pemakai juga harus berhati-hati karena bunyi yang dihasilkan dari aktivitas buang Anda memungkinkan masih bisa saja membuat malu. Tertarik membeli?

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kenapa Saya Terus Kentut Saat Olahraga?

Selain badan sakit, terus kentut saat olahraga juga sering dialami banyak orang. Namun, apa penyebabnya, ya? Lantas, normalkan bila ini terjadi?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Hidup Sehat, Fakta Unik 04/09/2019 . Waktu baca 4 menit

Tidak Dianjurkan untuk Digunakan Setiap Hari, Kapan Sebaiknya Pakai Pantyliner?

Katanya, pantyliner tidak boleh digunakan rutin setiap hari karena menyimpan berbagai bahaya. Lantas, kapan waktu yang tepat pakai pantyliner?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Perawatan Kewanitaan, Hidup Sehat 27/08/2019 . Waktu baca 4 menit

Vaksin untuk Cegah Infeksi Saluran Kemih, Apakah Terbukti Efektif?

Infeksi saluran kemih biasanya diobati dengan antibiotik. Namun, ada vaksin yang dikembangkan peneliti untuk mencegah infeksi saluran kemih.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Perawatan Kewanitaan, Hidup Sehat 25/03/2019 . Waktu baca 4 menit

Setelah Berhubungan Intim, Baiknya Tidur Pakai Celana Dalam Atau Tidak?

Ada banyak informasi yang beredar mengenai penggunaan celana dalam setelah berhubungan intim. Untuk mengetahui fakta dari ahlinya, berikut ulasannya.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Hidup Sehat, Seks & Asmara 08/03/2019 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

jenis makanan pemicu sering kentut

5 Jenis Makanan yang Bikin Kita Sering Kentut

Ditulis oleh: Theresia Evelyn
Dipublikasikan tanggal: 21/07/2020 . Waktu baca 4 menit
kalori saat kentut

Mencium Bau Kentut Ternyata Berpotensi Baik untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 03/05/2020 . Waktu baca 4 menit
menahan kentut

4 Manfaat Kentut Bagi Kesehatan Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 31/12/2019 . Waktu baca 4 menit
biji adas untuk perut kembung

Biji Adas untuk Meredakan Perut Kembung, Apakah Benar Ampuh?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 16/12/2019 . Waktu baca 4 menit